Rabu, 17 November 2021

Bab 4a. KAROMAH YANG PALING UTAMA Dan TAQORRUB YANG AGUNG.

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ



Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir

Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


Bab 4a. KAROMAH YANG PALING UTAMA Dan TAQORRUB YANG AGUNG.

أفضل الكرامات وأجل القربات

فقد تبين لك من هذا أن التدبير والاختيار، من أشد الذنوب والأوزار. فإذا أردت أن يكون لك من الله اختيار فاسقط معه الاختبار، وان أردت أن يكون لك حسن التدبير فلا تدع معه وجود التدبير وان أردت الوصول إلى المراد، فذلك بأن لا يكون معه مراد ولذلك لما قيل لأبي يزيد ما تريد؟ قال: (أريد أن لا أريد). فلم تكن أمنيته من الله، ولا طلبته منه إلا سقوط الإرادة معه، لعلمه أنها أفضل الكرامات وأجل القربات. وقد يتفق للمخصص الكرامات الظاهرة، وبقايا التدبير كامنة فيه. فالكرامة الكامنة الكاملة الحقيقية، إنما هي: ترك التدبير مع الله، والتعويض لحكم الله. ولذلك قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله تعالى: إنما هما كرامتان جامعتان محيطتان.

كرامة الإيمان لمريد الإيقان، وشهود العيان، وكرامة العمل على الاقتداء والمتابعة ومجانبة الدعاوى والمخادعة. فمن أعطيهما ثم جعل يشتاق إلى غيرهما فهو عبد مفتر كذاب وخطأ بالعلم والعمل بالصواب وكل كرامة لا يصحبها الرضا من الله تعالى وعن الله فصاحبها مستدرج مغرور، أو ناقص، أو هالك مثبور.

فاعلم أن الكرامة لا تكون كرامة حتى يصحبها الرضا عن الله، ومن لازم الرضا عن الله، ترك التدبير معه، وإسقاط الاختيار بين يديه.





Uraian sebelumnya telah menjelaskan bahwa sikap ikut mengatur dan memilih termasuk dosa besar. Apabila kau ingin dipilihkan oleh Alloh, maka berhentilah memilih bersama-Nya. jika kau ingin mendapatkan pengaturan yang baik dari Alloh, maka jangan ikut mengatur. dan jika kau ingin meraih yang kau inginkan, maka pasrahlah menurut keinginan-Nya. karena itu ketika Syeikh Abu Yazid ditanya, “apakah keinginnanmu?” ia menjawab, “Aku ingin tidak punya keinginan”.

ia senantiasa menginginkan dan memohonkan kepada Alloh sirnanya keinginannya, untuk kemudian bergerak bersama-Nya. sebab ia mengetahui bahwa sirnanya keinginan merupakan karomah yang paling mulia dan bentuk taqorrub yang paling agung.

Banyak orang yang punya karomah lahiriyah, namun mereka masih punya keinginan untuk ikut mengaturbersama-Nya. Sementara karomah yang rahasia, paling sempurna, dan hakiki adalah tidak ikut mengatur bersama Alloh, serta pasrah kepada keputusan-Nya. 

Karena itu, Syeikh Abu al-Hasan rohimahu-lloh berkata, “Hanya ada dua karomah dan keduanya saling berkaitan yaitu, Karomah Iman dengan bertambahnya keyakinan dan penyaksian langsung, serta Karomah Amal dengan mengikuti Nabi seraya menjauhi pengakuan palsu dan tipu daya. Orang yang dianugerahi keduanya namun masih menginginkan yang lainnyaberarti pendusta atau ilmu danamalnya salah. orang yang memiliki karomah namun tidak disertai keridhoan Alloh. dan ridho kepada-Nya, berarti tertipu , cacat dan celaka”.

 Jadi, Karomah mesti disertai sikap ridho kepada Alloh. Dan orang yang ridho kepada Alloh tidak akan ikut mengatur serta memilih bersama-Nya.

واعلم أنه قد قال بعضهم: (إن أبا يزيد رحمه الله، لما أراد أن لا يريد، فقد أراد). وهذا قول من لا معرفة عنده، وذلك: لأن أبا يزيد إنما أراد أن لا يريد. لأن الله تعالى اختار له وللعبد أجمع، عدم الإرادة معه، فهو في إرادته أن لا يريد، موافق لإرادة الله تعالى، ولذلك قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله تعالى: (وكل مختارات الشرع وترتيباته، ليس لك منها شيء واسمع وأطع. وهذا موضع الفقه الرباني والعلم اللدني، وهو أرض لتنزل علم الحقيقة المأخوذ عن الله لمن استوى.

فأفاد الشيخ بهذا الكلام: أن كل مختار للشرع ولا يناقض اختياره مقام العبودية المبني على ترك الاختيار، لئلا ينخدع عقل قاصر عن درك الحقيقة بذلك، فيظن أن الوظائف والأوراد، ورواتب السنن، وإدارتها، ويخرج بها العبد عن صريح العبودية، لأنه قد اختار.

فبين الشيخ رحمه الله تعالى، أن كل مختارات الشرع، وترتيباته ليس لك منها شيء، وإنما أنت مخاطب أن تخرج عن تدبيرك لنفسك، واختيارك لها، لا عن تدبير الله ورسوله لك، فافهم.

Ketahuilah, ada orang yang berkata(komentar), “Ketika syeikh Abu Yazid rohimahulloh berkeinginan untuk tidak punya keinginan, berarti ia menginginkan”. ucapan semacam itu bukanlah ucapan orang yang bermakrifat. pasalnya, syeikh Abu Yazid ingin untuk tidak punya keinginan, karena Alloh swt telah memilihkan untuknya dan untuk seluruh hamba . sirnanya keinginan bersama-Nya. yang di inginkannya adalah tidak punya keinginan sesuai yang diinginkan Alloh swt untuknya.

Karena itu, Syeikh Abu Al-Hasan ra. berkata, “ Kau tidak punya sedikitpun saham terhadap semua yang dipilihkan dan disusun oleh syari’at. kewajibanmu hanyalah mendengarkan dan mentaati. Disinilah letak pemahaman Robbani dan ilmu ladunni, inilah tempat turunnya ilmu hakikat bagi orng yang benar yang bersumber dari Alloh”. Ucapan syeikh itu menjelaskan bahwa menjalani pilihan syari’at sama sekali tidak bertentangan dengan maqom penghambaan yang didasarkan atas dikap tidak memilih. orang yang lemah akal tidak bisa memahami hal ini dan tertipu karena mengira bahwa rangkaian wirid dan berbagai amalan sunnah bertentangan dengan hakikat penghambaan(karena dengan menjalani semua itu berarti ia telah memilih). Syeikh Abu Al-Hasan ra. Menerangkan bahwa setiap pilihan dan ketetapan syari’at tidak memberikan ruang bagi pilihan dan pemikiran hamba. Kau diperintah untuk keluar dari pengaturan dan pilihanmu atas dirimu, bukan keluar dari pengaturan Alloh dan Rosul-Nya untukmu. Pahamilah dengan seksama.

فقد علمت إذا أن أبا يزيد ما أراد أن لا يريد إلا لأن الله تعالى أراد منه ذلك. فلم تخرجه هذه الإرادة، عن العبودية المقتضاة منه، فقد علمت أن الطريق الموصلة إلى الله تعالى هي محور الإرادة ورفض المشيئة حتى قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله تعالى: (لن يصل الولي إلى الله، ومعه تدبير من تدبيراته، واختيار من اختياراته). وسمعت شيخنا أبا العباس رحمه الله تعالى يقول: (ولن يصل العبد إلى الله تعالى، حتى تنقطع عنه شهوة الوصول إلى الله تعالى).؟ يريد والله أعلم: أن تنقطع عنه انقطاع أدب، لا انقطاع ملل. أو لأنه يشهد إذا قرب إبان وصوله، عدم استحقاقه لذلك، واستحقاره لنفسه أن يكون أهلا لما هنالك، فتنقطع عنه شهوة الوصول لذلك، لا مللا، ولا سلوا، ولا اشتغالا عن الله تعالى بشيء دونه.

Kini kau mengetahui bahwa syeikh Abu Yazid ingin tidak punya keinginan karena Alloh swt. menginginkan halitu dari-Nya. Keinginannya itu tidak bertentangan dengan maqom penghambaan. Kau telah mengetahui bahwa jalan menuju Alloh swt. adalah melenyapkan keinginan dan kehendak.

Syeikh Abu Al-Hasan ra. menegaskan, “Seorang wali tidak akan sampai kepada Alloh jika masih ingin mengatur dari aturan-Nya dan memilih dari pilihan-Nya”. dan aku mendengar guru kami Syeikh Abu al-Abbas rohimahulloh berkata, “Seorng hamba tidak akan sampai kepada Alloh swt. sebelum hasrat untuk sampai kepada Alloh itu terputus darinya”. Mungkin yang dimaksud terputus disini adalah terputus secara adab, bukan karena bosan. atau mungkin, ketika ia semakin dekat menuju titik sampai, ia merasa tidak layak mendapatkan posisi itu dan merasa tidak pantas untuk sampai kesana sehingga sirnalah hasrat untuk sampai. jadi bukan karena bosan, lupa, atau sibuk dengan sesuatu yang lain sehingga lalai dari-Nya.

فإذا أردت الإشراق والتنوير فعليك بإسقاط التدبير، واسلك إلى الله كما سلكوا، تدرك ما أدركوا.

أسلك مسالكهم وانهج مناهجهم وألق عصاك فهذا جانب الوادي ولنا في هذا المعنى في ابتداء العمر، ما كتبت به لبعض أخواني:

أيا صاح هذا الركب قد سار مسرعا *** ونحن قعود ما الذي أنت صانع

أترضى بأن تبقى المخلف بعدهم *** صريع الأماني والغرام منازع

وهذا لسان الكون ينطق جهرة *** بأن جميع الكائنات قواطع

وأن لا يرى السبيل سوى امرئ ** رمى بالسوء لم تختدعه المطامع

ومن أبصر الأشياء والحق قبلها *** فغيب مصنوعا بمن هو صانع

بواده أنوار لمن كان ذاهبا *** وتحقيق أسرار لمن هو راجع

فقم وانظر الأكوان والنور عمها *** ففجر التداني نحوك اليوم طالع

وكن عبده والق القياد لحكمه *** وإياك تدبيرا فما هو نافع

أتُحْكِم تدبيرا وغيرُك حاكمٌ *** أأنت لأحكام الإله تنازع

فمحو إرادة وكل مشيئة *** هو الغرض الأقصى فهل أنت سامع

كذلك سار الأولون فأدركوا *** على إثرهم فليسر من هو تابع

على نفسه فليبك من كان طالبا *** وما لمعت ممن يحب لوامع

على نفسه فلبيك من كان باكيا *** أيذهب وقت وهو باللهو ضائع

Apabila kau ingin mendapatkan pencerahan dan penerangan, maka berhentilah mengatur dan titilah jalan menuju Alloh seperti mereka(Syeikh Abu Al-Hasan dan Syeikh Abu al-Abbas rohimahumalloh). dengan begitu kau akan mendapatkan apa yang mereka dapatkan. ikuti jalan dan cara mereka, lemparkan tongkatmu. kau telah tiba disisi lembah. Tentang hal ini, aku menulis sebuah syair untuk murid-muridku:

“ Cepatlah bangun . mereka telah berangkat dengan cepat** dan kita hanya duduk disini apa yang sedang kau lakukan?

kau rela mereka pergi dan kau ditinggal dibelakang**sebagai korban mimpi dan hasrat yang tak pernah padam.

Dengar suara alam menyerumu dengan antang**mengabarkan bahwa seluruh semesta telah tenggelam.

Hanya dia yang bisa melihat permukaan jalan**Dia yang berjalan lurus tak tertipu ketamakan

Dia melihat yang haq dibalik segala sesuatu**segala ciptaan sirna, tinggallah Sang Pencipta.

Dilembah-Nya cahaya menerangi mereka yang pergi**dan mewujudkan segala rahasia mereka yang kembali.

Bangunlah, lihat semesta dan cahaya yang meliputinya**kini,fajar kedekatan telah terbit dan bergerak padamu.

Jadilah hamba-Nya, lemparkan kendali kepada hukum-Nya**jangan ikut mengtur karena pengaturan takkan berguna.

Kenapa kau mengatur padahal selainmulah yang memutuskan**atau, mungkinkah kau berhasrat menentang keputusan Tuhan.

Melenyapkan semua ingin dan kehendak adalah tujuan utama**apakah kau mendengar?

Itulah kehidupan generasi terdahulu**pilih mereka sebagai teladan, jika kau mau,ikutilah jalan itu.

Siapa yang mengikuti nafsunya, tangisilah dirimu**sinarmu padam ketika mereka bersinar terang.

Merataplah, dan menangislah sepanjang zaman**waktu bergerak, kau karam dalam kesia-siaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar