Rabu, 17 November 2021

Bab 7g. Kewajiban Memerintah Keluarga untuk Sholat

 الآية الثالثة في أمر الرزق قوله تعالى: (وأمر أهلك بالصلاة واصطبر عليها لا نسألك رزقاً نحن نرزقك والعاقبة للتقوى): وفي هذه الآية فوائد:الأولى أن تعلم أن النبي صلى الله عليه وسلم وإن كان هو المخاطب بهذه الآية، فحكمها ووعدها متعلق بأمته أيضاً. فكل عبد مقول له: (وأمر أهلك بالصلاة واصطبر عليها،لا نسألك رزقاً نحن نرزقك والعاقبة للتقوى). وإذ قد فهمت هذا:فاعلم أن الله أمرك أيها العبد أن تأمر أهلك بالصلاة، لأنه كما يجب عليك أن تصل أرحامهم،بأسباب الدنيا، والإيثار بها، كذلك يجب عليك أن تصلهم بأن تهديهم إلى طاعة الله تعالى، وتجنبهم وجود معصيته. وكما كان أهلك أولى ببرك الدنيوي، كذلك هم أولى ببرك الأخروي ولأنهم رعيتك، وقد قال صلى الله عليه وسلم: (كلكم راع، وكلكم مسئول عن رعيته).وقال تعالى في الآية الأخرى: (وأنذر عشيرتك الأقربين). كما قال ها هنا: (وأمر أهلك بالصلاة)



Selanjutnya Ayat ketiga tentang urusan rizeki adalah firman Alloh yang berbunyi: “Perintahkan keluargamu untuk Sholat dan bersabarlah atasnya. Kami tidak meminta rizeki kepadamu, Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki. Akibat yang baik adalah bagi yang bertakwa”. Ada beberapa pelajaran /faidah yang bisa diambil dari ayat ini; Pertama, Kau harus mengetahui meskipun pada ayat tersebut yang menjadi lawan bicara adalah Nabi saw. namun hukum dan janji Alloh didalamnya juga ditunjukkan kepada umatnya.


 setiap hamba menjadi sasaran perintah itu. Yakni “Perintahkan keluargamu untuk Sholat dan bersabarlah atasnya. Kami tidak meminta rizeki kepadamu, Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki. Akibat yang baik adalah bagi yang bertakwa”. Apabila kau telah memahami hal ini, ketahuilah bahwa Alloh telah memerintahkanmu untuk menyuruh keluargamu mendirikan sholat, Sebagaimana kau harus menyambung tali silatur-rohim dengan mereka dengan sebab-sebab dunia, dan sikap mementingkan mereka.

 Kau juga wajib menyambung tali silatur-rohim dengan mereka lewat cara membimbing mereka untuk taat kepada Alloh swt. dan menghindarkan mereka dari maksiat. Jika keluargamu layak mendapatkan kebaikan duniawi darimu, mereka juga layak mendapatkan kebaikan ukhrowi darimu. sebab, mereka adalah tanggung jawabmu.

 Nabi saw. bersabda, “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian bertanggung jawab atas yang dipimpinnya”. Dalam ayat yang lain Alloh berfirman, “Berikanlah peringatan kepada keluargamu yang terdekat”. ayat itu sama dengan ayat diatas, “Perintahkan keluargamu untuk Sholat


الفائدة الثانية: أنظر إلى أنه تعالى أمره عليه الصلاة والسلام، في الآية، أن يأمر أهله قبل أن يأمر هو نفسه بالاصطبار عليها، ليعلمك أن الآية سيقت للأمر بأمر الأهل بالصلاة، وأن غير هذا إنما جاء بطريق التبع، وإن كان مقصودا في نفسه، لكنه لما علم العبد أنه مأمور في نفسه بالصلاة علماًَ لا شك فيه، فأراد الحق تعالى أن ينبه العباد على ما لعلهم أن يهملوه، فأمر رسوله ليسمعوا بذلك فيتبعوا فيكونوا لذلك مسارعين على القيام به مثابرين. تنبيه: اعلم أنه يجب عليك أن تأمر اهلك بالصلاة، من زوجة أو أمةٍ، أو ابنة، أو غير ذلك. ولك أن تضربهم على تركها، وليس لك عند الله من حجة أن تقول: أمرت فلم يسمعوا. فلو علموا أنه شق عليك ترك الصلاة كما يشق عليك إذا افسدوا طعاماً، أو تركوا شيئاً من أمر مهماتك ما تركوا، بل اعتادوا منك أن تطالبهم بحظوظ نفسك، ولا تطالبهم بحقوق الله، فلأجل ذلك أهملوها. ومن كان محافظاً على الصلاة وعنده أهل لا يصلون، وهو غير آمر لهم بها، حشر يوم القيامة في زمرة المضيعين للصلاة. فإن قلت: إني أمرتهم فلم يفعلوا، ونصحتهم فلم يقبلوا وعاقبتهم على ذلك بالضرب فلم يكونوا له فاعلين، فكيف أصنع ؟.فالجواب: أنه ينبغي لك مفارقة من يمكن مفارقته، ببيع أو طلاق، والإعراض عمن لا يمكن بينونته عنك بذلك، وأن تهجرهم في الله، فإن الهجر في الله يوجب الصلة به

Faidah Kedua,


Dalam ayat itu Alloh swt. memerintahkan kepada Nabi-Nya untuk menyuruh keluarganya untuk sholat sebelum menyuruh bersabar atasnya. ayat itu memberi tahukan kepadamu bahwa perintah untuk menyuruh keluarga mendirikan sholat didahulukan, sementara hal lainnya datang mengikuti meskipun tetap menjadi tujuan. Namun, karena hamba mengetahui bahwa ia juga pasti diperintah untuk mendirikan sholat maka Alloh hendak mengingatkan sesuatu yang mungkin mereka lupakan. Karena itu Alloh memerintahkan Rosul-Nya agar mereka juga mendengar kemudian mengikuti dengan segera dan bersabar menetapi perintah itu.



Tanbih: Ketahuilah sesungguhnya Alloh mewajibkan kepadamu agar menyuruh keluargamu, istri, budak, anakmu dan lainnya untuk mendirikan sholat. menghukum mereka ketika meninggalkan sholat, di sisi Alloh kau tidak ada alasan untuk mengatakan, “aku telah menyuruh, tetapi mereka tidak mendengarnya”. seandainya kau mendengar, tentu kau kesal jika mereka meninggalkannya. sama halnya ketika mereka merusak makanan atau mengabaikan sesuatu yang penting bagimu. akan tetapi mereka selama ini sudah biasa kau tuntut untuk memenuhi kepentingan dirimu, dan tidak kau tuntut untuk memenuhi hak-hak Alloh. karena itu mereka mengabaikan perintahmu. orang yang selalu mendirikan sholat, sedang keluarganya meniggalkan sholat, dan dia tidak menyuruh mereka untuk sholat, pada hari kiamat nanti akan dibangkitkan bersam golongan orang yang melalaikan sholat.


Apabila kau berkata, “Aku telah menyuruh mereka sholat, namun mereka tidak mau mengerjakannya. aku telah menasehati mereka, mereka tidak mau menerima, aku telah menghukum mereka dengan pukulan, namun mereka tetap tak mau mengerjakannya, lalu apa yang harus aku lakukan?

Jawabnya : Sebaiknya tinggalkanlah mereka. jika ia budak atau istrimu, maka jual atau ceraikanlah. jika ia anakmu, maka tinggalkanlah. Sebab, jika kau meninggalkan sesuatu karena Alloh, hubunganmu dengan-Nya akan terjalin semakin erat.


الفائدة الثالثة: قوله تعالى: (واصطبر عليها).

فيه إشارة إلى أن الصلاة تكليفاً للنفوس شافا عليها، لأنها تأتي في أوقات ملاذ العباد، وأشغالهم، فنطالبهم بالخروج عن ذلك كله، إلى القيام بين يدي الله تعالى والفراغ عما سوى الله.

ألا ترى أن صلاة الغداة تأتيهم في وقت منامهم، في وقت ألذ ما يكون المنام فيه، فطلب الحق فيهم ترك حظوظهم لحقوقه، ومرادهم لمراده، ولذلك كان في نداء الصبح خاصا به:

(الصلاة خير من النوم) مرتين.

وأما صلاة الظهر: فإنها تأتيهم في وقت قيلولتهم، ورجوعهم، من تعب أسبابهم.

وأما صلاة العصر:فإنها تأتيهم وهم في متاجرهم وصنائعهم منهمكون وعلى أسباب دنياهم مقبلون.

وأما صلاة المغرب:فإنها تأتي في وقت تناولهم لأغذيتهم وما يقيمون به وجود بنيتهم.

وأما صلاة العشاء:فإنها تأتي وقد كثرت عليهم متاعب الأسباب التي كانوا فيها في بياض نهارهم، فلذلك قال سبحانه:{واصطبر عليها}.

وقال:{حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى}.

وقد قال:{إن الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا}

وقد قال: {وأقيموا الصلاة}.

قال الله تعالى: {واستعينوا بالصبر والصلاة، وإنها لكبيرة إلا على الخاشعين}.

فجعل الصبر والصلاة مقترنين: إشارة إلى أنه محتاج في الصلاة إلى الصبر.

صبر على ملازمة أوقاتها، وصبر على القيام بواجباتها ومسنوناتها وصبر يمنع القلوب فيها من غفلاتها ولذلك قال الله تعالى بعد ذلك: {وإنها لكبيرة إلا على الخاشعين}.

فأفرد الصلاة بالذكر ولم يفرد الصبر به، إذ لو كان كذلك لقال: وانه لكبير، فذلك يدل على ما قلناه.

أو لأن الصبر والصلاة مقترنان متلازمان، فكان أحدهما هو عين الآخر، كما قال في الآية الأخرى:

{والله ورسوله أحق أن يرضه}.

وقال تعالى: {والذين يكنزون الذهب والفضة ولا ينفقونها في سبيل الله}.

وقال تعالى: {وإذا رأوا تجارة أو لهوا انفضوا إليها}. فافهم.


Sabar dan sholat

Faidah ketiga,

 Firman Alloh “Bersabarlah atasnya”. mengisyaratkan bahwa sholat adalah beban yang berat bagi jiwa untuk dilakukan. Sebab kewajiban sholat datang diwaktu-waktu kenikmatan dan kesibukan hamba. Mereka harus meninggalkan semua untuk menghadap Alloh swt. Sholat shubuh datang diwaktu tidur mereka yang paling nikmat. Alloh menuntut mereka untuk meninggalkan bagian mereka menuju hak Alloh, dan meninggalkan keinginan mereka menuju keinginan Alloh. sehingga dalam adzan shubuh ada panggilan khusus, “Sholat itu lebih baik daripada tidur”. sebanyak dua kali. Sholat dhuhur datang diwaktu tidur siang mereka dan ketika mereka kelelahan sepulang kerja. Sholat ‘Asar datang ketika waktu mereka sibuk ditempat jualan dan usaha mereka. Sholat maghrib datang diwaktu makan mereka. Dan sholat isya’ datang ketika mereka benar-benar merasa lelah sepulang bekerja disiang hari.

karena beban yang berat itu, Alloh swt. berfirman, “Bersabarlah atasnya”. Dan firman Alloh, “Peliharalah semua sholatmu dan sholat wushtho”. firman Alloh, “Sholat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang yang beriman”. firman Alloh, “Dirikanlah sholat”. firman Alloh, “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. yang demikian itu sangat berat kecuali bagi orang yang khusyuk”. Dalam ayat yang terakhir Alloh menggandengkan sabar dan sholat sebagai isyarat bahwa sholat membutuhkan kesabaran. Sabar menjaga waktu-waktunya, sabar melaksanakan wajib dan sunahnya, dan sabar untuk supaya hati tidak lalai didalamnya. Karenanya , setelah itu Alloh berfirman, “yang demikian itu sangat berat kecuali bagi orang yang khusyuk”. Kata ganti (dhomir)pada ayat itu merujuk pada sholat, bukan sabar. jika yang dirujuk kata sabar, tentu ayat itu akan berbunyi “Wainnahu lakabiirun”. Atau mungkin redaksinya bisa seperti itu karena antara sabar dan sholat saling berkaitan sehingga yang satu merupakan bagian dari yang lainnya. Sama seperti firman Alloh pada ayat lain, “Alloh dan rosul-Nya yang layak untuk mereka cari ridho-Nya”. dan Firman-Nya, “Orang-orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menafkahkannya dijalan Alloh”. dan Firman-Nya, “Apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya”. maka fahamilah!.



وجوب أمر الأهل بالصلاة

Kewajiban Memerintah Keluarga untuk Sholat

 

 

أسرار الصلاة

والصلاة شأنها عظيم، وأمرها عند الله جسيم ولذلك قال تعالى:{إن الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر}.

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لما سئل أي الأعمال أفضل قال: (الصلاة لوقتها).

وقال صلى الله عليه وسلم: (المصلى يناجي ربه).

وقال صلى الله عليه وسلم: (أقرب ما يكون العبد من ربه في السجود).

ورأينا أن الصلاة اجتمع فيها من العبادات ما لم يجتمع في غيرها، منها:

الطهارة، والصمت، واستقبال القبلة، واستفتاح بالتكبير، والقراءة، والقيام، والركوع، والسجود، والتسبيح في الركوع والسجود، والدعاء في السجود، إلى غير ذلك. فهي مجموع العبادات عديدة، لأن الذكر بمجرده عباده، والقراءة بمجردها عبادة، وكذلك التسبيح والدعاء والركوع والسجود والقيام. فكل واحد منها بمجرده عباده، ولولا خشية الإطالة لبسطنا الكلام في أسرارها وشوارق أنوارها، وهذه اللمعة هاهنا كافية، والحمد الله.


Rahasia Sholat

Ada hal lain yang penting kami sampaikan mengenai rahasia sholat. Sesungguhnya sholat memiliki kedudukan yang agung dan istimewa disisi Alloh swt. Karena itu Alloh berfirman, “Sesungguhnya sholat bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar”.  


 Rosululloh saw. ketika ditanya tentang amal yang paling utama Beliau menjawab, “Sholat pada waktunya”.Ia juga bersabda, “Orang yang sedang sholat berarti sedang bermunajat kepada Tuhannya”. Dan sabdanya yang lain, “Jarak terdekat antara seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud”.


Menurut kami, tidak seperti ibadah-ibadah lainnya, sholat menghimpun berbagai ibadah, yaitu bersuci, diam, menghadap qiblat, takbir, membaca Al qur’an, berdiri, ruku’ , sujud, bertasbih dalam ruku’ dan sujud, berdo’a dalam sujud, dan lain sebagainya. Sholat merupakan ibadah yang menghimpun berbagai jenis ibadah. Dzikir adalah ibadah, begitu juga membaca Al-qur’an, tasbih, do’a, ruku’ , sujud, dan berdiri, semuanya ibadah. 

Andaikata bukan karena takut terlalu panjang, tentu kami uraikan beberapa rahasia dan kilau cahaya sholat. Penjelasan singkat diatas kiranya sudah cukup. Al-hamdulillah.


الفائدة الرابعة: قوله تعالى {لا نسألك رزقا نحن نرزقك} أي لا نسألك أن ترزق نفسك، ولا اهلك.

وكيف نأمرك بذلك، ونكلفك أن ترزق نفسك، وأنت لا تستطيع ذلك؟

وكيف يحمد بنا أن نأمرك بالخدمة، ولا نقوم لك بالقسمة؟

فكأنه سبحانه لما علم أن العباد ربما يشوش عليهم طلب الرزق في دوام الطاعة، وحجبهم ذلك عن التفرغ للموافقة، فخاطب رسوله صلى الله عليه وسلم ليسمعوا فقال:

{وأمر أهلك بالصلاة واصطبر عليها، لا نسألك رزقا، نحن نرزقك} أي قم بخدمتنا ونحن نقوم لك بقسمتنا وهما شيئان: شيء ضمنه الله لك فلا تتبعه، وشيء طلب منك فلا تهمله.

فمن اشتغل بما ضمن له عما طلب منه، فقدم عظم جهله واتسعت غفلته وقل ما يتنبه لمن يوقظه، بل حقيق على العبد أن يشتغل بما طلب منه، عما ضمن له.

Mengabdilah kepada Kami, Kami akan memberikan bagianmu

Faidah keempat, Alloh Ta’ala berfirman, “Kami tidak meminta rizeki, Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki”. Maksudnya adalah bahwa Kami tidak memintamu untuk memberi rizeki kepada dirimu dan keluargamu.

Bagaimana mungkin Kami memintamu melakukan hal itu, Bagaimana mungkin Kami membebanimu kewajiban untuk memberi rizeki pada dirimu, sementara kau tidak akan mampu melakukannya?. Bagaimana Kami terPuji, jika memerintahkanmu mengabdi, sementara Kami tidak memberikan bagian (rizeki) untukmu?.

seakan-akan Alloh swt. Ketika mengetahui bahwa mencari rizeki bisa mengotori ketaatan dan menghalangi mereka untuk ibadah, Alloh berbicara kepada Rosululloh saw. agar semua umatnya mendengar, “Perintahkan keluargamu untuk Sholat dan bersabarlah atasnya. Kami tidak meminta rizeki kepadamu, Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki”. Artinya, mengabdilah kepada Kami, tentu Kami akan memberikan bagian kepadamu. Ayat itu mengandung dua hal, yaitu, Sesuatu yang telah dijamin oleh Alloh untukmu, sehingga kau tidak perlu mencarinya. dan sesuatu yang dituntut/diminta Alloh darimu, sehingga tidak boleh kau abaikan. Orang yang menyibukkan diri dengan sesuatu yang sudah dijamin oleh Alloh sehingga ia lalai dari apa yang di tuntut/minta darinya, berarti ia sangat bodoh dan sangat lalai. semestinya setiap hamba menyibukkan diri dengan apa yang dituntut darinya tanpa memikirkan apa yang telah dijamin untuknya.

إذا كان سبحانه قد رزق أهل الجحود، فكيف لا يزرق أهل الشهود؟

وإذا كان قد أجرى رزقه على أهل الكفران، فكيف لا يجري رزقه على أهل الإيمان؟

فقد علمت أيها العبد، أن الدنيا مضمونة لك، مضمون لك، منها ما يقام بأودك والآخرة، مطلوبة منك، أي العمل لها بقوله تعالى: {وتزودوا فان خير الزاد التقوى}.

فكيف يثبت لك عقل، أو بصيرة، واهتمامك فيما ضمن لك اقتطعك عن اهتمام بما طلب منك، حتى قال بعضهم:

(إ الله ضمن لنا الدنيا، وطلب منا الآخرة فليته ضمن لنا الآخرة، وطلب منا الدنيا).

وأنى قوله تعالى: {ونحن نرزق} على هذه الصيغة، ليدل ذلك على الاستقرار والدوام لأن قولك: أنا أكرمك، ليس كقولك أنا أكرمتك، لأن قولك أنا أكرمك يدل على إكرام بعد إكرام.

وقولك أنا أكرمتك، لا يدل إلا على أن ثم إكراما كان وقوعه فيما مضى من غير أن يدل على التكرار والدوام.

فقوله تعالى: {نحن نرزقك} أي رزقا بعد رزق، لا نعطل عنك منتنا، ولا نقطع عنك نعمتنا.

ولما تفضلنا على العباد بالإيجاد، فكذلك أيضا قمنا لهم بدوام الإمداد، ثم قال تعالى: {والعاقبة للتقوى}.

كأنه تعالى يقول: نحن نعلم إذا تبتلت لخدمتنا، وتوجهت لطاعتنا، معرضا عن أسباب الدنيا، تاركا للدخول فيها، والاشتغال بها، لا يكون رزقك فيها رزق المترفين، ولا عيشك عيش المتوسعين، ولك اصطبر على ذلك فان العاقبة للتقوى، كما قال تعالى في أول الآية الأخرى:

{ولا تمدن عينيك إلى ما متعنا به أزواجا منهم، زهرة الحياة الدنيا لنفتنهم فيه ورزق ربك خير وأبقى}.

فان قلت: لماذا خص التقوى بالعاقبة، وأهل التقوى لهم مع العاقبة العيشة الطيبة في الدنيا، لقوله تعالى:

{من عمل صالحا من ذكر أو أنثى وهو مؤمن فلنحيينه حياة طيبة}.فاعلم انه تعالى يخاطب العباد على حسب عقولهم، فكأنه يقول: أيها العباد إن نظرتم أن لأهل الغفلة والعدوان بداية فلأهل التقوى والإيمان نهاية، والعاقبة للتقوى.

Alloh swt. memberi rizeki kepada kaum yang membangkang, jadi bagaimana mungkin Dia tidak memberi rizeki kepada kaum yang taat/Iman?. Kau telah mengetahui bahwa dunia telah dijamin untukmu, sedangkan akhirat diminta/ dituntut darimu. maksudnya, kau diminta selalu beramal untuk akhirat. berdasarkan firman Alloh, “Berbekal-lah. sesungguhnya sebeik-baik bekal adalah takwa”. Bagaimana kau dikatakan memiliki akal dan mata hati, sedangkan perhatianmu selalu kepada sesuatu yang telah dijamin untukmu, sehingga melalaikan kewajibanmu. Sampai-sampai ada yang berkata, “Alloh telah menjamin dunia untuk kita, dan meminta akhirat dari kita, Oh andai saja Dia menjamin akhirat untuk kita dan meminta dunia dari kita”. Firman Alloh, “Kamilah yang senantiasa memberi rizeki”. menunjukkan kekukuhan dan keberlangsungan. sebab ungkapan “Ana akromuka” (aku selalu memuliakanmu) tidak sama dengan kata “ana akromtu-ka” (aku telah memuliakanmu). Ungkapan pertama “Ana akromuka” berarti memuliakan yang tidak berkesudahan. sedangkan ungkapan yang kedua “ana akromtu-ka” berarti memuliakan hanya dimasa lalu, tidak menyiratkan keberlangsungan.

Firman Alloh, ( ونحن نرزق ) menyiratkan arti terus menerus memberi rizeki. karunia dan nikmat Kami tidak pernah putus kepadamu. Kami yang menciptakan hamba, dan Kami juga akan terus memberi mereka karunia. Kemudian Alloh berfirman, “Akibat yang baik adalah bagi yang bertakwa”. (s. Thoha 132). Seolah-olah Alloh mengatakan, “Jika kau terus mengabdi dan mentaati Kami, tidak berpaling kepada dunia, dan tidak menyibukkan dirimu dengannya, mungkin rizekimu tidak seperti rizeki mereka yang bergelimang harta, dan kehidupanmu tidak seperti mereka yang berkecukupan, namun, bersabarlah. sebab akibat yang baik hanya untuk orang yang bertakwa”.

 Pada ayat yang lain Alloh berfirman, “Janganlah kau berpaling pada kenikmatan hidupyang telah kami berikan kepada sejumlah golongan di antara mereka sebagai kembangkehidupan dunia, untuk Kami uji mereka dengannya. Karunia Tuhanmu lebih baik dan lebih kekal”. Mungkin kau bertanya, “Mengapa akibat yang baik itu bagi orang yang bertakwa, sementara pada ayat yang lain mereka dijanjikan kehidupan yang baik didunia, sebagaimana firman Alloh swt. “Siapa yang melakukan amal sholih, baik laki-laki maupun perempuan, semetara ia beriman maka Kami berikan untuk mereka kehidupan yang baik (didunia)”. Ketahuilah. Alloh swt. berbicara kepada hamba sesuai dengan kapasitas akal mereka. Seolah-olah Dia berkata, “Hamba-Ku, Jika kalian melihat kaum yang lalai mendapatkan kenikmatan dunia, maka sesungguhnya orang yang bertakwa dan beriman mendapatkan akhirat. jadi yang baik itu (akhirat) adalah untuk orang yang bertakwa.

فخاطب العباد على حسب ما تصل إليه عقولهم وتدركه إفهامهم، كما جاء: الله اكبر، وإن كان غيره لم يشاركه على الكبرياء، لكن لما كانت النفوس قد تشهد كبرياء الآثار كما قال تعالى: {لخلق السماوات والأرض اكبر من خلق الناس}. فكأنه يقال لها: أن كان ولا بد وشهدت لشيء كبرياء، فالله عز وجل اكبر منه واكبر من كل كبير، كما جاء: الصلاة خير من النوم. فلو قيل: ليس في النوم خير، قالت النفوس: قد أدركت لذاذاته وراحته، فسلم لها ما أدركت، ثم قيل لها: ما دعوناك إليه، خير مما هو خير عندك، الصلاة خير من النوم. لأن ما ملت إليه من المنام عرض يفنى، وما دعوناك إليه معاملة يبقى جزاؤها ما يفنى، وما عند الله خير وأبقى.

Alloh berbicara kepada manusia sesuai dengan jangkauan akal dan kadar pemahaman mereka. sama seperti ucapan “Allohu-Akbar” (Alloh Maha Besar) tidak mengindikasikan adanya sesuatu atau seseorang yang memiliki kebesaran seperti-Nya. Namun, karena manusia menyaksikan kebesaran makhluk-Nya. Sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia”. Maka seolah-olah Alloh berkata, “Jika kau menyaksikan kebesaran sesuatu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Alloh swt. lebih besar darinya dan lebih besar dari semua yang besar.” Sama seperti ucapan, “Sholat itu lebih baik daripada tidur”. Seandainya ada yang mengatakan bahwa tidak ada kebaikan dalam tidur. mungkin seseorang langsung menjawab, “Aku telah merasakan nikmat dan nyamannya tidur”. Karena itu biarkanlah ia berpandangan seperti itu. Kemudian dikatakan kepadanya, “Ajakan kami lebih baik daripada apa yang baik menurutmu. Sholat itu lebih baik daripada tidur.” Sebab, tidur yang kau senangi itu adalah sesuatu yang fana’, sedangkan ajakan Kami pada wushul dan ketaatan akan memberikan pahala yang kekal. Apa yang terdapat disisi Alloh itu lebih baik dan lebih kekal.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar