فصل: اعلم إن الذي يحملك على إسقاط التدبير مع الله والاختيار أمور.
الأول: علمك بسابق تدبير الله فيك: وذلك أن تعلم إن الله كان لك قبل أن تكون لنفسك، فكما كان لك مدبرا قبل أن تكون ولا شيء من تدبيرك معه، كذلك هو سبحانه وتعالى مدبر لك بعد وجودك.
فكن له كما كنت له، يكن لك كما كان لك. ولذلك قال الحسين الحلاج: (كن لي كما كنت لي، في حين لم أكن). فسأل من الله أن يكون له بالتدبير بعد وجوده: كما كان له بالتدبير قبل وجوده، لأنه قبل وجود العبد كان العبد مدبرا بعلم الله، وليس هناك للعبد وجود فتقع الدعوى منه لتدبير نفسه، فيقع الخذلان لأجل ذلك. فإن قلت: فإنه في حين لم يكن عدم، فكيف يتعلق التدبير؟ فاعلم أن للأشياء وجودا في علم الله، وان لم يكن لها وجود في أعيانها، فالحق سبحانه وتعالى يتولى تدبيرها من حيث أنها موجودة في علمه، وفي هذه المسألة غور عظيم ليس هذا الموضوع محلا لبسطه.
Ketahuilah, ada beberapa sebab mengapa kau tidak boleh ikut mengatur, dan memilih bersama Alloh.
Bab 3a. Sebab pertama (tidak boleh ikut mengatur)
pengetahuanmu tentang pengaturan Alloh yang telah berlaku atas dirimu. Maksudnya, ketahuilah bahwa Alloh telah berbuat untukmu sebelum kau berbuat untuk dirimu. Sebelum kau ada dan sebelum kau ikut mengatur, Dia telah mengatur untukmu. Dan kini setelah kau ada, Dia juga yang mengatur. Bersikaplah kepada-Nya seperti sikapmu sebelumnya, tentu Dia akan memperhatikanmu seperti sebelumnya.
Karena itu Syeih Husain al-Hallaj berkata : “ berbuatlah kepadaku sebagaimana dulu kau berbuat kepadaku sebelum aku ada”. Ia (alhallaj) meminta kepada Alloh untuk mengatur urusannya setelah ia ada sebagaimana dulu Dia mengatur sebelum ia ada. Sebelum keberadaannya, hambatelah diatur oleh ilmu Alloh. Namun setelah ada, ia ingin mengatur dirinya sehingga akhirnya ia terlantar.
Mungkin kau bertanya, sebelum aku ada, bagaimana Dia mengatur?..
Ketahuilah, segala sesuatu telah memiliki wujud dalam ilmu Alloh, walaupun belum ada wujud fisikal. Wujudnya dalam ilmu Alloh swt. Itulah yang diatur oleh-Nya. Ada persoalan besar mengenai masalah ini yang tidak layak untuk dijelaskan disini.
بيان وإعلام
اعلم أن الحق سبحانه وتعالى تولاك بتدبيره على جميع أطوارك وقام لك في كل ذلك بوجود إبرازك، فقام لك بحسن التدبير يوم المقادير، يوم: {ألست بربكم؟ قالوا بلى}.
ومن حسن تدبيره لك حينئذ، أن عرفك به فعرفته، وتجلى لك فشهدته، واستنطقك وألهمك الإقرار بربوبيته فوحدته، ثم انه جعلك نطفة مستودعة في الأصلاب، وتولاك بتدبيره هنا لك، حافظا لك، وحافظا لما أنت فيه. مواصلا لك المدد بواسطة من أنت فيه من الآباء إلى أبيك آدم، ثم قذفك في رحم الأم، فتولاك بحسن التدبير حينئذ وجعل الرحم قابلة أرضا يكون فيها نباتك ومستودعا يعطى فيها حياتك، يم جمع بين النطفتين، وألف بينهما فكنت عنهما، لما بنيت عليه الحكمة الإلهية من أن الوجود كله مبني على سر الازدواج، ثم جعلك بعد النطفة علقة مهيأة لما يريد سبحانه وتعالى، إن ينقلها إليه، ثم بعد العلقة مضغة، ثم فتق سبحانه وتعالى في المضغة صورتك، وأقام بنيتك، ثم نفخ فيك الروح بعد ذلك، ثم غذاك بدم الحيض في رحم الأم حتى قويت أعضاؤك، واشتدت أركانك ليهيئك إلى البروز إلى ما قسم لك أو عليك، وليبرزك إلى دار يتعرف فيها بفضله وعدله إليك.
ثم لما أنزلك إلى الأرض علم سبحانه وتعالى أنك لا تستطيع تناول خشونات المطاعم، وليس لك أسنان ولا أرحاء تستعين بها على ما أنت طاعم، فأجرى الثديين بغذاء لطيف، ووكل بهما مستحث الرحمة في قلب الأم كلما وقف اللبن عن البروز استحثته الرحمة التي جعلها لك في الأم مستحثا لا يفتر، ومستنهضا لا يقصر، ثم انه شغل الأب والأم بتحصيل مصالحك، والرأفة عليك والنظر بعين المودة منهما إليك، وما هي إلا رأفة ساقها إليك، والى العباد في مظاهر الآباء والأمهات، تعريفا بالوداد، وفي حقيقة الأمر ما كفاك إلا ربوبيته، وما حضنك إلا ألهيته.
ثم ألزم الأب القيام بك إلى حين البلوغ، وأوجب عليك ذلك رأفة منه بك، ثم رفع قلم التكليف عنك إلى أوان تكمل الأفهام، وذلك عند الاحتلام، ثم إلى إن صرت كهلا لم يقطع عنك نوالا ولا فضلا، ثم إذا انتهت إلى الشيخوخة، ثم إذا قدمت عليه، ثم إذا حشرت إليه، ثم إذا اقامك بين يديه ثم إذا أسلمك من عقابه، ثم إذا أدخله دار ثوابه، ثم إذا كشف عنك وجود حجابه وأجلسك مجلس أوليائه وأحبابه، قال سبحانه وتعالى: {إن المتقين في جنات ونهر، في مقعد صدق عند مليك مقتدر}.
فلأي إحسانه تشكر، وأي آلائه وأياديه تذكر؟ واسمع قوله تعالى: {وما بكم من نعمة فمن الله}. تعلم أنك لم تخرج، ولن تخرج عن إحسانه (ولن يعدوك وجود فضله وامتنانه}. وان أردت البيان في نقليات أطوارك فاسمع ما قاله سبحانه:
{ولقد خلقنا الإنسان من سلالة من طين، ثم جعلناه نطفة في قرار مكين، ثم خلقنا النطفة علقة، فخلقنا العلقة مضغة، فخلقنا المضغة عظاما، فكسونا العظام لحما، ثم أنشأناه خلقا آخر، فتباك الله أحسن الخالقين، ثم إنكم بعد لميتون، ثم إنكم يوم القيامة تبعثون}. تبدو لك بوارقها وتبسط عليك شوارقها، وفي ذلك ما يلزمك أيها العبد: الاستسلام إليه، والتوكل عليه، ويضطرك إلى إسقاط التدبير وعدم منازعة المقادير، والله الموفق.
Penjelasan penting
Ketahuilah, bahwa Alloh swt. mengurusmu lewat pengaturan-Nya dalam semua fase kehidupanmu. Dia mengaturmu ketika kau muncul didunia. Dia mengaturmu dengan pengaturan yang baik dihari penetapan seluruh taqdir, atau dialam azali yaitu ketika Dia bertanya “ Bukankah Aku Tuhanmu? (dan semua manusia menjawab) Ya, benar”. Diantara bentuk pengaturan-Nya ketika itu adalah Dia memperkenalkanmu kepada-Nya. Dia menampak diri sehingga kau menyaksikan-Nya. Dia membuatmu berbicara dan memberimu ilham untuk mengakui Rububiyyah-Nya.sehingga kau meng-Esakan-Nya. Selanjutnya Dia menjadikanmu sebagai nutfah yang tersimpan dalam sulbi ayah. Disana Dia mengurusmu lewat pengaturan-Nya. Dia menjagamu seraya terus mengaruniaimu melalui ayahmu-dan moyangmu hingga Nabi Adam as. Lalu Dia memindahkanmu kerahim ibu. Dia mengurusmu lewat pengaturan-Nya, lalu, Dia menjadikan rahim ibu sebagai tanah dimana tanaman dirimu bisa berkembang dan diberi kehidupan. Lalu Alloh memgumpulkan kedua nutfah (didalam rahim), dengan penuh kasih sayang. Semua ini berdasarkan kebijaksanaan Ilahi, bahwa sesungguhnya semua yang wujud itu terjadi atas rahasia ketuhanan. Lalu Alloh menjadikan setelah nutfah (sperma), menjadi ‘alaqoh (segumpal darah), lalu setelah itu menjadi Mudghoh(segumpal daging), setelah itu Alloh memberi bentuk /gambar pada mudghoh, lalu Alloh meniaupkan ruh kepadamu. Alloh memberimu makan didalam rahim ibumu dengan darah haid, sehingga kuat anggota tubuhmu, dan Alloh menguatkan gerakanmu ----------------
Lalu Alloh mengharuskan ayah dan ibumu untuk memperhatikanmu hingga dewasa. Semua itu sebagai kasih sayang-Nya kepadamu. Dia tidak membebanimu dengan kewjiban sehingga akalmu sempurna, yaitu ketika kamu “bermimpi”(tanda baligh). Alloh tidak pernah berhenti mmemberimu nikmat dan karunia sampai usia tuamu. Limpahan kasih sayang-Nya tak pernah putus ketika kau memasuki masa senja. Disaat kau meninggal dunia, dibangkitkan kepada-Nya dan berada dihadapan-Nya. Ketika dia menyelamatkanmu dari siksa-Nya, ketika kau dimasukkan surge-Nya, ketika Dia mengangkat hijab-Nya darimu serta mengangkatmu kemaqom para wali dan kekasih-Nya. Alloh swat. Berfirman : “ Orang yang bertaqwa berada ditaman dan sungai-sungai. Di tempat yang disenangi disisi Tuhan yang maha Kuasa”. Kebaikan yang mana yang kau syukuri, dan karunia yng mana yang kau ingat? Alloh ber firman: “ Nikmat apa saja yang ada padamu berasal dari Alloh”. Engkau tahu bahwa kebaikan-Nya selalu meliputi dirimu. Kau todak akan pernah terlepas dari karunia-Nya.
Jika kau ingin mengetahui penjelasan tentang perkembanganmu dari fase ke fase, perhatikanlah firman Alloh berikut ini ; “ Kami menciptakan manusia dari sari pati tanah, kemudian saripati tanah kami jadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Setelah itu, kami jadian ia makhluk yang berbentuk lain. Maha Suci Alloh pencipta yang paling baik. Selanjutnya, kalian akan benar-benar mati. Kemudian, pada hari kiamat nanti kalian akan dibangkitkan”.
Liputan cahaya dan sinar-Nya begitu jelas. Wahai hamba, satu-satunya yang harus kau lakukan adalah menyerah dan bersandar kepada-Nya. Alloh melarangmu ikut campur mengatur menemukan/memilih. Wallohul-muwafiq.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar