الآية الخامسة: في شأن الرزق قوله تعالى: {وفي السماء رزقكم وما توعدون، فورب السماء والأرض انه لحق مثل ما أنكم تنطقون}. وهذه الآية هي التي غسلت الشكوك من قلوب المؤمنين و أشرقت في قلوبهم أنوار اليقين، فأوردت على قلوبهم الزوائد ما تضمنته من الفوائد، وذلك أنها تضمنت ذكر الرزق، ومحله، والقسم عليه، والتشبيه له بأمر لا خفاء به،
Ayat kelima yang membicarakan masalah rizeki adalah “Di langit terdapat rizeki kalian dan apa yang dijanjikan kepada kalian.Demi Tuhan langit dan bumi, ia benar akan terjadi seperti perkataan yang kalian ucapkan”.
Ayat ini yang menghapus keraguan dihati orang yang beriman, dan memancarkan cahaya keyakinan dihati mereka sehingga mereka mendapatkan tambahan karunia dan pelajaran. Mereka tak lagi merasa ragu karena ayat itu menyebutkan masalah rizeki, tempatnya, sumpah atasnya, serta perumpamaannyadengan sesuatu yang jelas.
ولنتبع ذكر هذه الفوائد فائدة فائدة.
Marilah kita memperhatikan pelajaran/Faidah demi pelajaran/faidah dalam ayat tersebut:
الفائدة الأولى: اعلم انه تعالى لما علم كثرة اضطراب النفوس في شأن الرزق كرر ذكره لما تكررت ورود عوارضه على القلوب، كما تكرر الحجة إذا علمت أن الشبهة متمكنة في نفس خصمك كما كرر تعالى الاستدلال على المعاد في آيات عديدة لما اضطربت فيه الملحدون واستبعدوا أن يعود الإنسان بعد أن تمزقت أوصاله واضمحل بناءه، وصار ترابا أو أكلته السباع والهوام فاحتج عليهم في كتابه العزيز حججا كثيرة منها قوله تعالى: {وضرب لنا مثلا ونسي خلقه قال: من يحي العظام وهو رميم؟ قل يحييها الذي أنشأها أول مرة}. وبقوله في الآية الأخرى: {وهو أهون عليه}. وبقوله تعالى: {أن الذي أحياها لمحيي الموتى}. إلى غير ذلك وكذلك لما علم الحق شدة اضطراب النفوس في أمر ومنها أكد الحجة في ذلك في آيات عديدة منها: ما تقدم ذكره، الرزق ما لم نذكره. فلما علم الحق تعالى ذلك من نفوس العباد. وقال تارة: {أن الله هو الرزاق}. وقال أخرى: {الله الذي خلقكم ثم رزقكم}. وقال أخرى: {نحن نرزقك}. وقال أخرى: {أمن هذا الذي يرزقكم إن امسك رزقه}. وقال هاهنا: {وفي السماء رزقكم وما توعدون}. ليبين محل الرزق، فتسكن إليه القلوب، وليس الضمان مع إبهام الحمل، كالضمان مع تبيينه، فكأنه تعالى يقول: لم يكن يجب علينا أن نبين لكم محل رزقكم، لكم عندنا رزق نوصله لكم إذا جاء أبانه، وليس علينا بيانه، ولكن بلطفه ورحمته وفضله ومنته، بين محل الرزق ليكون ذلك ابلغ في ثقة النفوس به، وأقوى في دفع الشك.
Faidah pertama,
Ketika Alloh swt. mengetahui bahwa manusia sangat membutuhkan dan sering meragukan urusan rizeki, Dia berulang kali menyebutkannya. Sama halnya kau akan mengulang-ulang berbagai alasan ketika lawan bicaramu selalu meragukanmu.
Alloh swt. juga mengulang-ulang penjelasan tentang hari akhirat dalam banyak ayat, karena kaum yang ingkar selalu bimbang , ragu dan tidak percaya kalau manusia akan kembali setelah tubuh dantulang-belulang mereka hancur dan menjadi tanah atau dimakan binatang buas. Karena itu, dalam kitab suci ALloh menyanggah mereka dengan begitu banyak argumen/hujjah. diantaranya Alloh berfirman, “Ia membuat perumpamaan kepada Kami, sementara ia melupakan proses kejadiannya. ia berkata, Siapakah yang dapat menghidupkan tulang-tulang yang telah hancur luluh ini? Katakanlah. Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakan pertama kali”. Dalam ayat lain Alloh berfirman, “Proses menghidupkan kembali lebih mudah bagi-Nya”. dan firman-Nya, “Tuhan yang menghidupkannya (pertama kali) tentu dapat menghidupkan yang mati”.dan ayat-ayat lainnya.
Begitu pula dalam urusan rizeki. Alloh mengetahui bahwa manusia sering bimbang dan ragu dalam urusan rizeki. sehingga Dia berkali-kali mengungkapkan argumen tentang hal itu dalam banyak ayat. Sebagaimana yang telah kami sebutkan terdahulu. Ketika Alloh mengetahui keadaan jiwa manusia dan Dia berfirman, “Allohlah Yang Maha Memberi rizeki”. pada ayat lain Dia berfirman, “Alloh yang menciptakan kalian, kemudian memberi kalian rizeki”. Alloh juga berfirman, “Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki”. Alloh juga berfirman, “Atau siapakah ia yang bisa memberimu rizeki jika Dia menahan rizeki-Nya”. ayat yang kami sebutkan yaitu, “Di langit terdapat rizeki kalian dan apa yang dijanjikan pada kalian”. memberi penjelasan tentang tempat rizeki-Nya.
sehingga tentramlah hati manusia. pada ayat itu Alloh memberikan jaminan sekaligus menyebutkan tempatnya, seolah-olah Dia berkata, “Sebenarnya Kami tidak wajib menjelaskan kepada kalian tempat rizeki kalian. Kami menyimpan rizeki kalian yang akan Kami berikan ketika saatnya telah tiba. Sesungguhnya Kami tak perlu menerangkannya. Namun karena kelembutan, kasih sayang, karunia dan anugerah-Nya, Dia menjelaskan tempat rizeki tersebut agar manusia lebih percaya dan tak lagi ragu.
وفيه فائدة أخرى: وهو انه تضمن تبيين المحل رفع همم الخلق، عن الخلق وان لا يطلبوا إلا من الملك الحق، وذلك إذا وقع في قلبك طمع في مخلوق، أو حوالة على سبب قال لك تعالى: {وفي السماء رزقكم وما توعدون}.اي يا هذا المتطلع للرزق من المخلوق الضعيف العاجز في الأرض ليس رزقك عنده وإنما رزقك عندي وأنا الملك القادر، ولأجل هذا انه لما سمع بعض الأعراب هذه الآية،نحر ناقته،وخرج فارا إلى الله تعالى وهو يقول:(سبحان الله، رزقي في السماء وأنا اطلبه في الأرض). فانظر رحمك الله كيف فهم عن الله أن مراده بهذه الآية، أن يدفع همم عباده إليه، وان يكون رغبتهم فيما لديه، كما قال في الآية الأخرى: {وان من شيء إلا عندنا خزائنه وما ننزله إلا بقدر معلوم}. لتجأش الهمم إلى بابه، ولتجنح القلوب إلى جنابه، فكن رحمك الله سماويا، ولا تكن سفليا ارضيا، ولذلك قال بعضهم:
إذا أعطشتك أكف اللئام *** كفتك القناعة شبعا وريا
فكن رجلا جسمه في الثر *** وهامة همته في الثريا
فان إراقة ماء الحياة *** دون إراقة ماء المحيا
وسمعت شيخنا أبا العباس رحمه الله يقول: (والله ما رأت العز إلا في رفع الهمم عن الخلق، وإذ أيها الأخ رحمك الله هاهنا قوله تعالى: {ولله العزة ولرسوله وللمؤمنين}. فمن العزة التي اعز الله بها المؤمن رفع همته إلى مولاه، وثقته به، دون ما سواه، واستح من الله أن تكون بعد أن كساك حلة الإيمان وزينك بزينة العرفان، أن تستولي عليك الغاتلة والنسيان حتى تميل إلى الأكوان أو تطلب من غيره وجود إحسان، ولذلك قال بعضهم:
ابعد نفوذي في علوم الحقائق *** وبعد انبساطي في مواهب خالقي
وفي حين إشرافي على ملكوته*** أرى باسطا كفي إلى غير رازقي
فان كلفتك النفس الغافلة عن مولاها، بان ترفع حاجتك إلى المخلوقين، فارفعها إلى من يرفع لك المخلوق حاجته إليه، وهين على النفس أن تهين إيمانك لتحصيل هواها، وان تذللت لتبلغ معناها كما قال بعضهم:
تكلفت إذلال نفس لعزها *** وهان عليها أن أهان لتكرما
تقول سل المعروف يحيى بن أكثم *** فقلت سلي ربا لحيى بن أكثما
Faidah lain, selain itu penyebutan tempat rizeki tersebut membuat manusia tak lagi menambatkan harapan kepada makhluk dan hanya meminta kepada Penguasa Yang Maha Benar. Sebab, ketika kau masih menyimpan pengharapan kepada makhluk atau bergantung kepada sebab, Alloh berfirman kepadamu, “Di langit terdapat rizeki kalian dan apa yang dijanjikan kepada kalian”. Jelasnya, “Wahai yang menantikan rizeki dari makhluk yang lemah dimuka bumi, rizekimu tidakada pada mereka, namun disisi-Ku, Aku Tuhan yang Maha Kuasa”. Karena itu ketika seorang arab badui mendengar ayat ini, ia langsung menyembelih untanya dan berlari menuju Alloh seraya berkata, “Maha suci Alloh, rizekiku berada dilangit, tetapi aku mencarinya dibumi”.
Perhatikanlah, tujuan Alloh menurunkan ayat ini adalah agar para hamba meminta dan menggantungkan harapan hanya kepada-Nya. sesuai dengan firman-Nya dalam ayat lain, “Segala sesuatu pada sisi Kamilah tersimpan. Kami tidak menurunkannya kecuali dengan ukuran tertentu”. Maksud ayat ini adalah agar manusia mengarahkan segaa perhatian dan segenap pikiran hanya kepada-Nya. Karena itu jdilah “manusia langit” jangan menjadi “manusia bumi”.
Seorang penyair mengatakan,
“Jika tangan bakhil membuatmu dahaga** kona’ah-lah niscaya akan mencukupi dan membuatmu kenyang. Jadilah manusia yang raganya dibumi**sedang perhatiannya hanya tertuju kelangit.
Aku mendengar Syeikh Abu al-Abbas rohimahulloh berkata, “Demi Alloh, tidak ada kemuliaan terwujut kecuali tidak adanya permintaan kepada makhluk. karena itu wahai saudaraku semoga Alloh merahmatimu, Ingatlah firman Alloh, “Sesungguhnya kemuliaan itu milik Alloh dan rosul-Nya dan orang-orang yang beriman”. Alloh menganugerahkan kemuliaan kepada orang yang beriman ketika ia mengarahkan perhatiannya hanya kepada Tuhan, percaya kepada-Nya, bukan kepada lain-Nya. Malulah kepada-Nya, jika setelah diberi busana iman dan dihiasi perhiasan makrifat kau lalai dan condong kepada makhluk atau meminta karunia dari selain Dia. Seorang penyair berkata,
“Setelah aku menembus ilmu hakikat**dan setelah aku diliputi oleh karunia Tuhan. dan ketika aku menyaksikan alam malakut-Nya**akankah kuhadapkan hatiku kepada selain Dia yang Maha Memberi rizeki kepada hamba.
Apabila jiwa yang lalai kepada Tuhan memaksamu meminta kebutuhan kepada manusia, segera tujukan hatimu kepada Tuhan. jangan sampai nafsumu melemahkanimanmu dan ia mencapai hasratnya. Jika nafsu berhasil kau tundukkan, ia akan mencapai impiannya, sebagaimana bunyi sebuah syair,
“Aku berusaha menundukkan nafsu demi kemuliaannya**sehingga ketika tunduk, ia mudah untuk menjadi mulia. Ia berkata, ‘Mintalah kepada al-Makruf Yahya bin Aktsam’**Kujawab, “Mintalah kepada Tuhan nya Yahya bin Aktsam”.
وقبيح بالمؤمن أن ينزل حاجته بغير الله مع علمه بوحدانيته وانفراده بربوبيته ويسمع قوله تعالى: {أليس الله بكاف عبده}. وذلك من كل أحد قبيح، ومن المؤمن أقبح، وليذكر قوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا أوفوا بالعقود}. ومن العقود التي عاقدته عليها، أن لا ترفع حوائجك إلا إليه، ولا تتوكل إلا عليه، وذلك لازم إقرارك له بالربوبية يوم المقادير، يوم ألست بربكم؟ قالواٍ بلى: فكيف تعرفه وتوحده هنالك وتجهله هنا؟ وقد تواتر عيك إحسانه، وغمرك فضله وامتنانه كما قال بعضهم:
في القلب لكم منزلة عليه *** لا نسكنها سعدى ولا لبناء
في الذر عرفتكم فهل يجمل بي *** أن أنكركم ولحيتي شمطاء
ورفع الهمة عن الخلق هو ميزان الفقراء، ومسبار الرجال وكما توزن الذوات كذلك توزن الأحوال والصفات {وأقيموا الوزن بالقسط} فيظهر الصادق بصدقه، والمدعي بمذقه: {ما كان ليذر المؤمنين على ما انتم عليه، حتى يميز الخبيث من الطيب}.
وقد ابتلى الله بحكمته ووجود منته، الفقراء الذين ليسوا بصادقين بإظهار ما كمنوا من الرغبة، وأسروا من الشهوة، فابتذلوا أنفسهم لأبناء الدنيا مباسطين لهم ملائمين لهم، موافقين لهم على مآدبهم، مدفوعين على أبوابهم فترى الواحد منهم يتزين كما يتزين العروس، مفتونون بإصلاح ظواهرهم غافلون عن إصلاح سرائرهم. ولقد وسمهم الحق سبحانه وتعالى بسمة كشف بها عوراتهم واظهر أخبارهم فبد أن كان نسبته أن لو صدق مع الله أن يقال فيه عبد الكبير فأخرج عن هذه النسبة بعدم صدقه فصار يقال فيه: شيخ الأمير، أولئك الكذابون على الله، الصادون للعباد عن حصبة أولياء الله لأن ما يشهده العموم فيهم، يحسبونه على كل منتسب إلى الله، صادق وغير صادق فهم حجب أهل التحقيق وسحب شموس أهل التوفيق، ضربوا طبولهم، ونشروا أعلامهم ولبسوا دروعهم، فإذا وقعت الحملة ولوا على أعقابهم، ناكسين ألسنتهم منطلقة بالدعوى، وقلوبهم خالية من التقوى، ألم يسمعوا قوله تعالى: {ليسأل الصادقين عن صدقهم}. أترى إذا سأل الصادقين أيترك المدعين من غير سؤال؟ ألم يسمعوا قول الله تعالى: {وقل اعملوا فسيرى الله عملكم ورسوله والمؤمنين وستردون إلى عالم الغيب والشهادة فينبئكم بما كنت تعملون}. فهم في إظهار زي الصادقين، وعملهم عمل المعرضين كما قيل:
أما الخيام فإنها كخيامهم *** وأرى نساء الحي غير نسائها
لا والذي حجت قريش بيته *** مستقبلين اركن من بطحائها
ما أبصرت عيني خيام قبيلة *** إلا بكيت أحبتي بفنائها
Sungguh buruk jika seorang mukmin meminta kebutuhannya kepada selain Alloh, padahal ia mengetahui ke-Esaan-Nya dan dan kesatuan dalam rububiyyah-Nya. Dengarlah firman Alloh, “Bukanlah Alloh cukup untuk menolong hamba-hamba-Nya”. Meminta kebutuhan kepada makhluk merupakan tindakan yang buruk, siapapun yang melakukannya, apalagi dilakukan oleh orang yang beriman. Ingatlah firman Alloh, “Wahai orang beriman, penuhilah akad-akad perjanjian itu”. Dan diantara akad perjanjianmu adalah kau tidak akan meminta kebutuhan kecuali kepada-Nya. dan tidak bergantung kecuali kepada-Nya. itu adalah konsekuensi pengakuanmu terhadap Rububiyyah-Nya. Yaitu ketika kau ditanya, “Bukankah Aku Tuhanmu? dan kau menjawab, “Ya, Benar”.
Kau telah mengenal dan meng-Esakan-Nya di alam Azali, lalu kenapa kau tidak mengenal-Nya disini? sementara karunia-Nya terus mengalir kepadamu dan nikmat-Nya terus mencurahimu, seperti ungkapan syair, “Dalam hatiku Kau ada dimaqam yang luhur ** tak ada yang menetapkan kebahagiaan ku. di saat benih aku mengenal-Mu, lalu pantaskah kuingkari Engkau saat janggut telah beruban.
Tidak meminta kepada makhluk adalah timbangan kaum fakir dan para wali. ketahuilah , yang akan ditimbang dari diri manusia tidak hanya dirinya, tapi juga ahwal dan sifatnya. Alloh berfirman, “Tegakkanlah timbangan dengan adil”. Dengan begitu, Tampaklah kejujuran orang yang jujur dan ketidak tulusan para pengaku-aku.
Alloh berfirman, “Alloh tidak sekali-kali membiarkan kaum beriman seperti keadaan kalian sekarang ini sehingga Dia menyisihkan yang buruk(munafik) dari yang baik(mukmin)”. Melalui hikmah dan karunia-Nya Alloh menguji para pendusta ketika mereka menampakkan hasrat dan ambisi mereka yang tersembunyi. Mereka merendah pada pemilik harta, bermuka manis kepada mereka, meng-amini tingkah laku mereka, serta bernafsu untuk menemani mereka, akibatnya, ada diantara mereka berhias dan berpenampilan seperti pengantin, mereka terperdaya dengan menyibukkan diri dengan menghiasi lahiriyahnya, dan lalai memperbaiki batiniyahnya.
Alloh swt. mencaci mereka dengan menyingkap aurat mereka dan mengungkap keadaan mereka. Ketika mereka masih berlaku jujur bersama Alloh, ia disebut “Hamba Dzat yang Maha Besar” ketika ia berlaku tidak jujur maka ia disebut “syeikhul amir” Mereka adalah para pendusta atas nama Alloh, sekaligus penghalang bagi manusia untuk bersahabat dengan para walinya Alloh. sebab penampilan mereka dimuka umum serupa dengan mereka yang benar-benar dekat kepada Alloh. dan penampilan seperti itu menipu kalangan umum. Mereka menjadi hijab para ahli hakikat, dan menjadi awan yang menutupi menutupi ahli Taufiq. Mereka menabuh genderang para ahli hakikat, menyebarkan tanda pengenal mereka, serta memakai tameng mereka. Namun ketika serangan datang, mereka berbalik seraya memutar lidah dan berdalih. dan hati mereka kosong dari takwa. sesuai firman Alloh ta’ala, “Sehingga Dia menanyakan kepada orang-orang yang benar akan kebenaran mereka”. Mungkinkah Ketika Alloh bertanya kepada orang-orang yang benar, Dia membiarkan para pendusta dengan tidak ditanya?. Tidakkah mereka mendengar firman Alloh, “Katakanlah, Bekerjalah kalian. Alloh dan rosul-Nya serta orang yang beriman akan melihat pekerjaan kalian. dan kalian juga akan dikembalikan kepada Alloh yang Maha Mengetahui sesuatu yang tersembunyi dan yang nyata. lalu, Dia akan memberitakan kepada kalian tentang apa yang telah kalian kerjakan”. Mereka tampil dengan pakaian orang yang jujur dan benar. akan tetapi tingkah laku mereka menyimpang dari jalan Alloh. sama seperti ungkapan syair berikut ini:
Kemahnya memang tampak bagaikan kemah mereka**Namun kulihat wanitanya tidahlah sama dengan wanita mereka. Demi Alloh yang rumah-Nya diziarahi orang Quraisy**Mereka tidaklah menghadap kearah yang benar. Sepanjang mataku melihat kemah para kabilah**Aku menangisi kepergian mereka yang kucinta.
فقد علمت رحمك الله أن رفع الهمة عن الخلق هو زينة أهل الطريق وسيمة أهل التحقيق، ولنا في هذا المعنى:
بكرت تلوم على زمان أجحفا *** فصدفت عنها علها أن تصدفا
لا تكثري عتبا لدهرك انه *** ما أن يطالب بالوفاء ولا الصفا
ما ضرني أن كنت فيه خاملا *** فالبدر بدر أن بدا أو إن خفا
الله يعلم أنني ذو همة *** تأبى الدنايا عفة وتطرفا
لم لا أصون عن الورى ديباجتي *** واريهم عز الملوك واشرفا
أأريهم أني الفقير إليهم *** وجميعهم لا يستطيع تصرفا
أم كيف اسأل رزقه من خلقه *** هذا لعمري أن فعلت هو الجفا
شكوى الضعيف إلى ضعيف مثله *** عجز أقام بحامليه على شفا
فاسترزق الله الذي إحسانه *** عم البرية منة وتلطفا
والجأ إليه تجده فيما ترتجي *** لا تعد عن أبوابه متحرفا
Semoga Alloh merahmatimu, Kau telah mengetahui bahwa tidak berharap kepada makhluk merupakan perhiasan para salik dijalan Alloh dan ciri para ahli hakikat.
Dalam hal ini ku ungkapkan sebuah syair, :
Kau mencela zaman yang membinasakan**kau berpaling darinya berharap ia sirna.
Jangan banyak mencela zamanmu** karena memang ia tak bisa dituntut untuk bersetia.
Zaman tak merugikanku meskipun aku tak kenal**bulan purnama tetap purnama,tampak atau sirna .
Alloh mengetahui bahwa aku punya tekad yang kuat**menolak kerendahan, menjaga diri dan kehormatan.
Mengapa aku tak boleh menjaga muka dihadapan manusia**Kutampakkan kemuliaan para raja dan kehormatan mereka.
Haruskah aku menunjukkan kefakiranku kepada semesta**sementara seluruh semesta tidak bisa melakukan apa-apa.
Bagaimana mungkin aku minta rizeki dari makhluk**sungguh, kalau kulakukan aku karam dalam keburukan.
Keluhan silemah kepada silemah yang serupa dirinya**adalah kelemahan yang menggiringnya ketepi jurang.
Mintalah rizeki kepada Alloh**yang kebaikan-Nya meliputi seluruh makhluk sebagai karuniadan kasihnya.
Mintalah kepada-Nya niscaya kau dapatkan harapanmu**Jangan kembali berpaling dari haribaan pintu-Nya.
الثانية
يحتمل أن يكون قوله سبحانه وتعالى: {وفي السماء رزقكم} أن يكون المراد إثبات رزقكم أي إثباته في اللوح المحفوظ، فإن كان المراد كذلك، فهو تطمين للعباد، وإعلام لهم أن رزقكم، أي الشيء الذي منه رزقكم كتبناه عندنا وأثبتناه في كتابنا وقضيناه بآياتنا من بل وجودكم وعيناه من قبل ظهوركم. فلأي شيء تضطربون؟ وما لكم إلي لا تسكنون؟ وبوعدي لا تتقون؟ويحتمل أن يكون المراد {وفي السماء رزقكم}.أي الشيء الذي منه رزقكم، وهو الماء كما قال تعالى: {وجعلنا من الماء كل شيء حي، أفلا يؤمنون؟}.وكذلك قال ابن عباس رضي الله عنهما: هو المطر.فيكون قوله: {وفي السماء رزقكم} أي الشيء الذي منه أصل رزقكم، ولأن الماء في نفسه رزق.
Faidah kedua,
Maksud firman Alloh swt. “Dan dilangit terdapat rizeki kalian”. adalah di langit terdapat penetapan rizeki kalian, yakni di Lauh al-mahfudh. Jika begitu yang dimaksud, berarti ayat itu dimaksudkan untuk menenangkan hati hamba-Nya sekaligus memberitahukan bahwa rizeki mereka atau sumber rizeki mereka telah Kami tuliskan disisi Kami, telah Kami tetapkan dalam kitab Kami, dan telah Kami putuskan dalam ayat-ayat Kami sebelum keberadaan kalian, serta talah Kami tentukan sebelum kemunculan kalian.
Lalu mengapa kalian masih bimbang dan risau? Mengapa kalian tidak merasa tentram kepada-Ku? Mengapa kalian tidak percaya kepada janji-Ku?.
dan juga maksud ayat “Dan dilangit terdapat rizeki kalian”. berarti, bahwa dilangit terdapat sesuatu yang menjadikan asal rizeki kalian, yaitu Air. Alloh berfirman, “Kami jadikan segala yang hidup berasal dari air. mengapa kalian tidak juga beriman?”. sebagai mana kata Ibnu Abbas ra, yang dimaksud ayat tersebut yaitu hujan. Jadi maksud ayat ““Dan dilangit terdapat rizeki kalian”. adalah bahwa dilangit terdapat sesuatu yang menjadi sumber rizeki kalian. karena air itu bentuk dari rizeki.
الفائدة الثالثة:
يمكن أن يكون مراد الحق سبحانه وتعالى بهذه الآية، تعجيز العباد عن دعوى القدرة على الأسباب لأن الله تعالى، لو امسك الماء عن الأرض، لتعطل سبب كل ذي سبب، من حارث وزارع، وتاجر، وخائط، وكاتب، وغير ذلك فكأنه يقول: ليست أسبابكم هي الرازقة لكم ولكن أنا الرازق لكم وبيدي تيسير أسبابكم، أنا المنزل لكم ما به كانت أسبابكم، وتمت إكسابكم.
Faidah ketiga,
Mungkin tujuan Alloh menurunkan ayat diatas adalah agar manusia tidak merasa bahwa ia memiliki kekuatan untuk bekerja dan mencari rizeki. sebab, seandainya Dia menahan air dari langit, tentulah usaha semua manusiabaik pembajak, petani, pedagang, penjahit, penulis, dan lain sebagainya tidak akan bisa berjalan.
Seolah-olah Alloh berkata, “ Bukan usaha kalian yang mendatangkan rizeki buat kalian. Akulah yang memberi kalian rizeki, lewat pertolongan-Ku usaha kalian menjadi mudah. Akulah yang menurunkan untuk kalian sesuatu yang menjadi sarana usaha kalian”.
الفائدة الرابعة:
في اقتران الرزق بالأمر الموعود، فائدة جليلة وذلك أن المؤمنين لما علموا أن ما وعدهم الحق لا بد من كونه، ولا قدرة لهم على تعجيله ولا تأجيله ولا حيلة لهم في جلبه، فكأنه سبحانه وتعالى يقول: كما لا شك عندكم أن عندنا ما توعدون، كذلك لا يكن عندكم شك في أن عندنا ما ترزقون.وكما أنكم على استعجال ما وعدنا قبل وقته عاجزون، كذلك انتم عاجزون عن أن تستعجلوا رزقا أجلته ربوبيتنا ووقته إلاهيتنا.
Faidah keempat,
Pengaitan rizeki dengan sesuatu yang dijanjikan mengandung makna yang sngat penting; Orang yang beriman mengetahui bahwa apa yang Alloh janjikan untuk mereka pasti terwujud. Mereka tak punya kemampuan untuk memajukan, menunda, atau bahkan mendatangkan rizeki mereka. Seolah olah Alloh berkata, “Kalian percaya (tidak ragu) bahwa Kami menguasai apa yang dijanjikan untuk kalian, maka kalian pun tak boleh ragu bahwa Kami menguasai rizeki kalian. kalian tak mampu menyegerakan janji Kami sebelum tiba waktunya. dan kalian takkan mampu menyegerakan rizeki yang kami tangguhkan dan telah Kami tentukan waktunya”.
الفائدة الخامسة،
قوله سبحانه وتعالى: (فورب السماء والأرض إنه لحق مثل ما أنكم تنطقون) في ذلك حجة عظيمة على العباد أن يكون الوفي لوعد الذي لا يخلف الميعاد يقسم للعباد على ما ضمن لهم لعلمه بما النفوس منطوية عليه من الشك والاضطراب ووجوب الارتياب فلذلك قالت الملائكة حين سمعت هذه الآية: (هلك بنو آدم، أغضبوا ربهم الجليل، حتى أقسم). وقال بعضهم حين سمع هذه الآية: (سبحان الله: من ألجأ الكريم إلى القسم؟). ومن علمت ثقته بك لم تحتج إلى القسم معه، وإذا علمت اضطرابه في وعدك أقسمت له. فهذه الآية: سرت أقواما، وأخجلت آخرين. أما الذين سرتهم: فهم في المقام الأول، إذ يزيد بها إيمانهم،ويرسخ بها إيقانهم فينتصروا بها على وساوس الشيطان، وشكوك النفس. وأما الذين أخجلتهم: فإنهم علموا أن الحق سبحانه وتعالى علم منهم عدم الثقة، ووجود الاضطراب فأقامهم مقام أهل الشك، فأقسم لهم فأخجلهم ذلك حياء منع، وذلك مما أفادهم الفهم عنه. ورب شيء واحد أوجب سرور أقوام وحزن آخرين، على حسب تفاضل الإفهام، وواردات الإلهام، ألم ترى أنه أنزل قوله تعالى: (اليوم أكملت لكم دينكم،وأتممت عليكم نعمتي، ورضين لكم الإسلام دينا).فرح بها الصحابة، وحزن بها أبو بكر رضي الله عنهم أجمعين لأنه فهم منها نعى رسول الله صلى اله عليه وسلم، فبكى وأخذ من ذلك أن الشيء إذا استتم خيف عليه من التراجع إلى وجود النقصان كما قال:
إذ تم شيء دنا نقصه *** توقع زوالا إذا قيل تم
إذا كنت في نعمة فارعها *** فإن المعاصي تزيل النعم
واعلم أن الأمر لا يتقاصر ما دام الرسول صلى الله عليه وسلم حياً وفرح الصحابة رضي الله عنهم أجمعين، لظاهر البشارة التي فيها ولم ينفذوا لما نفذ إليه أبو بكر رضي الله عنه، فظهر لذلك سر قوله صلى الله عليه وسلم: (ما سبقكم أبو بكر بصوم ولا صلاة ولكن بشيء وقر في صدره). والذي كان سابقاً هو بعينه هو الذي أوجب أن يفهم ما لم يفهم غيره.
Faidah kelima,
Firman Alloh swt. “Demi Tuhan langit dan bumi, ia benar akan terjadi seperti perkataan yang kalian ucapkan”. Ayat ini mengandung dalil yang sangat penting bagi para hamba, bahwa TuhanYang Maha Menepati janji tidak akan pernah mengingkari janji-Nya kepada hamba mengenai jaminan-Nya untuk mereka. sebab ayat itu menghilangkan keraguan dan kerisauan yang muncul dalam jiwa manusia. karena itu, ketika mendengar ayat diatas, para malaikat berkata, “Celakalah manusia. Mereka telah membuat Tuhan murka sehingga Dia bersumpah”. Ketika mendengar ayat diatas sebagian malaikat berkata, “Maha Suci Alloh, siapa yang telah membuat Tuhan bersumpah”. Kau tentu tak perlu bersumpah kepada orang yang percaya kepadamu. Kau hanya akan bersumpah kepada seseorang yang meragukan janjimu.
Ayat ini membuat bahagia sebaian orang dan juga membuat malu sebagian lainnya. Golongan yang bahagia adalah yang berada pada tingkatan pertama. ayat itu membuat mereka tambah yakin dan semakin percaya sehingga mereka mampu melawan bisikan syeitan dan keraguan jiwa. Golongan kedua (yang malu) adalah mereka yang menyadari bahwa Alloh swt. mengetahui keraguan dan kerisauan mereka sehingga dikatagorikan sebagai kelompok yang ragu. Mereka malu karena sumpah Alloh itu ditunjukkan kepada mereka. terkadang suatu hal bisa mendatangkan kebahagiaan bagi sejumlah orang dan kesedian bagi sebagian lainnya, sesuai dengan kapasitas pemahaman dan ilham yang mereka dapatkan.
sebagaimana ketika Alloh swt. menurunkan ayat-Nya, “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, telah Ku cukupkan kepadamu Nikmat-Ku, dan Aku Ridho islam menjadi agamamu”. Para sahabat merasa gembira. sementara, sahabat Abu Bakar ra. bersedih karena ia memahami ayat itu sebagai berita kepergian Nabi saw. Karena itulah ia menangis. Ia khawatir bahwa sesuatu yang telah sempurna akan kembali menuju ketidak sempurnaan. seperti ungkapan syair;
Jika sesuatu telah sempurna, semakin dekat cacatnya** bencana mungkin datang saat sesuatu tampak sempurna. Karenanya, saat kau dapatkan nikmat, jagalah**karena maksiatmu bisa melenyapkan nikmatmu.
sementara sahabat lainnya r. anhum. merasa senang karena lahiriah ayat itu menyampaikan kabar gembira. Mereka tidak bersikap seperti Abu Bakar ra. Karena itu, menjadi jelaslah rahasia sabda Nabi saw. bahwa, “Keutamaan Abu Bakar atas diri kalian bukan karena puasa dan sholatnya, namun karena sesuatu yang tertanam dalam dadanya”. itulah yang membuat abu Bakar bisa memahami sesuatu yang tidak dipahami oleh para sahabat lainnya.
ومثل ذلك وله سبحانه وتعالى: (إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة يقاتلون في سبيل الله فيقتلون ويقتلون). وسمعت الشيخ أبا محمد المرجاني رحمه الله يقول: (قوم سمعوا هذه الآية الكريمة، فاستبشروا بهذه المبايعة، فابيضت وجوههم سرورا بها،إذ أهلهم الحق أن يشتري منهم، وإذ أجل أقدارهم، إذ رضيهم للشراء، وسرورا بالثمن الجليل. والثواب الجزيل. وقوم اصفرت وجوههم خجلا من الله تعالى، إذ اشترى منهم ما هو مالكه. فلولا أنه علم منهم وجود الدعوى الكامنة في أنفسهم ودعوى المالكية منهم لها،لما قال: (إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم.....). فكان للذين ابيضت وجوههم جنتان من فضة آنيتهما وما فيهما. وكان للذين اصفرت وجوههم جنتان من ذهب آنيتهما وما فيهما).انتهى كلام الشيخ. فلو سلم المؤمنون من بقايا المنازعة، ما أوقع عليهم مبايعة ولذلك قال الله تعالى: (إن الله اشترى من المؤمنين....) ولم يقل:من الأنبياء والمرسلين ولذلك قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله: النفوس على ثلاثة أقسام نفس لا تشتري لخستها، ونفس تشتري لكرامتها، ونفس لا يقع عليها الشراء لثبوت حريتها. فالأولى: نفوس الكافرين،لا يقع عليها الشراء لخستها. والثاني: نفوس المؤمنين، وقع عليها الشراء لكرامتها. والثالث: نفوس الأنبياء والمرسلين، لم يقع عليها الشراء لثبوت حريتها.
Sama juga ketika mereka mendengar firman Alloh swt. “Alloh telah membeli dari orang yang beriman, diri dan harta mereka, dengan memberikan surga kepada mereka. Mereka berperang dijalan Alloh sehingga membunuh dan terbunuh”.
Aku mendengar Syeikh Abu Muhammad al-Marjani rohimahulloh. berkata, “Ada beberapa orang yang mendengar ayat tersebut dan mereka merasa gembira dengan transaksi itu. Mereka senang karena Alloh telah membeli dari mereka, memuliakan kedudukan mereka, ridho bertransaksi dengan mereka, mereka senang karena dibayar dengan harga yang tinggi dan pahala yang besar. Disisi lain, ada segolongan yang berwajah muram dan memerah karena malu ke[ada Alloh swt. Sebab, Alloh membeli dari mereka sesuatu yang sesungguhnya merupakan milik-Nya. andaikata mereka tidak menyembunyikan rasa memiliki terhadap milik Alloh itu, tentu Alloh tidak akan berkata, “Alloh telah membeli dari orang yang beriman. diri mereka...”.
Karena itu golongan yang senag dan gembira akan mendapatkan dua surga yang bentuk dan isinya dari perak. Sementara, kelompok yang bermuka muram akan mendapatkan dua surga yang bentuk dan isinya dari emas. Demikian uraian dari Seikh abu Muhammad.
Seandainya orang beriman itu tidak merasa memilikinya, tentu Alloh tidak perlu melakukan akad jual beli dengan mereka. Karena itu, Alloh mengatakan, “Alloh telah membeli dari orang yang beriman ...”. bukan berkata, “Dari para Nabi dan Rosul”.
Dari itu Syeikh Abu al-Hasan ra. berkata, “Jiwa manusia terbagi kedalam tiga kelompok. yaitu jiwa yang tidak dibeli, karena tidak berharga, jiwa yang dibeli karena kemuliaannya, dan jiwa yang tidak diperjual belikan karena kemerdekaannya.
Kelompok pertama adalah jiwa orang kafir. mereka tidak dibeli karena hina dan tidak berharga. kelompok kedua adalah jiwa orang yang beriman. Mereka dibeli karena kemuliaannya. Kelompok ketiga adalah jiwa para Nabi dan Rosul. Mereka tak diperjual belikan karena mereka adalah jiwa-jiwa yang merdeka.
الفائدة الساد سة:
وهو أنه تعالى أقسم بالربوبية الكاملة للسماء والأرض، ولم يقسم بغيرها من الأسماء، وذلك لأن الربوبية الكاملة للسماء والأرض لا ينبغي أن يشك في الثقة بها، ومن شأنهما كفالة هذا العالم العظيم، الذي أنت فيه، وإذا نسبت إليه كنت كلا شيء موجود فيه، فذلك أبلغ في وجود الثقة من أن يقول: فهو السميع، أو العليم، أو الرحمن، أو غير ذلك من الأسماء.فافهم.
Faidah keenam,
Alloh swt. bersumpah dengan nama-Nya sebagai pemelihara yang sempurna atas langit dan bumi, bukan dengan nama-Nya yang lain. Alloh bersumpah dengan nama itu karena pemeliharaan-Nya atas langit dan bumi beserta isinya ini tak perlu diragukan. Penisbatan seluruh isi alam ini kepada-Nya dan bahwa Dia adalah pemelihara seluruh makhluk merupakan ungkapan yang lebih meyakinkan ketimbang ungkapan seperti, “Dia Maha Mendengar” Maha Mengetahui, Maha Pengasih, atau nama-nama-Nya yang lain. maka fahamilah.
الفائدة السابعة:
قوله سبحانه وتعالى: (فورب السماء والأرض إنه لحق).
والحق هو ضد الباطل، والباطل هو المعلوم الذي لا ثبات له، والرزق والشك في الرزق، شك في الرزاق، حتى كان بعضهم ينبش المقابر ثم تاب، فقال لبعض العارفين: نبشت ألف قبر فوجدتهم كلهم محولة عن القبلة، فقال عارف ذلك الزمان: إنما حول وجوههم عن القبلة تهمة الرزق.
Faidah ketujuh,
Alloh swt berfirman, “Demi Tuhan langit dan bumi, ia benar...” Haq (benar) adalah lawan kata bathil yakni sesuatu yang tidak eksis(tetap). dan haq pula bahwa Alloh adalah pemberi rizeki. Meragukan rizeki berarti meragukan sang pemberi rizeki.
Dikisahkan bahwa ada seorang pembongkar kuburan bertaubat, ia berkata kepada seorang arif, “Aku telah membongkar seribu kuburan. kutemukan semua wajah mereka berpaling dari kiblat”. Sang arif menjawab, “Mereka berpaling dari kiblat karena meragukan urusan rizeki”.
الفائدة الثامنة:
قوله تعالى:(مثل ما أنكم تنطقون) تأكيد في إثبات الرزق، وتقرير لحقيقته، وأنه لا ينبغي أن يرتاب فيه مؤمن، ولا يشك فيه موقن، وأن ثبوته بمشهد بصائر القلوب كثبوت المنطق الظاهر بمشهد الأبصار فنقل المعنى إلى الصورة ومثل الغيب بالشهادة، وقطع شك العباد في أمر الرزق.
أي أفكما تنطقون، لا تشكون في ذلك، لما أثبته العيان، كذلك لا ترتابوا في أمر الرزق فقد أثبنه نور الإيمان.
فانظر رحمك الله اعتناء الحق سبحانه وتعالى بأمر الرزق وتكراره له، ونبين مواطنه، وتنظيره بالأمور المحسوسة التي لا يرتاب فيها شاهدها، وأقسامه على ذلك بالربوبية المحيطة بالسماء والأرض، وكذلك تكرر في كلام صاحب الشرع صلوات الله عليه، فقال:
(إن روح القدس نفث في روعي، أن نفسا لن تموت حتى تستكمل رزقها، فاتقوا الله وأجملوا في الطلب).
وقال عليه الصلاة والسلام: (لو توكلتم على الله حق توكله، لرزقكم كما يرزق الطير، تغدو خماصا وتروح بطانا).
وقال عليه الصلاة والسلام: (طالب العلم تكفل الله رزقه) إلى غير ذلك من الأحاديث الواردة في ذلك.
Faidah kedelapan,
Alloh swt berfirman, “(ia benar akan terjadi) seperti perkataan yang kalian ucapkan” Ayat ini menegaskan masalah rizeki dan menetapkan hakikatnya. Seorang mukmin tidak boleh meragukannya.
Orang yang yakin tidak boleh merisaukannya. keberadaan rizeki teramat jelas bagi penglihatan hati sebagaimana perkataan yang tertangkap oleh indra lahir(mata).
Denagan demikian Dia menggambarkan hakikat ssuatudengan gambaran lahiriah. menyerupakan sesuatu yang tersembunyi dengan sesuatu yang lahir.Dia melenyapkan keraguan hamba dalam urusan rizeki. Dengan kata lain, sebagaimana kalian berbicara tanpa ragu karena terdengar dan terasa oleh panca indra. begitu juga kalian jangan meragukan urusan rizeki, karena ia telah ditetapkan oleh cahaya iman.
Semoga Alloh merahmatimu. Perhatikanlah, bagaimana Alloh swt. begitu memperhatikan urusan rizeki. beruklang kali Dia menyebutkannya, menjelaskan tempatnyamenyerupakannya dengan sesuatu bisa ter-indra, yang dapat disaksikan oleh manusia tanpa ragu. Bahkan Dia bersumpah dengan Rububiyah-Nya yang meliputi langit dan bumi untuk meyakinkan hamba.
Nabi saw. juga menyebutkan masalah ini berulang kali dalam hadits-haditsnya, seperti sabdanya, “Ruhul-qudus (Jibril) meniupkan kedalam hatiku bahwa satu jiwa tak akan mati sebelum sempurna rizekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Alloh dan mintalah rizeki dengan cara yang baik”. Rosul saw. juga bersabda, “Kalau kalian bertawakal kepada Alloh dengan tawakal yang benar, tentu Dia memberi kalian rizeki sebagaimana Dia memberi rizeki kepada burung yang pergi dipagi hari dalam keadaan lapar dan kembali disore hari dalam keadaan kenyang”.
dan Ia bersabda, “Alloh menjamin rizeki orang yang menuntut ilmu”. dan masih banyak hadits yang menerangkan masalah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar