Rabu, 17 November 2021

BAB 6e. PERKARA YANG PENTING BAGI ORANG YANG BEKERJA (asbab)

 BAB 6e. PERKARA YANG PENTING BAGI ORANG YANG BEKERJA (asbab)



ما ينبغي للمتسببين


تنبيه وإعلام: أمور ينبغي للمتسببين أن يلتزموها:

الأول: ربط العزم مع الله تعالى قبل الخروج من المنزل على العفو عن المسيئين إليه، إذ الأسواق محل المخاصمة والمقاولة، ولذلك قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (أيعجز أحدكم أن يكون كأبي ضمضم، كان إذا خرج من بيته قال: (اللهم إني تصدقت بعرضي على المسلمين).


Perhatian penting, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang yang bekerja.

Pertama, sebelum keluar rumah, berjanjilah kepada Alloh untuk memaafkan orang yang berbuat buruk kepada dirinya. sebab, pasar (tempat kerja)adalah tempat persaingan dan tawar menawar. Karena itu Rosululloh saw. bersabda, “Apakah kalian tidak bisa bersikap seperti Abu Dhomdhom. Ketika ia keluar rumah ia berkata, ‘Ya Alloh, Ku sedekahkan kehormatanku kepada kaum muslimin’.”

الثاني: ينبغي له أن يتوضأ ويصلي قبل خروجه، ويسأل الله السلامة في مخرجه ذلك، فانه لا يدري ماذا يقضى عليه، فان الخارج إلى السوق كالخارج إلى المصاف. فينبغي للمؤمن أن يلبس من الاعتصام بالله تعالى، والتوكل عليه دروعا صائنة تقيه سهام الأعداء. {ومن يعتصم بالله فقد هدي إلى صراط مستقيم}. {ومن يتوكل على الله فهو حسبه}.

Kedua, Sebelum keluar rumah berwudhulah dan sholatlah. dan mohonlah keselamatan kepada Alloh selama bekerja diluar rumah. Sebab ia tidak mengetahui apa yang akan terjadi kepadanya. Orang pergi kepasar sama seperti orang yang pergi ketempat yang berbahaya. karena itu, seorang mukmin harus membentengi dirinya dengan tawakkal kepada Alloh. Alloh swt berfirman, “Siapa yang bersandar kepada Alloh berarti ia telah diberi petunjuk kejalan yang lurus”. Alloh juga berfirman, “ Siapa yang bertawakkal kepada Alloh, maka Dia akan mencukupinya”.


الثالث: ينبغي له إذا خرج من منزله أن يستودع الله أهله ومسكنه، وما فيه، فانه حري أن يحفظ ذلك عليه، وليذكر قوله تعالى:{فالله خير حافظا وهو أرحم الراحمين}. وليذكر قوله عليه الصلاة والسلام: (اللهم أنت الصاحب في السفر، والخليفة في الأهل والولد والمال).فانه إذا استودعهم الله، فحري أن يرجع فيجدهم كما يحب ويحبون. سافر بعضهم وكانت زوجته حاملا، فحين سافر قال:(اللهم أني استودعتك ما في بطنها).فتوفيت زوجته في غيبته، فلما قدم من سفره، سأل عنها فقيل له: توفيت وهي حامل.فلما كان الليل، رأي نورا في المقابر فتبعه، فإذا هو في قبرها، وإذا بالصبي يرضع من ثديها، فهتف به هاتف، يا هذا: إنك استودعتنا الولد فوجدته، أما لو استودعتهما لوجدتهما جميعا.

Ketiga, Sebelum keluar rumah titipkanlah keluarga, rumah tinggal, dan seluruh isinya kepada Alloh swt. Sebab Dialah yang paling layak menjaganya. Ingatlah firman Alloh, “Alloh adalah sebaik-baiknya penjaga. dan Dia Dzat yang Maha Pengasih diantara yang pengasih”. kemudian bacalah Do’a Nabi saw. berikut ini, “Ya Alloh, Engkaulah kawan dalam perjalanandan wakil yang menjagakeluarga, anak dan harta”.

Apabia ia menitipkan kepada Alloh, niscaya ketika kembali pulang, apayang dititipkannya akan tetap dalam keadaan seperti ia dan mereka inginkan.

Dikisahkan, Sorang sholih berdo’a sebelum pergi meninggalkan istrinya yang sedang hamil, “Ya Alloh, kutitipkan kepada-Mu apa yang dikandung dalam perutnya”. Kemudian, istrinya meninggal ketika ia masih dalam perjalanan. Sepulangnya kerumah, ia menanyakan keadaan istrinya. seseorang menjawab, “istrimu meninggal dalam keadaan hamil”. Ketika malam tiba ia melihat cahaya yang memancar dari arah pekuburan. ia mengikuti cahaya itu yang ternyata berasal dari kuburan istrinya. Setelah ia menggalinya, ia mendapati anaknya sedang menyusu diputing susu ibunya. Tiba-tiba ada suara berkata, “Fulan, kau telah menitipkan anak ini kepada Kami maka kini kau mendapatinya. Andai saja kau titipkan keduanya, tentu kau akan mendapati mereka(keduanya)”.

الرابع: يستحب له إذا خرج من منزله أن يقول: (بسم الله توكلت على الله لا حول ولا قوة إلا بالله) فان ذلك مؤيسا للشيطان منه.

Keempat, Ketika keluar rumah bacalah Do’a, “Dengan menyebut nama Alloh, aku bersandar kepada Alloh, Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Alloh”. Do’a ini akan membuat syetan berputus asa darinya.

الخامس: الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، وليجعل ذلك شكرا لنعمة القوة والتقوى، اللذين وهبهما المولى له وليذكر قوله تعالى: {الذين إن مكناهم في الأرض أقاموا الصلاة وآتوا الزكاة وأمروا بالمعروف ونهوا عن المنكر ولله عاقبة الأمور}. فمن أمكنه الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، بحيث لا يصل إليه أذى في نفسه أو عرضه أو ماله فهو ممن مكن في الأرض، والوجوب متعلق به، وان كان لا يصل إلى الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر إلا بالأذى قبل ذلك أو يغلب على ظنه وقوع ذلك بعده سقط عنه الوجوب، والإنكار حينئذ جائز.

Kelima, Lakukanlah selalu Amar makruf nahi munkar, sebagai bentuk syukurmu atas nikmat kekuatan dan ketakwaan yang diberikan Alloh. Ingatlah firman Alloh swt. “Yaitu orang-orang yang Kami teguhkan kedudukannya diatas bumi, niscaya mereka mendirikan sholat, menunaikan zakat, melakukan amar makruf nahi munkar, serta kepada Allohlah semua urusan dikembalikan”. Orang yang mempu melakukan amar makruf nahi munkar tanpa mencelakakan dirinya, kehormatannya, atau hartanya, berarti termasuk golongan yang diteguhkan diatas bumi. karena itulah setiap orang diwajibkan melakukan amar makruf nahi munkar. Namun, apabila tindakan itu mencelakakan dirinya atau diduga kuat akan mencelakakan dirinya, kewajiban itu gugur darinya.

السادس: أن يكون مشيه بالسكينة والوقار لقوله تعالى:{وعباد الرحمن الذين يمشون على الأرض هونا، وإذا خاطبهم الجاهلون قالوا سلاما}.وليس ذلك خاصا بالمشي بل المطلوب منك أن تكون أفعالك كلها تقارنا بالسكينة، ويلازمها التثبيت.

Keenam, Berjalanlah dengan tenang dan tawadhuk, sebagaimana firman Alloh swt. “Para hamba Tuhan yang maha Penyayang adalah yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati, apabila orang bodoh menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik”. Ayat ini tidaklah hanya berkaitan dengan cara berjalan, namun juga menuntutmu untuk bersikap tawadhuk dan tenang dalam setiap perbuatan.

السابع: أن يذكر الله تعالى في سوقه، فانه قد جاء عنه عليه الصلاة والسلام: (ذاكر الله في الغافلين كالمقاتل بين الغازين، ذاكر الله في السوق كالحي بين الموتى).وكان بعض السلف يركب بغلته ويأتي إلى السوق فيذكر الله ثم يرجع لا يخرجه إلا ذلك.

Ketujuh, Ingatlah selalu kepada Alloh ketika bekerja. Sebab, Nabi saw. bersabda, “Orang yang mengingat Alloh ditengah-tengah orang lalai adalah seperti orang orang yang membunuh diantara orang yang berperang. Orang yang ingat pada Alloh (berdzikir) ditengah pasar adalah seperti orang hidup diantara orang mati”. ada seorang salaf yang datang kepasar dengan mengendarai bigholnya, dan dia tidak keluar dari pasar kecuali ia selalu berdzikir kepada Alloh.

الثامن: أن لا يشغله ما هو فيه من المبايعة والمعاش عن النهوض إلى الصلاة في أوقاتها جماعة. لأنه إذا ضيعها اشتغالا بسببه، استوجب المقت من ربه، ورفع البركة من كسبه، ويستحي إن يراه الحق مشغولا بحظوظ نفسه عن حقوق ربه: وقد كان بعض السلف يكون في صنعته فربما رفع المطرقة فسمع المؤذن فرماها من خلفه لئلا يكون ذلك شغلا بعد إن دعي إلى طاعة ربه وليذكر إذا سمع المؤذن قوله تعالى: {يا قومنا أجيبوا داعي الله} وقوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا استجيبوا لله وللرسول، إذا دعاكم لما يحييكم}. وقوله تعالى: {استجيبوا لربكم}. وقالت عائشة رضي الله عنها: كان رسول صلى الله عليه وسلم يكون في بيته يخصف النعل ويعين الخادم، فإذا نودي للصلاة قام كأنه لا يعرفنا.

Kedelapan, Jangan sampai yransaksi jual beli atau aktivitas lainnya melalaikannya dari sholat pada waktunya secara berjamaah. sebab, jika ia mengabaikannyakarena sibuk bekerja, Alloh akan murka kepadanya dan akan mencabut keberkahan usahanya. ia harus malu jika Tuhan melihatnya sedang sibuk dengan kepentingan dirinya dan mengabaikan hak Tuhannya. Dikisahkan seorang salafus-sholih sedang sibuk bekerja, ditengah asyiknya mengayunkan palu, ia mendengar suara Adzan. maka ia segera melemparkan palunya dan pergi menyambut panggilan untuk menaati Tuhannya. Karena itu ketika suara muadzin berkumandang ingatlah firman Alloh swt, “Wahai kaum kami, sambutlah seruan orang yang menyeru kepada Alloh”. dan lagi, “Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Alloh dan seruan Rosululloh, jika ia mengajak kalian kepada sesuatu yang memberikan kehidupan pada kalian”. dan firman-Nya lagi, “Sambutlah seruan Tuhan kalian”. Di riwayatkan bahwa Sayyidah ‘Aisyah ra. berkata, “Rosululloh saw. sedang memperbaiki sandal dan membantu pelayan, ketika panggilan untuk sholat berkumandang. beliau segera bangkit dan seolah-olah tidak mengenal kami”.

التاسع: ترك الحلف والإطراء لسلعته، وقد جاء في ذلك الوعيد الشديد وقد قال عليه الصلاة والسلام: (التجار هم الفجار إلا من بر وصدق).

Kesembilan, Jangan bersumpah dan menyanjung barang dagangannya. Ingatlah sabda Nabi saw. “Pedagang adalah orang yang fasik kecuali pedagang yang benar dan jujur”.

العاشر: كف لسانه عن الغيبة والنميمة، وليذكر قوله تعالى: {ولا يغتب بعضكم بعضا، أيحب أحدكم أن يأكل لحم أخيه ميتا فكرهتموه}. وليعلم إن السامع للغيبة أحد المغتابين فان اغتيب أحد بحضرته فلينكر عليه فان لم يسمع منه فيقيم ولا يمنعه الحياء من الخلق من القيام بحق الملك الحق، فالله أولى أن يستحي منه وأن يرضى الله ورسوله أحق من أن يرضى الناس {والله ورسوله أحق أن يرضوه} وقد جاء عنه عليه الصلاة والسلام: (إن الغيبة أشد من ستة وثلاثين زنية في الإسلام).

Kesepuluh, Jagalah lidahnya dari ghibah dan mengadu domba. Ingatlah firman Alloh swt. “Janganlah kalian saling menggunjing. apakah kalian senang memakan daging saudaranya sendiriyang sudah mati. tentu kalian merasa jijik dengannya”. Ketahuilah, bukan hanya orang yang menggunjing yang termasuk ghibah. orang yang mendengarkannya pun termasuk ghibah. jika ada seseorang tengah menggunjing, segeralah pergi dan menghindarinya. Jangan sampai merasa malu untuk pergi menghindari orang yang berghibah. Melaksanakan kewajiban Alloh swt. lebih penting kau lakukan. Malulah kepada Alloh jika kau tidak melaksanakan kewajiban dari-Nya dan menjauhi larangan-Nya. selain itu Ridho Alloh dan Rosul-Nya jauh lebih utama dari pada ridho manusia. Alloh berfirman, “Alloh dan Rosul-Nya lebih layak untuk di cari keridhoannya”. Nabi saw. bersabda, “Menggunjing lebih berbahaya dari pada 36 zina dalam islam”.

وقال الشيخ أبو الحسن رحمه الله: (أربعة آداب إذا خلا الفقير المتسبب منها فلا تعبأن به، وإن كان أعلم البرية). مجانبة الظلمة ـ وإيثار أهل الآخرة ـ ومواساة ذوي الفاقة ـ وملازمة الخمس الصلوات في الجماعة. وصدق رضي الله عنه: فإن بمجانبة الظلمة تقع السلامة في الدين، لأن صحبة الظلمة تكشف نور الإيمان، ومجانبتهم أيضا تكون سببا للنجاة من عقوبة الله تعالى، لقوله تعالى: {ولا تركنوا إلى الذين ظلموا فتمسكم النار}. وقوله: (وإيثار أهل الآخرة، أن يكون الفقير، والمتسبب الغالب عليه التردد إلى أولياء الله، والاقتباس منهم، ليتقوى بذلك على كدرة الأسباب لتنفح عليه نفحاتهم، وتظهر عليه بركاتهم وربما وصلت إليه في سببه إمدادهم، وحفظه من المعصية ودهم واعتقادهم. وقوله رضي الله عنه: (ومواساة ذوي الفاقة) وذلك لأنه يجب على العبد أن يشكر نعمة الله عنده، فإذا فتح لك في الأسباب فاذكر من أغلقت عليه أبوابها. واعلم أن الله سبحانه وتعالى، اختبر الأغنياء بوجدان أهل الفاقة كما اختبر أهل الفاقة بوجدان الأغنياء. وجعلنا بعضكم لبعض فتنة، أتبصرون وكان ربك بصيرا. ووجود أهل الفاقة من نعمة الله على ذوي الغنى إذ وجدوا من يحمل عنهم أزو ادهم إلى الدار الآخرة، وإذ وجدوا من إذا أخذ منهم أخذ الله منهم {والله هو الغني الحميد}.

Syeikh Abul Hasan as-Syadzily ra. berkata, “Empat adab yang harus di pegang oleh orang yang bekerja mencari dunia(asbab), meskipun ia orang yang lebih berilmu. Yaitu, Menjauhi orang dholim, Mengutamakan orang yang mementingkan akhirot, Menolong orang yang membutuhkan, Serta menjaga sholat lima waktu dengan berjamaah. Sungguh tepat nasihat itu. sebab dengan menjauhi orang dholim agama menjadi selamat. pertemanan dengan orang dholim akan memudarkan cahaya iman. selain itu, menjauhi mereka juga akan menyelamatkan kita dari hukuman Alloh swt. sesuai dengan firman-Nya, “Janganlah cenderung kepada orang dholim yang membuatmu tersentuh api neraka”. maksud nasihat ‘Memengutamakan orang yang memeningkan akhirot’ adalah bahwa ia harus sering mengunjungi para waliyulloh. Belajar dari mereka sehingga jiwanya senmakin kuat menghadapi keruhnya dunia serta mendapatkan pancaran kemuliaan dan keberkahan mereka. selain itu bisa jadi pertolongan yang ia berikan kepada mereka akan sampai kepadanya, serta cinta dan kepercayaannya kepada mereka bisa menjaganya dari kemaksiatan. lalu ucapan Syeikh ‘Menolong orang yang membutuhkan’ dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur seorang hamba atas nikmat Alloh kepadanya. Apabila Alloh membukakan pintu kerja dan usaha untukmu, ingatlah orang-orang yang kekurangan(orang yang ditutup pintu kerja dan usaha/asbab).

واعلم أن الله سبحانه وتعالى، اختبر الأغنياء بوجدان أهل الفاقة كما اختبر أهل الفاقة بوجدان الأغنياء.) وجعلنا بعضكم لبعض فتنة، أتبصرون وكان ربك بصيرا(. ووجود أهل الفاقة من نعمة الله على ذوي الغنى إذ وجدوا من يحمل عنهم أزو ادهم إلى الدار الآخرة، وإذ وجدوا من إذا أخذ منهم أخذ الله منهم {والله هو الغني الحميد}. فلو لم يخلق الفقير فكيف كان تقبل منهم صدقاتهم؟ وأين كانوا يجدون من يأخذها منهم؟ ولذلك قال عليه الصلاة والسلام: (من تصدق بصدقة من كسب طيب ولا يقبل الله تعالى إلا طيبا، كان كأنما يضعها في كف الرحمن يربيها له، كما يربى أحدكم فلوه أو فصيله حتى إن اللقمة لتعود مثل جبل أحد). ولذلك كان منا أشراط الساعة: أن لا يجد الرجل من يقبل صدقته. وقوله رضي الله عنه: وملازمته الخمس في جماعة. وذلك أن الفقير المتسبب لما فاته التخلي والتجرد لعبادة الله تعالى، فيدخل مدخل الخصوص بدوام الخدمة، وملازمة الموافقة. فينبغي أن لا تفوته ملازمة الخمس في جماعة، لتكون ملازمته لها سببا لتجديد الأنوار، وموجبا لوجود الاستبصار، وقد قال عليه الصلاة والسلام: (تفضل صلاة الجماعة على صلاة الفذ بخمس وعشرين درجة). وفي الحديث الآخر: (بسبع وعشرين جزء). ولو شرع للعباد أن يصلي كل إنسان في حانوته وداره، لتعطلت المساجد التي قال فيها الحق سبحانه وتعالى: {في بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه، يسبح له فيها بالغدو والآصال، رجال لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله}. ولأن في ملازمة الصلاة، جماعة اجتماع القلوب، وتناصرها، والتئامها ورؤية المؤمنين واجتماعهم وقال صلى الله عليه وسلم: (يد الله مع الجماعة). ولأن الجماعة إذا اجتمعت انبسطت بركات قلوبهم على من حضرهم، وامتدت أنوارهم لمن شهدهم، وكان اجتماعهم وتضامهم كالجيش إذا اجتمع وتضام كان ذلك سببا في وجود نصرته، وهو أحد التأولين في قوله تعالى: {إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا كأنهم بنيان مرصوص}.

Ketahuilah, Alloh swt. menjadikan orang kaya karena adanya orang miskin, sebagaimana menjadikan orang miskin karena adanya orang kaya. dan adanya orang miskin itu sebagai ujian bagi orang kaya dan adanya orang kaya sebagai ujian bagi orang miskin. Alloh swt. berfirman, “Dan Kami jadikan sebagian kalian sebagai ujian bagi sebagian lainnya. adakah kalian mengatahui dan Tuhanmu maha melihat”. Keberadaan orang yang membutuhkan merupakan salah satu nikmat Alloh bagi orang kaya, sebab mereka bisa mambawakan bekal orang kaya ke akhirot. Apabila orang yang membutuhkan menerima pemberian dari orang kaya, berarti Alloh menerimanya. Alloh berfirman, “Dia Maha Kaya dan Maha Terpuji”.

Seandainya tidak diciptakan orng miskin, siapa yang akan menerima shodakoh orang kaya?dimana orang kaya bisa menemukan orang yang mau menerima shodakoh merka? Karena itu Rosululloh saw. bersabda, “Barang siapa bershodakoh dari hasil usahanya yang baik, dan Alloh tidak menerima shodakoh kecuali dari hasil usaha yang baik, seakan-akan ia menyerahkan langsung keTangan Tuhan yang Maha Pemurah untuk di kembangkan baginya. sebagai mana kalian menumbuhkan benih. Jika sampai di Tangan Tuhan satu suap bisa menjadi sebesar gunung uhud”. keberadaan orang miskin merupakan keniscayaan sehingga dikatakan bahwa salah satu tanda kiamat adalah ketika seseorang tidak menemukan orang yang menerima shodakohnya.

dan ucaapan as-Syiekh, “Menjaga sholat lima waktu secara berjamaah” penting untuk diperhatikan karena kebanyakan orang yang sibuk bekerja sering melalaikan ibadah kepada Alloh. sedangkan kalangan orang khusus senantiasa menetapi pengabdian dan ketaatan. Dengan demikian, orang yang sibuk bekerja seharusnya tidak melalaikan sholat lima waktu dengan berjamaah sehingga ia tetap mendapatkan limpahan cahaya dan tetap bisa melihat kebenaran. Nabi saw. bersabda, “Sholat berjamaah itu dua puluh lima derajat lebih utama daripada sholat sendiri” dalam hadits lain, “...duapuluh tujuh derajat”. Seandainya setiap manusia mengerjakan sholat ditoko dan rumahnya masing-masing, tentu masjid akan terlantar/sepi, Padahal Alloh berfirman, “ Dan Alloh telah mengidzinkan Asmanya disebut didalam masjid-masjid. dan mereka bertasbih kepada Alloh didalamnya diwaktu pagi dan sore hari, mereka yang perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka dari mengingat Alloh”.

Dengan sholat berjamaah akan mewujudkan kesatuan hati, kecintaan, keharmonisan, dan kesempatan saling bertemu dan berkumpul bersama kaum mukminin. Rosululloh saw. bersabda, “Tangan/ kekuasaan Alloh bersama jamaah”. yakni, Pertolongan Alloh akan melimpahi jamaah. karena ketika sejumlah orang berkumpul, mereka akan saling berbagi keberkahan diantara mereka dan cahaya mereka akan menyinari siapa pun yang berada di sekitarnya. kesatuan mereka layaknya pasukan yang berkumpul dan bersatu. keadaan seperti itu tentu saja bisa mendatangkan pertolongan Alloh. ini adalah salah satu tafsiran firman Alloh swt. “Alloh mencintai orang yang berperang dijalan-Nya, dalam keadaan berbaris rapi seolah-olah mereka adalah sebuah bangunan yang kokoh”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar