Rabu, 17 November 2021

BAB 4b. AL-MUQINUN DAN AL-‘ABIDUN

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ



Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir

Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.



BAB KE 4b. AL-MUQINUN DAN AL-‘ABIDUN


(Ridho Dengan Pengaturan Alloh)


الموقنون العابدون

أعلم وفقك الله أن لله عبادا خرجوا عن التدبير مع الله بتأديبه الذي أدبهم، وبتعليمه الذي علمهم، ففسخت الأنوار عزائم تدبيرهم، ودت المعارف والأسرار جبال اختيارهم فنزلوا منزل الرضا، فوجدوا نعيم المقام، فاستغاثوا بالله، واستصرخوا به، خشية أن يشغلهم حلاوة الرضا فيميلوا إليها بمساكنة، أو يجنحوا لها بمراكنة . قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله تعالى: كنت في ابتداء أمري، أدبر مع أصنع من الطاعات وأنواع الموافقات، فتارة أقول: ألزم البراري والقفار وتارة أقول: ارجع إلى المدائن والديار لصحبة العلماء والأخيار.

فوصف لي ولي من أولياء الله بأرض المغرب بجبل هنالك، فطلعت إليه، فوصلت إليه ليلا، فكرهت أن أدخل عليه حينئذ، فسمعته يقول: (اللهم إن قوما سألوك أن تسخر لهم خلقك فأعطيتهم ذلك، فرضوا منك بذلك. اللهم وإني أسألك اعوجاج الخلق علي حتى لا يكون ملجئ إلا إليك. فقلت: يا نفس انظري من أي بحر يغترف هذا الشيخ؟ فأقمت حتى إذا كان الصباح دخلت عليه، فسلمت عليه، ثم قلت: يا سيدي كيف حالك؟ فقال: أشكو إلى الله من برد الرضا والتسليم، كما تشكوا أنت من حر التدبير والاختيار. فقلت: يا سيدي أما شكواي من حر التدبير والاختيار، فقد ذقته، وأنا الآن فيه وأما شكواك من برد الرضا والتسليم، فلم أفهمه. فقال: (أخاف أن تشغلني حلاوتهما عن الله). فقلت: يا سيدي سمعتك البارحة تقول: اللهم إن قوما سألوك أن تسخر لهم خلقك فأعطيتهم ذلك فرضوا منك بذلك، اللهم وإني أسألك اعوجاج الخلق حتى لا يكون ملجئ إلا إليك. فتبسم ثم قال: يا بني، عوض ما تقول: سخر لي خلقك، قل: يا رب كن لي، أترى إذا كانوا لك، أيغنوك بشيء؟ فما هذا الجبن.

AL-MUQINUN DAN AL-‘ABIDUN

(Ridho Dengan Pengaturan Alloh)

Ketahuilah, (semoga Alloh memberimu Taufiq) bahwa ada beberapa hamba Alloh yang berhenti mengatur bersama Alloh berkat pendidikan dan pengajaran-Nya yang mereka terima. cahaya telah melenyapkan hasrat mereka untuk ikut mengatur. makrifat dan rahasia telah menyirnakan kuasa mereka untuk ikut memilih. mereka ridho dan merasakan nikmatnya ridho. kendati demikian, mereka terus menyeru dan meminta pertolongan kepada Alloh khawatir dilenakan oleh nikmat ridho itu sehingga mereka terjebak didalamnya dengan segala kenyamanannya.

Syeikh Abu al-Hasan ra. berkata, “Ketika aku mulai menapaki jalan ini, terlintas keraguan dibenakku, apakah aku harus tinggal disahara dan padang tandus agar bisa khusuk beribadah dan dzikir, atau pulang kerumah untuk berguru kepada para ulama’ dan orang istimewa?. Kemudian aku mendengar kabar tentang seorang wali yang tinggal disebuah gunung di Maroko. aku naik mendatanginya. aku sampai disana malam hari. aku tidak langsung menemuinya. aku mendengarnya berkata dari dalam gua, “Ya Alloh, ada sekelompok orang yang meminta-Mu untuk menundukkan makhluk sehingga kau tundukkan makhluk-Mu untuk mereka. kemudian mereka ridho atas karunia-Mu itu. Ya Alloh, aku meminta-Mu agar makhluk bersikap buruk kepadaku sehingga tidak ada tempat berlindung kecuali disisi-Mu.” Mendengar itu aku melihat diriku sendiri dan bergumam, “Wahai diri, perhatikan, dari lautan mana Syeikh ini mengambil ilmu?” saat pagi tiba, aku menemuinya. aku takjub melihat kharismanya. aku berkata kepadanya, ‘Apa kabarmu Tuan?, ia menjawab, ‘Aku sedang mengadu kepada Alloh, betapa aku merasakan nyamannya ridho dan kepasrahan sebagaimana kau mengadukan gerahnya pengaturan diri sendiri’. Lalu aku bertanya lagi, ‘ Tuan, memang aku telah mengalaminya. Aku mengdukan gerahnya mengatur diri sendiri dan kau mengadukan nyamannya ridho dan kepasrahan. mengapa? ’. “aku khawatir nikmat ridho dan pasrah membuatku berpaling dari Allo”. ‘Tuan, semalam aku mendengarmu berkata, “Ya Alloh, ada sekelompok orang yang meminta-Mu untuk menundukkan makhluk sehingga kau tundukkan makhluk-Mu untuk mereka. kemudian mereka ridho atas karunia-Mu itu. Ya Alloh, aku meminta-Mu agar makhluk bersikap buruk kepadaku sehingga tidak ada tempat berlindung kecuali disisi-Mu.” Ia tersenyum lalu berujar, “Anakku, gantilah ucapanmu “Tundukkan makhlukmu untukku” dengan ucapan “Tuhan, Jdilah Engkau untukku”. karena mungkinkah mereka mampu melenyapkan rasa takut yang meliputimu?.”

فائدة: اعلم إن هلاك ابن نوح عليه السلام إنما كان لأجل رجوعه إلى تدبير نفسه، وعدم رضاه بتدبيره الله، الذي اختاره لنوح عليه السلام، ومن كان معه في السفينة، فقال له نوح عليه السلام: {يا بني اركب معنا ولا تكن مع الكافرين. قال سآوي إلى جبل يعصمني من الماء. قال: لا عاصم اليوم من أمر الله إلا من رحم}. فآوي في المعنى إلى جبل عقله، ثم كان الجبل الذي اعتصم به صورة ذلك في المعنى القائم به، فكان كما قال الله تعالى: {وحال بينهما الموج فكان من المغرقين}. في الظاهر بالطوفان، وفي الباطن بالحرمان، فاعتبر أيها العبد بذلك.

فإذا تلاطمت عليك أمواج الأقدار، فلا ترجع إلى جبل عقلك الباطل لئلا تكون من المغرقين في بحر القطيعة ولكن ارجع إلى سفينة الاعتصام بالله، والتوكل عليه. {ومن يعتصم بالله فقد هدي إلى صراط مستقيم}. {ومن يتوكل على الله فهو حسبه}. فإنك إذا فعلت ذلك استوت بك سفينة النجاة على جودي الأمن، ثم تهبط بسلامة القربة، وبركات الوصلة عليك، وعلى أمم ممن معك وهو عوالم وجودك، فافهم ذلك ولا تكن من الغافلين، واعبد ربك ولا تكن من الجاهلين.

ketahuilah, Putra Nabi Nuh as. binasa karena ia mengikuti pengaturannya sendiri dan tidak meridhoi pengaturan Alloh yang dipilihkan untuk Nuh dan para pengikutnya dikapal. Nabi Nuh berkata pada anaknya, “ Anakku, naiklah bersama kami, jangan berkumpul bersama orang-orang kafir”. si anak menjawab, “Aku akan mencari perlindungan kegunung yang dapat menjagaku dari air bah.” Nuh berkata, “Tidak ada yang bisa melindungi hari ini dari siksa Alloh selain Dzat yang maha Penyayang”.

Maknanya, putra Nabi Nuh as. itu mencari perlindungan kepada gunung akalnya. gunung tempat berlindungnya itu menggambarkan keadaan dirinya. Sebagaiman difirmankan Alloh, “Gelombang memisahkankeduanya, sehinggaia termasuk golongan yang tenggelam”. Secara lahir, yang menenggelamkannya adalah banjir. secara batin ia karam karena terhalang dari Alloh. Perhatikan kisah ini dan ambillah pelajaran darinya. Apabila gelombang takdir menujumu, janganlah bersandar pada gunung akalmu yang lemah agar kau tidak termasuk golongan yang tenggelam dalam lautan keterputusan. Tetapi, naiklah ke bahtera perlindungan dan kebergantungan kepada Alloh. Alloh berfirman, “Siapa yang bersandar kepada Alloh, berarti ia telah mendapat petunjuk kejalan yang lurus.” dan, “ Siapa yang bertawakkal kepada Alloh, Dia akan mencukupinya”. Apabila kau patuh, kapal keselamatan akan membawamu berlabuh di bukit keamanan. Kemudian kau, dan orang-orang yang bersamamu, akan mendarat dengan selamat dinegeri qurbah dan tiba didaratan wushul seraya berbakti. itulah alam wujudmu.

Pahamilah hal ini dengan baik dan jangan termasuk golongan yang lalai, Sembahlah Tuhanmu, jangan termasuk golongan yang bodoh.

فقد علمت أن إسقاط التدبير والاختيار، أهم ما يلتزمه الموقنون، ويطلبه العابدون، وأشرف ما يتحلى به العارفون. سألت بعض العارفين ونحن تجاه الكعبة، فقلت له: من أي الناحيتين يكون رجوعك؟ فقال: (لي مع الله عادة أن لا تجاوز إرادتي قدمي).وقال بعض المشايخ: (لو دخل أهل الجنة الجنة، وأهل النار النار، وبقيت أنا ولم يقع عندي تمييز في أي الدارين يكون قراري).

فهذا حال عبد محيت اختياراته وإرادته، فلم يبق له مع الله مراد إلا ما أراد كما قال السلف. (أصبحت وهواي في موقع قدر الله). قال أبو حفص الحداد رحمه الله تعالى: (لي منذ أربعين سنة ما أقامني الله في حال فكرهته ولا نقلني إلى غيره فسخطته). وقال بعضهم: (لي منذ أربعين سنة أشتهي، أن لا أشتهي لأترك ما أشتهي فلا أجد ما أشتهي). فهذه قلوب تولى الله رعايتها، وأوجب حمايتها، ألم تسمع قوله تعالى: {إن عبادي ليس لك عليهم سلطان}. لأن تحققهم بمقام العبودية أبى لهم الاختيار مع الربوبية، وأن يقارفوا ذنبا، وأن يلابسوا عيبا. وقال سبحانه وتعالى: {إنه ليس له سلطان على الذين آمنوا وعلى ربهم يتوكلون}. فقلوب ليس للشيطان عليها سلطان، من أين يطرقها وساوس التدبير؟ أو يرد عليها وجود التكدير؟ وفي الآية بيان أن من صحح الإيمان بالله، والتوكل على الله، فلا سلطان للشيطان عليه، لأن الشيطان إنما يأتيك من أحد وجهين: إما بتشكيك في الاعتقاد، وإما بركون إلى الخلق والاعتماد فأما التشكيك في الاعتقاد: فالإيمان ينفيه وأما السكون إلى الخلق والاعتماد عليهم فالتوكل عليه ينقيه.

Kau telah mengetahui bahwa sikap tidak mengatur dan tidak memilih merupakan keutamaan yang dimiliki Ahlul Yaqin dan yang dituju oleh para hamba. Sikap inilah yang merupakan perhiasan utama para ‘Arif. Aku pernah bertanya pada Seorang ‘Arif dalam perjalanan kami menuju ka’bah, “kemanakah anda akan pulang?” Ia menjawab, “Aku telah terbiasa bersama Alloh dan tidak membiarkan keinginanku mendahului langkah kakiku”.

salah seorang Syeikh berkata, “Seandainya penduduk surga telah dimasukkan kesurga dan penduduk neraka telah digiring ke neraka, kemudian hanya diriku yang tersisa, aku tak bisa menduga, kemana aku akan dibawa”. Itulah keadaan hamba yang tak punya pilihan dan keinginan. keinginannya adalah apa yang Alloh inginkan. Seorang ulama’ salaf mengatakan hal yang serupa, “Pagi ini keinginanku berada dalam ketentuan Alloh”.

Syeikh Abu-Hafsh al-Haddad rohimahulloh, berkata, “Sejak empat puluh tahun yang lalu, tidak pernah Alloh menempatkanku dalam satu keadaan, lalu aku membencinya dan menngalihkan ke keadaan yang lain, alau aku tidak menyukainya”. Seorang Syeikh berkata, “Sejak empat puluh tahun yang lalu, aku ingin untuk tidak berkeinginan dan meninggalkan hasratku sehingga aku tak lagi punya hasrat”. Hati mereka telah dipelihara oleh Alloh swt. dan mereka layak mendapatkannya. Tidakkah kau mendengar firman Alloh, “Kau tidak memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku”. mengapa? karena orang yang telah sampai maqom penghambaanakan pasrah sepenuhnya kepada pilihan Tuhan, dan enggan berbuat dosa, serta tidak mau terjerumus kedalam aib dan kesalahan. Alloh swt, berfirman, “syetan tidak memiliki kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya”.

Hati yang tidak bisa dikuasai syetan tidak mungkin bisa di ganggu dan direcoki oleh godaan untuk mengatur. ayat diatas menjelaskan bahwa orang yang meluruskan keimanannya atu tawakkalnyakepada Alloh niscaya tidak akan bisa dikuasai syetan. pasalnya syetan hanya bisa mengoda dengan dua cara, yaitu, dengan membuat ragu seseorang akan keyakinannya, atau dengan membuatnya bergantung kepada makhluk. upaya untuk meragukan keyakinan bisa dibentengi dengan keimanan, sedang sikap cenderung dan bergantung kepada makhluk bisa dibentengi dengan tawakkal kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar