بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
BAB 5d. PENGIBARAT DAN PETUNJUK
عبرة وهداية
انعطاف: في قصة إبراهيم عليه السلام، هذه بيان للمعتبرين، وهداية للمتبصرين، وهو أن من خرج عن تدبيره لنفسه، كان الله سبحانه وتعالى هو المتولي بحسن التدبير له. ألا ترى أن إبراهيم عليه السلام لما لم يدبر لنفسه ولا اهتم بها بل ألقاها إلى الله تعالى وأسلمها إليه، وتوكل في كل شأنه عليه فلما كان كذلك كان عاقبة استسلامه وجود السلامة والإكرام، وبقاء الثناء عليه على ممر الأيام وقد أمرنا الله تعالى أن لا نخرج عن ملته، وأن نرعى حق تسميته بقوله تعالى: {ملة أبيكم إبراهيم هو سماكم المسلمين من قبل}. فحق على كل من كان إبراهيميا، أن يكون عن تدبيره لنفسه بربا، ومن منازعة الله خليا، ومن اعتراضه عريا: {ومن يرغب عن ملة إبراهيم إلا من سفه نفسه}. وملته لازمها التفويض إلى تعالى، والاستسلام في واردات الأحكام واعلم أن المراد، هو أن لا يكون لك مع الله مراد، ولنا في هذا المعنى شعر.
مرادي منك نسيان المراد *** إذا رمت السبيل إلى الرشاد
وأن تدع الوجود فلا تراها *** وتصبح ماسكا حبل اعتماد
إلى كم غفلة عني وأني *** على حفظ الرعاية والوداد
إلى كم أنت تنظر مبدعاتي *** وتصبح هائما في كل وادي
وتترك أن تميل إلى جنابي *** لعمرك قد عدلت عن السداد
وودي فيك لو تدري قديم *** ويوم ألست يشهد بانفرادي
فهل رب سواي فترتجيه *** غدا ينجيك من كرب شداد
فوصف العجز عم الكون طرا *** فمفتقر بمفتقر ينادي
فبي قد قامت الأكوان طرا *** وأظهرت المظاهر من مرادي
أفي داري وفي ملكي وملكي *** توجه للسوى وجه اعتمادي
فحدق أعين الإيمان وانظر *** ترى الأكوان تؤذن بالنفاد
فمن عدم إلى عدم مصير *** وأنت إلى الفنا لا شك غاد
وها خلعي عليك فلا تزلها *** وصن وجه الرجاء عن العباد
ببابي أوقف الآمال طرا *** ولا تأتي لحضرتنا بزاد
ووصفك فالزمنه وكن ذليلا *** ترى مني المنى طوع القياد
وكن عبدا لنا والعبد يرضى *** بما تقضي الموالي من مراد
أأستر وصفك الأدنى بوصفي *** فتجزى ذاك جهلا بالعناد
وهل شاركتني في الملك حتى *** غدوت منازعي والرشد باد
فان رمت الوصول إلى جنابي *** فهذي النفس فاحذرها وعاد
وخض بحر الفناء عسى ترانا *** وأعددنا إلى يوم المعاد
وكن مستمطرا منا لتلقى *** جميل الصنع من مولى جواد
ولا تستهد يوما من سوانا *** فما أحد سوانا اليوم هاد
Kisah Nabi Ibrohim as. diatas mengandung penjelasan bagi orang yang mengambil pelajaran dan Petunjuk bagi orang yang mau melihat. Yaitu bahwa siapa yang berhenti/keluar dari mengatur dirinya, Alloh swt. akan memberikan pengaturan yang terbaik untuknya. Buktinya, ketika Ibrohim as. tidak ikut mengatur dan memperdulikan dirinya, namun menyerahkannya kepada ALloh dan bersandar kepada-Nya dalam setiap urusannya, ia mendapatkan keselamatan, kemuliaan dan sanjungan sepanjang masa. Alloh swt memerintahkan kita untuk tidak keluar dari agamanya dan memelihara sebutan (muslim) yang dikatakan dalam firman-Nya, “Ikutilah agama orang tuamu Ibrohim. Dia telah menamaimu sebagai muslim(orang yang berserah diri), dahulu (dan dalam al-qur’an ini)”. Karena itu, setiap pengikut Ibrohim harus berhenti mengatur untuk dirinya dan tidak menentang ketentuan Alloh.
“Tidak ada yang membenci agama Ibrohim kecuali orang yang memperbodoh dirinya sendiri”.
Ajaran agama Nabi Ibrohim adalah, berserah diri kepada Alloh swt. dan menerima segala ketentuan-Nya. Jelasnya, Kau harus menyerahkan dirimu pada keinginan Alloh swt. Tentang hal ini, ku ungkapkan syair, :
Lupakan keinginan, itu yang di ingiinkan darimu**Apabila kau menghendaki jalan menuju kebenaran.
Tinggalkan alam ini, seakan ia tak ada disisimu** lalu, ambil dan pegang teguhlah tali sandaran.
Sampai kapan kau melupakan Aku**sedangkan Aku terus memberimu perlindungan dan kasih.
Sampai kapan kau selalu melihat buatanku**dan kau bingung dijalan setiap pagi.
Dan kau tidak mau kembali ke sisi-Ku** Demi umurmu kau telah menjauh dari jalan-Ku.
Aku mencintaimu sejak dahulu**Ketika ku katakan ‘Bukankah aku Tuhanmu’ dan kau bersaksi keesaan-Ku .
Lalu, adakah Tuhan selain Aku yang kau harapkan**Esok Dia menyelamatkanmu dari bencana nan hebat.
Ketika ketidak berdayaan meliputi seluruh ciptaan**ketika yang fakir dengan fakir lainnya saling meminta.
Seluruh semesta tegak karena Aku**dan dengan-Ku seluruh wujud kutampakkan lewat kehendak-Ku.
Apakah dinegeri, kekuasaan, dan kerajaan-ku**kau telah menyandarkan dirimu kepada-Ku.
Perhatikan dan cermatilah**cahaya iman pasti takkau dapati lagi.
Keberadaan alam asalnya tiada, dan akan menuju ketiadaan** dan kau pun pasti menuju tiada.
Inilah karunia-Ku untukmu jangan kaubuang**berusahalah untuk tidak berharap pada hamba.
Tambatkanlah harapanmu hanya dipintu-Ku**Jangan mendatangi-Ku dengan bekal dunia.
Jagalah sifatmu dan rendahkanlah dirimu**Pasti kau akan dapatkan impianmu dari-Ku.
Jadilah seorang hamba yang selalu ridho**dengan apa yang diinginkan sang majikan.
telah Ku tutup kehinaanmu dengan kemuliaan sifat-Ku**lalu kini kau membalasnya dengan pembangkanganmu.
Apakah kau terlibat dalam kekuasaan-Ku**sehingga kau begitu berani menentang-Ku. padahal petunjuk nyata telah tiba padamu.
Jika kau ingin sampai disisi-Ku**maka hindaridan jauhilah hinanya nafsu.
Selami lautan fana’ semoga kau melihat-Ku**dan segera bersiaplah menuju hari kemudian.
Mintalah karunia dari kami agar kau menerima**Indahnya kreasi Tuhanmu yang maha pemurah.
Dan jangan minta petunjuk kepada selain Kami** selain kami, tak ada yang bisa memberimu petunjuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar