terjemahan kitab
ar-Risalatul-Qushayriyya (Abul Qasim Abdul Karim bin Hawazin al- Qusyairy)
bab 3: tahapan para penempuh jalan sufi
judul 2 Mujahadah
Allah subhanahu wata alah berfirman
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari) keridhaan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”
(alquran surat Al-Ankabut. ayat 69).
Di riwayatkan dari Abu Sa’id al-Khurdry,
(Sa’id bin Malik bin Sanan al-Nashari al-Kahzrajy. 10.sH – 74 H/613 -693 M, beliau adalah seorang sahabat Rasulullah solallahu alaihi wa salam. Ikut berperang dua belas kali, dan meriwayatkan 1170 hadis. Meninggal di Madinah).
Bahwa ketika Rasulullah solallahu alaihi wa salam di tanya mengenai jihad terbaik,
beliau menjawab:
“Adalah perkataan yang adil yang di sampaikan kepada seorang penguasa yang zalim”
(Hadis riwayat. Tarmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).
Maka air mata berlinang dari kedua mata Abu Sa’id ketika mendengar hal ini.
Syeikh Abu Ali ad.-Daqqaq r.a. berkata:
“Barang siapa menghiasai lahiriahnya dengan mujahadah, Allah akan memperindah rahasia batinnya melalui musyahadah. Siapa yang permulaannya tidak memiliki mujahadah dalam tharikat ini, ia tidak akan menemui cahaya yang memancar darinya”
Abu Utsman al-Maghriby mengatakan:
“Adalah kesalahan besar bagi seseorang membayangkan bahwa dirinya akan mencapai sesuatu di jalan allah atau bahwa sesuatu di jalan allah akan tersingkap baginya, tanpa bermujahadah”
Syeikh Abu Ali ad-Daqqaq r.a. menegaskan:
“Orang yang tidak berdiri dengan mantap di awal perjalanan spiritualnya tidak akan di izinkan beristirahat pada akhir perjalanannya”
Di katakanya pula:
“Gerak adalah suatu berkat”
Dan katanya kemudian:
“Gerakan-gerakan dzahir akan melahirkan barakah-barakah batin”
As-Sary berkata:
“Wahai kaum muda, tekunlah kalian, sebelum kamu sekalian menginjak usia seperti diriku, sehingga kalian lemah dan lengah seperti diriku”
Padahal pada saat itu tidak seorangpun di antara para pemuda yang mampu mensejajari langkah as-Sary dalam bidang ibadat.
Saya mendengar al-Hasan al-Qazzaz berkata:
“Jangan makan kecuali amat lapar, jangan tidur kecuali amat kantuk, jangan bicara kecuali dalam keadaan darurat”
Ibrahim bin Adham mengatakan:
“Seseorang akan baru mencapai derajat kesalehan, sesudah melakukan enam hal:
(1) Menutup pintu bersenang-senang dan membuka pintu penderitaan
(2) Menutup pintu keangkuhan dan membuka pintu kerendahan hati
(3) Menutup pintu istirahat dan membuka pintu perjuangan
(4) Menutup pintuh tidur dan membuka pintu jaga
(5) Menutup pintu kemewahan dan membuka pintu kemiskinan
(6). Menutup pintu harapan duniawi dan membuka pintu persiapan menghadapi kematian”
Abu Amr bin Nujayd berkata: “Barang siapa menghargai hawa nafsunya berarti meremehkan agamanya dan pendengarannya”
Abu Ali ar-Rudzbary mengatakan:
“Apa bila seorang Sufi sesudah lima hari
kelaparan beliau berkata: Aku lapar,
maka Kirimlah ia ke pasar untuk mencari nafkah. Prinsip mujahadah pada dasarnya adalah mencegah jiwa dari kebiasaan-kebiasaannya dan memaksanya menentang hawa nafsunya sepanjang waktu”
Jiwa mempunyai dua sifat yang menghalangi dalam mencapai kebaikan keberlarutan dalam memuja hawa nafsu dan penolakan pada kepatuhan. Jika jiwa menunggang nafsu, maka Anda harus mengendalikannya dengan kendali takwa. Jika jiwa bersikukuh menolak untuk selaras dengan kehendak Tuhan, maka Anda harus mengendalikannya agar menolak hawa nafsunya. Manakala Jiwa bangkit memberontak, maka Anda harus mengendalikan keadaan ini. Tiada satu hal pun yang berakibat lebih utama selain sesuatu yang muncul menggantikan kemarahan yang kekuatannya telah di hancurkan dan yang nyalanya telah di padamkan oleh akhlak mulia.
Manakala jiwa menemukan kemanisan dalam anggur kecongkakan, niscaya ia akan merana bila tidak sanggup menunjukkan kemampuannya dan menghiasai perbuatan-perbuatannya kepada siapapun yang melihatnya. Orang harus memutuskannya dari kecenderungan seperti ini dan menyerahkannya pada hukuman kehinaan yang akan datang tatkala di ingatkan akan harga dirinya yang rendah, asal-usulnya yang hina dan amal-amalnya yang menjijikan. Perjuangan kaum awam berupa pelaksanaan tindakan-tindakan. tujuan kaum khawash adalah menyucikan keadaan spiritual mereka. Bertahan dalam lapar dan jaga, adalah sesuatu yang mudah. Sedangkan membina akhlak dan membersihkan semua hal negatif yang melekat padanya, sangatlah sulit.
Satu dari sekian sifat jiwa yang merugikan dan paling sulit di lihat adalah ketergantungannya pada pujian manusia. Orang yang bermental seperti ini berarti menyangga beban langit dan bumi dengan satu alisnya. Satu pertanda yang mengisyaratkan mental seperti ini adalah apa bila pujian orang tidak di berikan kepadanya, niscaya ia menjadi pasif dan pengecut.
Di kabarkan bahwa Abu Muhammad al-Murta’isy berkata: “Aku berangkat haji berkali-kali seorang diri. Pada suatu ketika aku menyadari bahwa segenap upayaku terkotori oleh kegembiraanku dalam melakukannya. Hal ini ku sadari saat ibu memintaku menarikan guci air untuknya. Jiwaku merasakan hal ini sebagai beban yang berat. Saat itulah aku mengetahui bahwa apa yang ku sangka merupakan kepatuhan kepada Allah swt. dalam hajiku selama ini tidak lain hanyalah kesenanganku semata, yang datang dari kelemahan dalam jiwa, karena apa bila nafsuku sirna, niscaya tidak akan mendapati tugas kewajibanku sebagai suatu yang memberatkan dalam hukum syaritat”
Pada suatu ketika seorang wanita lanjut usia di tanya mengenai keadaan ruhaninya. Ia menjawab: “Semasa Muda, aku berpikir bahwa keadaan-keadaan ruhani itu berasal dari kekuatan dan semangat yang tak ku jumpai saat ini, ketika sudah tua, semua itu sirna sudah”
Dzun Nuun al-Mishry berkata: “Penghormatan yang Allah berkenan memberikannya kepada seorang hamba, maka Allah menunjukkan kehinaan dirinya, penghinaan yang Allah berkenan menimpakannya kepada seorang hamba, maka Allah menyembunyikan kehinaan dirinya dari pengetahuan akan kehinaan itu sendiri”
Ibrahim bin Khawwas menegaskan: “Aku tidak menghadapi seluruh ketakutanku, kecuali secara langsung menghadapinya dengan menungganginya”
Muhammad bin Fadhl mengatakan:
“Istirahat total adalah kebebasan dari keinginan hawa nafsu”
Saya mendengar Abu Ali Ar-Rudzbary berkata:
“Bahaya yang menimpa manusia datang dari tiga hal:
◾Kelemahan watak,
◾keterpakuan pada kebiasaan,
◾dan mempertahankan teman yang merusak”
Saya bertanya kepadanya,
“Apakah kelemahan watak itu?”
Ia menjawab:
“Mengkonsumsi hal-hal-yang haram”
Lalu saya tanyakan:
“Apakah keterpakuan pada kebiasaan itu?”
Ia berkata:
“Memandang dan mendengarkan segala sesuatu yang haram dan melibatkan diri dalam fitnah"
” Saya bertanya:
“Apakah mempertahankan teman yang merusak itu?
Di jawabnya:
“Itu terjadi ketika Anda menuruti hasrat nafsu dalam diri, lalu diri Anda mengikutinya”
An-Nashr Abadzy mengatakan: “Penjara adalah jiwa Anda. Apabila Anda melepaskan diri darinya, niscaya akan sampai pada kedamaian”
Ia juga berkata:
“Aku mendengar Muhammad al-Farra’ berkisah bahwa Abul Husain al-Warraq mengatakan:
“Ketika kami mulai menempuh jalan-Nya lewat Tasawuf di Masjid Abu Utsman al-Hiry. praktek terbaik yang kami lakukan adalah bahwa kami memprioritaskan kemudahan bagi orang lain kami tidak pernah tidur dengan menyimpan sesuatu tanpa di sedekahkan kami tidak pernah menuntut balas kepada seseorang yang menyinggung hati kami, bahkan kami selalu memaafkan tindakannya dan bersikap rendah hati kepadanya, dan jika kami memandang hina seseorang dalam hati kami, maka kami akan mewajibkan diri kami untuk melayaninya sampai perasaan memandang hina itu lenyap”
Abu Ja’far berkata:
“Nafsu, seluruhnya gelap gulita, penglihatanya adalah batinnya. Cahaya pelita ini adalah taufiq. Orang yang tidak di sertai taufik dari Tuhannya, maka kegelapan akan menyelimutinya”
Ketika mengatakan:
“Pelita adalah batinnya.”
Di maksudkan adalah rahasia antara dirinya dan Allah swt. yakni tempat keikhlasannya. Dengannya si hamba tersebut mengetahui bahwa semua peristiwa adalah karya Tuhan peristiwa-peristiwa bukanlah ciptaan dirinya, tidak pula berasal darinya. Bila mengetahui hal ini, ia akan bebas dalam setiap keadaannya, dari kekuatan dan kekuasaannya sendiri dalam melestarikan manfaat waktunya. Orang yang tidak di sertai taufik tidak akan memperoleh manfaat dari pengetahuan tentang jiwanya atau tentang Tuhannya. Itulah sebabnya mengapa para syeikh mengatakan:
“Orang yang tidak mempunyai sirr akan terus bersikeras menuruti hawa nafsunya”
Abu Utsman berkata:
“Selama orang melihat setiap sesuatu baik dalam jiwanya, ia tidak akan mampu melihat kelemahan-kelemahannya. Hanya orang yang berani mendakwa dirinya terus menerus selalu berbuat salahlah yang akan sanggup melihat kesalahannya itu"
Abu Hafs mengatakan:
“Tidak ada jalan yang lebih cepat ke arah kerusakan, kecuali jalan orang yang tidak mengetahui kekurangan dirinya, karena kemaksiatan kepada Tuhan adalah jalan cepat menuju kekafiran”
Abu Sulaiman berkata:
“Aku tahu bahwa tidak sedikit pun kebaikan dapat di temukan dalam suatu perbuatan yang ku lakukan sendiri, aku berharap di beri pahala karenanya”
As-Sary berkomentar:
“Waspadalah terhadap orang yang suka bertetangga dengan orang kaya, pembaca-pembaca Al-Qur’an yang sering mengunjungi pasar, dan ulama-ulama yang mendekati penguasa”
Dzun Nuun al-Mishry mengatakan:
Kerusakan merasuki diri manusia di karenakan 6 hal
(1) Mereka memliki niat yang lemah dalam melaksanakan amal untuk akhirat
(2) Tubuh mereka diperbudak oleh nafsu
(3) Mereka tidak henti-hentinya mengharapkan perolehan duniawi, bahkan menjelang ajal
(4) Mereka lebih suka menyenangkan makhluk, mengalahkan ridha Sang Pencipta
(5) Mereka memperturutkan hawa nafsunya, dan tidak menaruh perhatian yang cukup kepada Sunnah Nabi saw.
(6) Mereka membela diri dengan menyebutkan beberapa kesalahan orang lain, dan mengubur prestasi pendahulunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar