AQABAH 5. TAHAPAN PENDORONG
Terjemahan kitab minhahul ambidin (imam gazhali)
Untuk selanjutnya, kita harus terus berjalan pada jalan yang lurus. Sebab,
sudah tidak ada lagi halangan dan rintangan. Selanjutnya, kita resapi rasa takut dan
harapan itu dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan batas-batasnya.
Rasa takut wajib selalu dipegang karena dua sebab:
Pertama, Mencegah perbuatan maksiat. Sebab, hawa nafsu senantiasa
memerintahkan perbuatan kejahatan, dan selalu menggoda. Tidak henti-hentinya
berbuat demikian, kecuali dibuat takut dan diancam. Nafsu tidak mempunyai tabiat
baik. Ia tidak malu berbuat apa saja yang bertentangan dengan kesetiaan dan
kecintaan.
Sebagaimana dikatakan seorang penyair:
Hamba yang bandel (hawa nafsu) dipukul dengan tongkat, tetapi
orang baik, cukup menggunakan kata-kata.
Nafsu harus dilecut dengan cambuk takhwif (yang membuat ia takut). Baik
dengan ucapan, dengan perbuatan dan pikiran, sebagaimana diceritakan seorang
saleh:
Pada suatu hari, nafsu mengajak berbuat maksiat. Kemudian ia keluar dari
rumah. Selanjutnya, ia membuka baju dan berguling-guling di padang pasir yang
sedang terik-teriknya, seraya berkata, "Rasakan olehmu. Panasnya api neraka
jahannam melebihi panasnya padang pasir ini. Pada malam hari, engkau menjadi
bangkai, dan pada siangnya menjadi pemalas."
Kedua, agar tidak dihinggapi sifat ‘ujub (sombong), dengan ketaatan yang -
dapat dikerjakan. Sebab, jika sampai bersifat ‘ujub, maka akan celaka.
Dan untuk menghantam nafsu diperlukan celaan, diaibkan, diterangkan segala
kekurangannya, serta keburukan-keburukan dirinya, dosa-dosa dan macam-macam
bahayanya.
Rasulullah SAW. bersabda:
Seandainya aku dan Nabi Isa dihukum oleh Allah lantaran
perbuatan yang kami lakukan, pasti kami disiksa dengan siksaan yang
tidak pernah ditimpakan kepada orang lain dan seluruh alam semesta.
Imam Hasan Bashri mengatakan, "Salah seorang di antara kita pasti merasa
tidak aman dari berbuat suatu dosa. Kemudian dosa itu menutup pintu ampunan
dari Tuhan. Dengan demikian, percuma ia beramal, sebab baginya tertutup pintu
ampunan."
Jadi, perbuatan dosa yang tidak segera ditangkal dengan taubat, bisa
mengakibatkan tertutupnya pintu ampunan.
Imam Abdullah ibnu Mubarak pernah mencela dirinya sendiri, dengan katakata, "Hai diriku, ucapanmu seperti orang yang berzuhud. Tetapi, perbuatanmu
adalah perbuatan orang munafik. Apakah engkau juga mengharapkan surga? Hal itu
jauh sekali bagi dirimu! Surga adalah tempat orang-orang lain yang tidak seperti
engkau. Para ahli surga banyak amalannya, tidak seperti amalmu, wahai diriku!"
Ucapan-ucapan para Imam 'itu selayaknya senantiasa diulang-ulang untuk
memperingatkan hawa nafsu, dan agar tidak timbul sifat ‘ujub, serta agar tidak
terjerumus dalam perbuatan maksiat.
Kita mengharapkan raja' dikarenakan dua sebab:
1. Guna membangkitkan keinginan taat. Karena, mengerjakan kebaikan Itu berat,
dan setan selalu mencegahnya. Demikian pula hawa nafsu, senantiasa
mendorong kepada perbuatan Jahat. Sedangkan pahala karena taat tidak
tertangkap oleh mata. Dan Jalan guna memperoleh pahala masih jauh.
Taat merupakan sikap yang sangat sukar dan berat. Sehingga, nafsu pun
tidak menyukainya, bahkan tidak ada sama sekali niat berbuat demikian. Dalam
menghadapi hal ini harus dihadapi dengan mengharapkan rahmat Allah dan
pahala-Nya.
Guru kami, Abu Bakar al-Warraw mengatakan, "Kesedihan yang sangat
dapat menghilangkan nafsu makan. Rasa takut yang sebenarnya dan menahan
diri dari perbuatan dosa, adalah adanya pengharapan dan keinginan untuk taat.
Dan selalu mengingat maut dapat menghilangkan keinginan terhadap barang
yang tidak perlu."
2.Agar tidak merasakan kepayahan dan kesusahan dalam menanggung
penderitaan, serta kelelahan dalam beribadah. barangsiapa telah mengetahui
kebaikan sesuatu yang menjadi tujuan, maka dalam memperjuangkannya akan
terasa rmgan. Selain itu sanggup menanggung kepayahan dalam mencapainya,
serta tidak perduli adanya berbagai rintangan.
Barangsiapa menyukai sesuatu, harus rela dan sanggup menanggung
kepayahannya, dan berkeyakinan bahwa dengan kesulitan dan kesusahan itu
akan mendapatkan kelezatan dan kenikmatan. Seperti misalnya. pengusaha
madu. Ia tidak perduli dengan adanya lebah yang suatu waktu menyengatnya.
Demikian pula orang-orang yang beri bah dengan sungguhsungguh. Tatkala
mengingat pahala dan balasan Allah berupa surga dengan segala kenikmatan dan
kelezatannya, maka mereka merasa rmgan dalam beribadah. Meskipun, harus
menanggung kepayahan dan kelelahan serta mengurangi kenikmatan dunia.
Ada riwayat mengatakan, bahwa sahabat-sahabat Sayyidina Sufyan ats-Tsauri
khawatir atas keadaan beliau yang selalu takut, tetapi bersungguh-sungguh dalam
beribadah sehingga beliau lupa memelihara badan dan pakaiannya. Maka, mereka
berkata kepada beliau. "Wahai Ustadz, jika engkau tidak sepayah ini, niscaya akan
tercapai apa-apa yang engkau cari (tuju). Insya Allah."
Jawab Sayyidina Sufyan, "Bagaimana aku tidak bersungguh-sungguh. sebab aku
telah mendengar keterangan bahwa di saat ahli surga berada pada tempat masingmasing, datanglah cahaya yang menerangi surga (delapan tingkat) itu. Kemudian,
mereka bersujud, sebab dikiranya cahaya itu dari Tuhan.
Lantas. mereka diperintahkan bangkit dari sujud. karena cahaya itu bukan dari
sisi Tuhan, melainkan dari seorang wanita surga yang sedang tersenyum kepada
suaminya."
Kemudian, Sayyidina Sufyan menggubah sebuah syair:
Orang yang menginginkan masuk surga, tidak merasakan payah
menanggung kepedihan dan kesempitan.
Ia tampak mengunjungi sebuah masjid, tetapi hatinya diliputi
kesedihan dan ketakutan. kecemasan dan kesederhanaan.
Wahai nafsu! Engkau niscaya tidak akan kuat dengan nyala api,
saatnya sudah dekat engkau menghadap, setelah lama membelakangi.
Kesimpulan: Urusan ibadah berkisar pada dua hal. Pertama, taat, dan kedua,
menjauhi maksiat.
Keduanya tidak akan berjalan lancar selama nafsu masih melekat. Dan untuk
mengatasinya adalah dengan targhib dan tarhib, yakni penuh harapan dan takut.
Ibarat kuda tunggangan binal yang harus dituntun dan digiring dari belakang. Dan
jika membelot ke tempat yang membahayakan, harus dicambuk hingga ia bangkit
kembali.
Demikian pula anak kecil yang nakal. la tidak akan belajar kecuali diberi
harapan oleh orang tuanya atau takut kepada gurunya.
Demikian halnya dengan hawa nafsu. la seperti binatang binal yang terperosok
ke dalam kecintaan dunia. Baginya, takut adalah cemeti, sedangkan harapan sebagai
makanan. Sehingga, apabila hendak mengajak hawa nafsu pada ibadah dan takwa,
harus diberi harapan surga dan pahala, serta ditakut-takuti dengan siksa dan neraka.
Oleh karenanya, orang yang hendak beribadah hendaknya membiasakan diri
mengingatkan nafsunya dengan dua hal tersebut. Jika tidak, maka nafsu tidak bakal
mau diajak beribadah.
Beberapa ayat al-Qur'an menyebutkan, bahwa Allah menjanjikan memberi
pahala kepada yang taat berupa pahala yang melimpah: Dan ancaman Allah adalah
bagi orang yang durhaka dengan siksa yang teramat berat dan pedih.
Jika harapan dan rasa takut itu telah dimiliki, maka ia akan lancar dalam
beribadah, jauh dari kepayahan dan masyaqat.
Raja' dan khauf, menurut ulama sufi berarti kembali kepada bagian khawatir,
yakni hal-hal yang belum dapat diketahui dengan pasti. Adapun yang dapat dicapai
seseorang hanyalah mukaddimab (pendahuluannya).
Sedangkan menurut ulama kita, khauf adalah suatu getaran dalam hati tatkala
ada perasaan akan menemui hal-hal yang tidak disukai. Demikian pula khasyyah
(takut).
Perbedaan antara khauf dan khasyyah ialah: khasyyah disertai perasaan
mengagungkan dan kagum, seperti takut kepada Allah.
Adapun lawan khauf, ialah berani atau merasa aman. Tetapi yang paling tepat,
lawan takut adalah berani.
Takut kepada Allah artinya takut akan siksa-Nya akibat berbuat maksiat.
Menghindarinya yaitu menjauhi maksiat.
Kata ulama selanjutnya, bahwa yang dimaksud dengan takut bukan berarti
seseorang harus selalu menangis. Tetapi, orang yang benar-benar takut ialah
meninggalkan perbuatan yang dilarang Allah.
Allah Ta'ala berfirman:
" tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang
beriman. (Ali Imran ; 175).
Dengan demikian, berarti kbau]: merupakan syarat iman. Yakni, seseorang
dikatakan tidak beriman jika tidak takut kepada Allah SWT.
Adapun M.ukaddimah (pendahuluan) khauf terdiri dari empat hal:
1. Mengingat segala dosa yang telah diperbuat, .serta banyaknya musuh
yang membawa kita pada kezhahman. Sedangkan kita tidak dapat lepas
darinya, dan terus-menerus mengikutinya hingga kini.
2. Mengingat beratnya siksa Allah bagi orang-orang durhaka, dan kita tidak
akan kuat menanggungnya.
3. Senantiasa sadar akan kelemahan diri dalam menanggung pedihnya siksa.
4. Selalu ingat akan Kekuasaan Allah terhadap diri kita. Dia dapat berbuat
apa saja sesuai dengan kehendak-Nya, kapan saja Dia menghendaki.
Syaikh Sahal mengatakan, "Sempurnanya iman seseorang itu dengan ilmu. Dan
sempurnanya ilmu adalah dengan .rasa takut. Belum cukup iman seseorang jika
tanpa ilmu. Dan tidak cukup ilmu seseorang jika tidak disertai perasaan takut."
Allah 'Azza wa J alla berfirman:
.....Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hambahamba-Nya, hanyalah ulama (orang-orang yang mengetahui kebesaran
dan kekuasaan Allah) .... (Fatbir : 28).
Orang yang takut selain kepada Allah, kelak di saat masuk hang lahat, segala
yang ditakutinya itu akan datang ke dalam kuburnya dan mengganggu serta
menyakitinya hingga hari kiamat.
Daigham ar-Rasiby mengatakan, "Saya menyesal, empatpuluh tahun sudah
saya menangisi dosa yang saya perbuat. Yaitu, pada suatu hari saya membeli ikan
untuk menjamu tamu. Setelah mereka makan, saya mengambil segenggam tanah
dari pekarangan rumah tetangga tanpa seizin empunya. Tanah itu aku maksudkan
untuk membersihkan tangan."
Sedangkan raja' (mengharap) ialah bersenang hati karena mengenal Tuhan,
dari lapang pikirnya karena yakin akan lapangnya rahmat Allah.
Lawan raja' adalah putus asa dari rahmat Allah dan berhenti mengingat Allah.
Hal itu benar-benar maksiat.
Al-Ustadz Abul Qasim al-Qusyairi mengatakan "Raja" adalah tempat
bergantungnya hati terhadap apa yang disukai, dan akan berhasil pada waktu
kemudian. Dengan raja', hati menjadi. hidup. Lain halnya dengan tamanni
(melamun). Tamanni menimbulkan sifat malas.
Syaikh al-Karmany mengatakan, "Tanda-tanda raja' yaitu taat. "
Yang berlaku di dunia ini, ibarat seseorang menanam benih yang baik pada
tanah yang subur, kemudian menyiramnya. Perbuatan Itu merupakan raja' yang
kuat. Kebalikannya, ibarat seseorang menanam benih berkualitas rendah pada tanah
gersang dan tidak disiram. Kemudian ia mengatakan, "Allah Kuasa
menumbuhkannya, mudah-mudahan tumbuhan ini tumbuh.” Ucapan itu benar,
akan tetapi raja'-nya kurang tepat, karena la mengabaikan kebiasaan yang telah
diperintahkan Allah kepada makhluk-Nya.
Ibnu Khubaiq membagi raja' menjadi tiga bagian:
1. Seseorang berbuat kebaikan, kemudian berharap agar diterima. Ini raja'
yang benar.
2. Seseorang melakukan keburukan, kemudian bertaubat dan mengharapkan
ampunan-Nya. Ini pun termasuk raja.
3. Seseorang senantiasa berbuat dosa dan enggan bertaubat. Kemudian ia
berkata, "Mudah-mudahan Allah mengampuniku. " Ini tidak termasuk
raja.
Yang paling tepat, jika seseorang merasa banyak berdosa, maka perasaan
takutnya harus lebih besar daripada pengharapannya. Karena, dengan takutnya itu
ia hendak bertaubat. Dan setelah bertaubat, ia raja '.
Bagi seseorang yang tidak dapat menahan putusan, wajib baginya raja '.
Mukaddimah raja' ada empat:
1. Senantiasa mengingat karunia Allah yang telah kita rasakan. Sedangkan
datangnya itu tanpa campur tangan dan bantuan kita.
2. Senantiasa janji Allah mengenai pahala yang berlimpah, kasih sayang-Nya
yang besar menurut karunia dan kemurahan-Nya. Bukan berarti hak kita
itu berasal dari amalan kita. Sebab, jika pahala menurut amalan, alangkah
kecil dan sedikit!
3. Selalu mengingat pemberian Allah yang sangat besar, baik dalam urusan
agama maupun kebutuhan dunia. Pertolongan dan kasih sayang-Nya,
bukan karena kita mempunyai hak.
4. Selalu mengingat luas dan besarnya rahmat Allah. Juga mendahulukan
rahmat daripada murka-Nya, dan senantIasa ingat bahwa Allah Maha
Pengasih, Maha Penyayang, Mahakaya, Maka Pemurah, dan mengasihani
hamba-hamba-Nya yang Mu 'min .
Allah SWT. menyediakan seratus nikmat. Yang satu diturunkan
ke dunia dinikmati seluruh makhluk, termasuk jin, burung-burung dan
binatang kecil. Dengan nikmat yang satu Itu mereka salIng
mengasihi, sehingga tenteram hidupnya Sedangkan yang sembilanpuluh
sembilan disimpan guna dlberikan hanya kepada hamba-hamba-Nya
yang Mu'min pada hari kemudian.
Ibnu Abbas meriwayatkan turunnya satu ayat:
..... dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu .... (al-A'raf
156).
Kemudian turun lagi ayat:
... Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-oran yang
bertakwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman
kepada ayat-ayat Kami. (al-A'raf: 156).
Dengan turunnya ayat itu, maka habislah harapan setan. Akan tetapi, Nasrani
dan Yahudi masih mempunyai harapan. Mereka mengatakan "Kami umat yang
takwa dan patuh kepada Tuhan; suka memberi zakat dan beriman kepada ayat-ayat
Tuhan
Kemudian turun lagi ayat:
(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi ....
(al-A'raf: 157).
Setelah turun ayat itu, habis pula harapan Nasrani dan Yahudi. karena rahmat
yang dijanjikan itu hanya untuk orangorang Mu 'min!
Oleh karenanya, kaum Muslimin wajib bersyukur atas belas-kasih Allah yang
telah memberikan nikmat berupa iman.
Syaikh Yahya bin Mu'adz berdoa: "Ya Allah, jika pahalaMu hanya diperuntukkan
bagi orang-orang yang taat, dan rahmat-Mu hanya disediakan untuk orang-orang
yang berdosa, maka saya ini termasuk orang yang berdosa, dan saya tetap
mengharapkan rahmat-Mu. Berilah saya rahmat-Mu, ya Allah."
Dan tanda-tanda raja' ialah banyak membaca ayat-ayat al-Qur'an, rajin
mengerjakan shalat wajib dan tahajjud, serta rela membelanjakan hartanya untuk
kepentingan umum yang diridhai Allah, dan banyak berdoa kepada Allah SWT. Selain
itu, merasa lapang hatinya di kala mengingat Allah, bertemu dengan ulama, dan
hilang rasa bingungnya ketika berdampingan dengan para ahli kebajikan, serta
gemar tolong menolong dalam berbuat kebaikan dan takwa.
Jika seseorang senantiasa demikian, maka ia dapat memiliki kbauf dan raja'
sedalam-dalamnya .
Maka, wajib bagi kita menempuh tahapan pendorong ini dengan penuh hatihati. Sebab, tahapan ini sangat sulit dan banyak mengandung bahaya, dikarenakan
berada di antara dua jurang yang menakutkan dan mematikan, yakni merasa aman
dari murka Allah dan putus asa.
Dan raja' serta khauf berada di antara kedua itu. Jika seseorang hanya
mementingkan raja', niscaya akan jatuh ke jurang "merasa aman dari murka Allah".
Sedangkan orang-orang yang tidak takut kepada Allah, hanyalah orang-orang yang
merugi. Dan jika hanya mementingkan khauf, niscaya ia akan jatuh ke jurang "putus
asa", dan hanya orang kafir-lah yang berputus asa dari rahmat Allah.
Jalan yang paling lurus adalah menghimpun raja' dan khauf. Jalan yang itempuh
para wali Allah dan orang-orang pilihan, seperti yang disebutkan dalam sebuah ayat:
.... Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu
bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan
mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka
adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami tal-Anbiya' : 90).
Dengan begitu, tahapan ini terdapat tiga jalan:
1. Merasa aman dan berani.
2. Berputus asa.
3. Khau! dan raja '.
Jika seseorang terpeleset dari salah satunya, celakalah ia. Adapun orang yang
senantiasa mengingat Allah, luas rahmat-Nya, karunia-Nya, kasih sayang-Nya, ia
akan merasa aman dari murka Allah.
Dan akan hilang raja' seseorang manakala ia hanya mengingat bahwa Allah
Mahakuasa, Maha Mengatur, serta sangat teliti menghisab wali-wali-Nya dan orangorang pilihan-Nya.
Maka, hendaknya melaksanakan keduanya, mengharapkan rahmat Allah.
Sebab, ibadah kita sangatlah sedikit, sedangkan kita takut akan siksa-Nya, karena
Allah Mahakuasa. Memang, untuk menempuh jalan ini cukup sukar, tetapi inilah
jalan yang paling selamat dan nyata. Jalan ini membawa kita kepada ampunan dan
ihsan.
... sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut
dan harap.... (al-Anbiya': 90).
Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk
mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan
pandangan mata sebalfai balasan terhadap apa yang telah mereka
kerjakan. (as-Saidah : 17) .
Rasulullah SAW, bersabda Allah telah berfirman:
Allah. Tabaraka wa Ta'ala mengatakan "Aku sudah menyediakan
untuk hamba-Ku yang saleh apa saja yang tidak bisa dilihat (selama)
di dunia, dan tidak bisa didengar (selama) di dunia, dan tidak
terbayang oleh bati mereka".
Perhatikan baik-baik keterangan di atas. Kemudian, bersiap- siaplah menempuh
jalan baik ini, meskipun sukar. Sebab, jalan ini tidak bisa ditempuh dengan mudah.
Tidak akan tercapai tujuan tersebut, kecuali senantiasa memperhatikan hal
yang tiga di atas, dan memperhatIkan hal- hal di bawah ini:
1. Memperhatikan perintah dan larangan Allah.
2. Memperhatikan af’al Allah dalam hal beri balasan dengan siksa, dan dalam
memaafkan.
3. Memperhatikan balasan Allah pada hari kiamat kelak, berupa pahala bagi
yang taat, dan Siksa bagi yang berbuat maksiat.
Jika para pembaca menginginkan rincian dan penjelasan secara panjang lebar
mengenai ketiga 'pokok ini,. bacalah buku penyusun yang lain, yakni buku Tanbibul
Ghafilin. Sedangkan dalam Kitab "Minhajul 'Abidin" ini, penyusun hanya
akanmemberikan keterangan sekadarnya, yang sekiranya dapat membawa kepada
tujuan. Insya Allah.
Pokok pertama:
Firman Allah mengenai perintah berbuat baik dan larangan berbuat maksiat:
'" janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah .... (azZumar : 53).
Ayat ini turun dikarenakan adanya beberapa orang yang telah banyak
melakukan kejahatan, pembunuhan, berzina, dan menumpuk perbuatan haram.
Mereka itu datang kepada Rasulullah SAW. dan berkata, "Ya Muhammad, j ika
dalam agama yang engkau bawa terdapat keterangan mengenai penghapusan dosa
yang telah kami perbuat, alangkah baiknya."
Maka, turunlah ayat yang menerangkan bahwa orang-orang yang telah
melakukan banyak dosa tetapi kemudian bertaubat, sehingga tidak sampai musyrik,
maka mereka akan diampuni dan dijadikan orang baik. Kemudian turunlah ayat
berikut ini:
Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas
terhadap diri mereka sendiri, :ianganlah kamu berputus asa dari
rahmat Allah .... (az-Zumar : 53).
Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW. mengajak Wahsyi masuk Islam.
Maka ia menjawab, "Bagaimana aku dapat masuk Islam, sedangkan dalam agamamu
menerangkan bahwa siapa saja yang membunuh, musyrik, atau berzina, maka ia
akan mendapatkan siksa berlipat ganda. Padahal aku telah mengerjakan semua itu."
Kemudian turun ayat berikut:
... kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh .... (al-Furqan : 70).
Wahsyi menjawab, "Ini syarat berat yang mungkin-aku tidak mampu
melaksanakannya. Adakah selain itu?"
Maka turun ayat berikut:
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syrik) itu, bagi siapa yang
dikehendaki-Nya .... (an-Nisa: 48).
Kata Wahsyi, "Sekarang aku menjadi ragu. Dapatkah dosaku yang banyak itu
diampuni?"
Dan turunlah ayat berikut:
Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas
terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari
rahmat Allah .... (az-Zumar : 53).
Kata Wahsyi, "Inilah yang aku tunggu." Maka ia pun masuk Islam!.
Syaikhani dari Abu Sa'id al-Khudry meriwayatkan bahwa Nabi SAW.
menerangkan:
Ada seorang Bani Israil telah membunuh se banyak sembilanpuluh sembilan
kali. Kemudian ia bertanya kepada seorang pendeta "Apakah dosaku dapat
diampuni?" Jawab pendeta, "Tidak 'bisa, karena dosamu terlalu banyak!" Maka
pendeta itu pun ia bunuh. Berarti genap sudah ia membunuh seratus jiwa!
Kemudian ia bertanya, di mana terdapat orang yang lebih pintar. Kemudian ia
diantarkan kepada seorang alim. Lantas ia bertanya seperti pertanyaan tadi. Jawab
orang alim, "Tentu saja kau diampuni. Tidak ada sesuatu pun yang menghalangi
taubatmu. " Kata orang alim selanjutnya, "Kini pergilah engkau ke suatu negeri, di
mana· terdapat orang-orang yang sedang beribadah kepada Allah. Ikutilah mereka,
dan jangan kembali ke tempat asalmu. Sebab, di sana banyak kejahatan."
Berangkatlah orang itu' ke negeri yang dimaksudkan oleh orang alim tersebut.
Tetapi, di tengah perjalanan, orang itu meninggal. Lalu datanglah dua malaikat,
malaikat rahmat dan malaikat adzab.
Malaikat adzab berkata, "Ini tugasku, karena orang ini banyak berbuat
maksiat."
Malaikat rahmat menyahut, "Memang benar, tetapi ia telah bertaubat dan
akan beribadah pada negeri yang dituju."
Kata malaikat adzab, "Hal itu benar, tetapi ia belum sampai ke tujuan dan
belum melaksanakannya."
Pada saat mereka berdebat sengit, datanglah Malaikat membawa perintah agar
perjalanannya diukur. Setelah diukur, ternyata ia lebih dekat ke tempat tujuan,
dengan perbedaan hanya satu jengkal. Maka, masuklah ia dalam urusan malaikat
rahmat, yakni termasuk golongan orang baik.
Ayat-ayat tentang raja' (harapan):
......Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya ....
(az-Zumar : 53).
.....dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada
Allah .... ? (Ali Imran: 135).
Yang mengampuni dosa. dan Menerima taubat.,.. (al-Mu'min :
3).
Dan Dia-lah yang menerima taubat dari hamba-hambat-Nya dan
memaafkan kesaLahan-kesalahan.... (asy-Syura : 25).
......Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang ....
(al-An'am : 54).
.....dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu .... (aL-A'raf :
156)
......Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang
yang bertakwa .... (al-A’raf : 156).
......Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih Lagi Maha
Penyayang kepada manusia .... (al-Hajj : 65).
Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang
beriman. (al-Ahzab : 43).
Itulah beberapa ayat mengenai raja'. Sedangkan ayat-ayat mengenai khauf di
antaranya sebaga! berikut:
Maka bertakwalah kepada-Ku, hai hamba-hamba-Ku. (azZumar:16).
Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami
menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak
akan dikembalikan kepada Kami? (al-Mu'minun : 115).
Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja
(tanpa pertanggungjawaban)? (al-Qiyamah : 36).
(Pahala dari Allah itu) bukanlah menurut angan-anganmu yang
kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa
yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan
kejabatan itu, dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula)
penolong baginya selain dari Allah (an-Nisa': 123)
......sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat
sebaik-baiknya. (al-Kahfi : 104).
... Dan jelaslah bagi mereka- adzab dari Allah yang belum
pernah mereka perkirakan. (az-Zumar : 47).
Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami
jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan. (al-Furqan :
23).
Dan ayat-ayat yang menggabungkan kbauf dan raja' di antaranya firman Allah
dalam surat al-Hijr.
Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa sesungguhnya
Aku-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (al-Hijr: 49),
Kemudian, Allah mengiringi ayat itu dengan ayat-ayat lain:
.....dan bahwa sesungguhnya adzab-Ku adalah adzab yang
sangat pedih. (al-Hijr : 50).
Demikianlah urutan ayat itu, hendaknya kita tidak cenderung hanya kepada
raja', akan tetapi harus disertai kbauf.
Selanjutnya firman Allah dalam surat al-Mu 'min:
.....Maha keras hukuman-Nya. (al-Mu'min : 22).
Lalu diiringi dengan ayat:
.....Yang mempunyai karunia; tiada Tuhan selain Dia..... (alMu'min : 3)
Ayat itu mengisyaratkan, agar kita tidak hanya cenderung kepada khauf, tetapi
harus pula disertai raja'.
Dan yang paling mengharukan adalah firman Allah dalam surat Ali Imran:
.....Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa) Nya
.... (Ali Imran: 28).
Diteruskan dengan firman-Nya:
Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hambaNya..... (Ali Imran: 30).
Yang lebih mengharukan lagi, firman Allah dalam surat Qaf:
(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah
sedang Dia tidak kelihatan (olehnya). ... (Qaf: 33).
Perlu diperhatikan, bahwa Allah mengucapkan ucapan takut dengan ucapan
Maha Pengasih, bukan dengan ucapan Yang Mahagagah atau Yang Maha Membalas,
dan sebagainya.
Hal Itu merupakan pertanda, agar perasaan takut disertai dengan harapan. Dan
perasaan takut itu jangan sampai menghilangkan harapan.
Maka, hubungan khasyiya dengan ar-Rahman menimbulkan perasaan takut
sambil menenteramkan hati, serta perasaan gerak sambil menenangkan Jiwa.
Seperti misalnya apakah engkau tidak takut kepada Ibumu yang menyayangimu?
Apakah engkau tidak takut kepada raja yang sedang murka?
Maksud ucapan itu adalah agar seseorang tetap berjalan pada Jalan yang lurus,
tidak terpeleset ke dalam rasa "aman" (tidak takut) atau "putus asa".
Semoga Allah menjernihkan pikiran kita, sehingga kita bisa mengambil hikmah
ayat-ayat tersebut dan dapat mengamalkannya. Sesungguhnya Allah Maha Pemberi
dan Maha Pemurah. Tiada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah Yang Mahaagung .
Pokok kedua:
Senantiasa mengingat dan memperhatikan af’al (pekerjaan) dan mu'amalahNya (perlakuan-Nya).
Mengingat Allah menimbulkan perasaan takut. Misalnya terhadap iblis. Bahwa
iblis telah beribadah kepada Allah selama delapanpuluh ribu tahun. Mereka tidak
meninggalkan sejengkal pun dari tempatnya, sebelum bersujud di tempat itu.
Kemudian, mereka enggan melaksanakan satu pun perintah Allah, karena
menghormati Nabi Adam as. Sehingga, karena sikap dan bantahannya itu mereka
diusir dari surga oleh Allah SWT. Dan ibadahhnya yang delapanpuluh ribu tahun itu
dilemparkan kembali ke muka mereka, serta dijauhkan dari rahmat Allah untuk
selama-lamanya hingga tiba hari pembalasan. Bahkan, tersedia untuk mereka siksa
yang teramat berat untuk selama-Iamanya.
Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW. pernah melihat Malaikat Jibril as.
bergelanyut pada kelambu Ka'bah sambil menangis dan berdoa, "Ya Allah, ya
Tuhanku. Janganlah namaku dirubah dan jangan pula jasadku ditukar."
Dan kita masih ingat, apa yang terjadi pada diri Nabi Adam as'. yang
mendapatkan julukan Safitullah dan Nabiyulah, yang diciptakan dengan qudrat
Allah. Dan Allah memerintahkan kepada para malaikat agar menghormatinya serta
memanggul mereka untuk dibawa ke surga.
Tetapi, sekali saja memakan buah yang dilarang Allah, akhirnya beliau tidak
diperkenankan lagi berdiam di dalam surga. Kemudian, Allah memerintahkan para
malaikat agar mengiring kepergian Nabi Adam ke langit sampai bumi.
Maka, menangislah Nabi Adam selama duaratus tahun. Beliau menyesali dan
merasakan kehinaan, kepayahan serta ujian Allah di dunia ini. Dan hal semacam itu
bakal dialami oleh anak-cucu Adam.
Juga riwayat Nabi Nuh as. yang mendapatkan perlakuan buruk dari kaumnya.
Tetapi, demi perjuangan agama, beliau hadapi semua itu dengan penuh kesabaran.
Kemudian beliau mendapatkan teguran dari Allah SWT., yakni tatkala Nabi Nuh
berkata, "Anak itu keluargaku," yaitu ketika beliau hendak menggapai anaknya yang
tenggelam karena ingkar kepada syari'at (agama) yang dibawanya.
Maka, Allah berfirman, "Jangan engkau meminta apa-apa yang tngkau tidak
tahu urusannya."
Menurut riwayat, atas kesalahan ucapannya itu, Nabi Nuh tidak berani
menengadahkan muka selama empatpuluh tahun, karena malu kepada Allah SWT.
Kita masih ingat pula, peristiwa yang menimpa Nabi Ibrahim as. yang
mengatakan, "Aku tidak menginginkan apaapa lagi selain ampunan Allah," disertai
perasaan takut yang mendalam, dikarenakan kesalahannya memintakan ampunan
bagi ayahnya yang berlainan agama.
Dalam riwayat disebutkan, atas kesalahannya itu beliau tidak henti-hentinya
menangis dikarenakan takut kepada Allah. Hingga datang Malaikat Jibril membawa
wahyu, "Wahai Ibrahim. Apakah tuan pernah menyaksikan seseorang menyiksa
kekasihnya dengan api?"
Jawab Nabi Ibrahim, "Aku hanya mengingat kesalahanku."
Sejak itulah beliau berhenti menangis.
Kita juga masih ingat peristiwa yang dialami Nabi Musa as. Beliau merasa
sangat takut dan tidak henti-hentinya mengatakan:
"Ya Allah, aku telah berlaku zhalim, maka ampunilah aku.
Hal itu hanya dikarenakan satu kesalahan, yakni menampar salah seorang
pengikut Fir'aun yang sedang berkelahi dengan pengikutnya.
Kemudian, kita masih ingat pula kejadian yang dialami Bal'am bin Baura pada
masa Nabi Musa, as. Oleh Allah ia dianugerahi ilmu, kelebihan dan keistimewaan.
Sehingga, dapat mengetahui kitab-kitab zaman terdahulu, dapat mengamalkan
petunjuk-petunjuk eara menasarufkan lsmul Azham, sehingga bila ia memandang
ke atas, tembus 'Arasy. Selam Itu, doanya selalu dikabulkan saat itu juga.
Tetapi, ilmu dan kemanjurannya akhirnya dilucuti oleh Allah lantaran ia
cenderung mementingkan urusan keduniaan. Sehingga ia mirip seekor anjing,
lidahnya selalu terjulur keluar.
Bal'am, meskipun telah mendapatkan keistimewaan dari Allah, tetapi masih
tergoda pemberian seseorang yang bermaksud menghasudnya agar mendoakan
Nabi Musa as. supaya tidak memasuki negaranya.
Kisahnya, pada suatu saat, Nabi Musa as. memerangi kaum kafir hingga
melewati negeri Kan'an, negeri Bal'am. Maka, penduduk Kan'an menghadap Bal'am
dan memintanya untuk. berdoa agar Nabi Musa as. tidak sampai memasuki
negerinya. Dengan alasan, Musa adalah seorang Nabi yang keras yang
memungkinkan mereka akan terusir dan negerinya atau akan tertumpas semuanya.
Jawab Bal'am, "Kamu semua ngacau, Musa adalah NabiyulIah. Beliau datang
disertai para malaIkat dan orang-orang beriman, dengan tujuan menumpas kaum
zhalim, kafir dan jahat. Jika aku mendoakannya, niscaya aku merugi dunia dan
akhirat. "
Memang, pada mulanya permintaan mereka ditolak mentah-mentah. Namun,
mereka datang untuk kedua kalinya dengan merengek-rengek agar Bal'am
meluluskan permintaan mereka.
Maka Jawab Bal'am, "Sudah aku katakan, tidak bisa!, Tetapi kalian terus
mendesakku. Maka tunggulah, aku akan bermunajat kepada Allah."
Kemudian, pada malamnya ia bermimpi bahwa Allah melarangnya melakukan
perbuatan itu.
Dua kali sudah mereka ditolak. Dan pada permintaan ketiga, mereka datang
sambil membawa hadiah yang sangat banyak. Setelah menerima hadiah itu, Bal am
berkata, ”Aku akan meminta lagi petunjuk Allah." Akan tetapi, ternyata pada malam
harinya ia tidak mendapatkan petunjuk apa pun.
Berkatalah kaum itu, "Nah, itu suatu pertanda bahwa Allah tidak melarang lagi.
Sebab-jika Allah melarang, pasti ada tanda-tanda seperti pada malam pertama. "
Kaum itu terus menerus membujuk dan merayunya. Hingga Bal’am kehabisan
akal. Kemudian, dengan menunggang unta, Bal’am pergi ke suatu bangunan guna
melihat balatentara Nabi Musa, dan terus berdoa agar Nabi Musa tidak memasuki
negeri Kan'an. Namun, baru beberapa langkah, unta tunggangan Bal'am terkulai dan
tidak bisa bangkit. Maka, Bal'am turun dari punggung unta dan memukulinya.
Dengan terpaksa, unta tersebut berusaha. bangkit dan berjalan. Akan tetapi, baru
beberapa langkah, unta itu lagi-lagi terkulai dan tidak dapat melanjutkan perjalanan.
Dan untuk kedua kalinya, Bal'am turun sambil memukulinya.
Dengan kehendak Allah, unta itu secara mendadak dapat berbicara kepada
majikannya, "Wahai Bal'am, celakalah kamu! Hendak kemana engkau, apakah
engkau tidak melihat bahwa para malaikat menghalangiku hingga aku tidak bisa
berjalan."
Beberapa saat kemudian, unta itu bisa bangun dan meneruskan perjalanan.
Sesampainya di puncak gunung Hisan, Bal'am dan kaumnya pun bersiap-siap untuk
berdoa.
Maka Bal'am memulai doanya. Tetapi aneh sekali, doa yang ditujukan untuk
Nabi Musa dan kaumnya selalu berbalik untuk kaumnya. Setiap doa untuk
keburukan, kelemahan, dan kebinasaan Nabi Musa dan pengikutnya selalu berbalik
bagi kaumnya. Dan doa untuk kebaikan kaum Bal'am selalu terpeleset justru untuk
kebaikan Nabi Musa dan kaumnya.
Ketika kaum Bal'am memprotes ucapannya, Bal'am menjawab. "Ini di luar
kekuasaanku. Aku bermaksud mendoakan kalian, tetapi sungguh aneh, aku tidak
kuasa mengendalikan lidahku. Dengan demikian, nyatalah sudah aku merugi duniaakhirat. Sekarang, kita harus menggunakan cara yang paling baik, yakni
mengumpulkan wanita-wanita cantik yang dihiasi dengan perhiasan indah.
Selanjutnya, perintahkan mereka, membawa barang dagangan kepada rombongan
Nabi Musa as., dengan dibekali pesan jika ada di antara pengikut Nabi Musa
mengajak berzina, hendaknya mereka (para wanita) tidak menolak ajakan itu,
Dengan demikian, Jika hal Itu terjadi, berarti berhasil keinginan kalian."
Kemudian, kaum Bal'am menjalankan taktik yang dikemukakan Bal'am itu
dengan penuh kesungguhan. Di antara pengikut Nabi Musa ada yang bernama
Zamry bin Syalam. Ketika ia melihat salah seorang wanita kaum Kan'an (pengikut
Bal'am) bernama Kasty binti Swur menawarkan dagangannya, Zamry tidak kuasa
menahan birahinya. Maka ia memegang tangan Kasty, yang kemudian ia tuntun ke
suatu tempat. Ternyata Kasty menuruti segala kemauan Zamry, hingga tak pelak lagi
mereka melakukan hubungan intim ... , ya, mereka telah berzina!
Maka, saat itu juga Allah. menimpakan penyakit tha'un kepada laskar itu,
hingga jumlah yang gugur saat Itu mencapai puluhan ribu orang.
Semua itu berpangkal dari Bal'am. Sehingga Allah. mencabut segala ilmu dan
keistimewaan yang ada pada dirinya, yang mengakibatkan ia tersesat dan binasa.
Padahal dahulu, dalam sekali mengajar tidak kurang dari duabelas ribu mund
mengikutinya. Tetapi, untuk pertama kalinya la mengatakan dalam karangannya
bahwa alam ini tidak ada yang menciptakan (menjadikan), ia kehilangan massa.
Kita bermohon kepada Allah, semoga Allah menjauhkan kita dari murka dan
siksa-Nya yang amat pedih dan menghinakan.
Dan penting pula kita perhatikan, betapa kejinya godaan dunia, terlebih lagi
terhadap para ulama.
Mudah-mudahan Allah menjadikan amal kita sebagai suatu kebaikan, dan
menghapuskan segala kesalahan kita. Karena, yang demikian itu bukan merupakan
kesulitan bagi Allah 'Azza wa Jalla.
Selain kisah-kisah tersebut, kita masih ingat pula kisah Nabi Daud as. yang
mendapatkan gelar Khalifatullah, dikarenakan satu kesalahan. Beliau menangis
menyesali kesalahannya, hingga tanah tempat cucuran air matanya ditumbuhi
rerumputan. Beliau sangat takut kepada Allah dan selalu berdoa "Ya Allah,
kasihanilah aku dengan tangis dan kerendahan hatiku."
Maka Allah berfirman, "Wahai Daud, engkau menyebut-nyebut air mata.
Lupakah engkau akan kesalahanmu?"
Maka, Nabi Daud bertaubat selama empat puluh hari.
Kita masih ingat pula kejadian yang menimpa Nabi Yunus as. Dikarenakan satu
kali marah, beliau ditahan dalam perut Ikan. hiu selama empat puluh hari. Tetapi,
beliau tidak henti-hentinya membaca doa. "Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci
Engkau ya Allah. Dan aku ini termasuk orang zhalim."
Doa tersebut ternyata didengar oleh para malaikat. Sehingga, mereka berkata,
"Ya Allah Tuhan kami, ini suara yang tidak kami ketahui asalnya."
Maka Allah berfirman, "Ino! suara hamba-Ku, Yunus."
Maka, para malailat memohon keselamatan bagi Nabi Yunus as: Sehingga Nabi
Yunus selamat.
ABah berfirman, "Sekiranya Yunus tidak membaca tasbih niscaya ia akan tetap
berada pada perut ikan hiu hingga hari kiamat. "
Hendaknya kita perhatikan kisah-kisah tersebut, hingga peristiwa yang dialami
Nabi Muhammad SAW.
Allah berfirman:
Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana
diperintahkan kepadamu .... (Hud : 112).
Demikian pula jika bertaubat, hendaknya kita tidak berlebih-lebihan dan
melampaui batas. Karena, sesungguhnya Allah mengetahui segala perbuatan kita.
Nabi Muhammad SAW. bersabda:
Surat Hud dan sebangsanya menjadikan aku berubah. Allah
Ta'ala berfirman:
... dan mohonlah ampunan untuk dosamu .... (al-Mu 'min: 55).
Dan Firman Allah:
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan
yang nyata, supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap
dosamu yang telah lalu dan yang akan datang. ... (al-Fath: 1-2).
Setelah turun ayat-ayat itu, Rasulullah SAW., memperbanyak shalat malam
hingga kakinya bengkak. Maka, berkatalah para sahabat, "Ya Rasulullah, mengapa
sampai demikian. Padahal, Allah telah mengampuni dosa tuan yang terdahulu dan
yang akan datang jika sekiranya ada.”
Jawab Rasulullah, "Meskipun demikian, tidak ada salahnya aku
mengerjakannya sebagai tanda syukurku kepada Allah”. Selanjutnya, Rasulullah
SAW. bersabda, "Jika sekiranya aku dan Nabi Isa berdosa dengan dua jari saja,
niscaya kami diberi siksa lebih keras daripada siksa orang lain."
Sudah menjadi kebiasaan Rasulullah, jika mengerjakan shalat malam selalu
menangis. Dan dalam sujudnya membaca:
Ya Allah, aku berlindung dari siksa-Mu dan memohon ampunanMu. Aku berlindung dari murka-Mu ya Allah. Aku tidak akan mampu
memuji-Mu dengan sempurna, karena kemuliaan-Mu tidak ada
batasnya.
Selain itu, perhatikan pula para sahabat Rasulullah yang mencapai derajat
terbaik, umat terbaik, pada masa terbaik pula.
Pada suatu saat, Rasulullah bercanda dengan para sahabatnya. Maka, turunlah
kepada beliau sebuah ayat:
Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman,
untuk tunduk hati mereka mengingat Allah.... (al-Hadid: 16).
Dalam kedudukannya, umat Muhammad merupakan umat y.ang penuh kasih
sayang. Maka, Allah menetapkan batas, Siasat, dan adab.
Kita memohon, semoga Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Pemberi
memberikan perlakuan dan karam-Nya, karena sesungguhnya Allah Maha
Penyayang.
Jika mengingat af’al Allah dari sudut raja', maka akan kita sadari betapa besar
rahmat Allah, dan tidak seorang pun mengetahui ujungnya, sifat-Nya, dan
penghabisannya. Dan sesungguhnya Allah-lah yang menghapuskan segala
kekufuran.
Allah berfirman:
Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu, "Jika mere ka
berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni mereka
tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu .... (al-Anfal: 38).
Kita masih ingat, orang-orang kafir dan tukang sihir Fir'aun bertujuan hendak
memerangi Allah dengan segala sumpahserapahnya dengan mengatasnamakan
kegagahan Fir'aun, musuh Allah. Tetapi setelah menyaksikan mu'jizat Nabi Musa,
mereka kemudian mengetahui suatu kebenaran. Lantas, mereka berucap, "Kami
beriman kepada Tuhan seru sekalian alam," tanpa tambahan amal.
Perlu kita perhatikan pula, mereka (tukang sihir) pendapat pujian Allah dalam
al-Qur'an. Dan dosa-dosa mereka dihapuskan oleh Allah, meski hanya dengan iman
sesaat, bahkan hanya dengan iman beberapa detik. Bahkan. Hanya dengan ucapan
"Kami beriman kepada Tuhan seru sekahan alam”, yang diucapkannya dengan
kesungguhan hati. Selanjutnya, mereka dijadikan pemimpin orang-orang syahid di
surga yang kekal kelak.
Demikian pula orang-orang yang ma'rifat dan bertauhid kepada Allah SWT.,
pada suatu saat dapat berubah. Meskipun tadinya seorang tukang sihir, kufur, dan
pembuat kerusakan. Maka, betapa bahagia dan mulianya orang-orang yang
menghabiskan umurnya untuk bertauhid kepada Allah, pilihan yang sangat tepat
dunia-akhirat.
Demikian pula kejadian yang menimpa kaum Ashabul Kahfi, ketika mereka
menghadap raja Daqyanus, seorang raja kafir nan keji terhadap orang-orang yang
tidak sudi menyembah berhala. Maka, pemuda-pemuda Ashabul Kahfi mengatakan
bahwa Tuhannya adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya.
Mereka menyatakan pula tidak akan menyembah Tuhan selain Allah, dan berlindung
hanya kepada Allah.
Perhatikanlah, bagaimana pemeliharaan Allah, menguatkan dan memuliakan
mereka, dengan firman-Nya: "Aku bolak balikkan badan mereka, ke kanan dan ke
kiri." Selain itu, Allah memberikan penghormatan dan memuji mereka, sehingga
Allah berfirman kepada Rasulullah SAW., "Wahai Muhammad, jika engkau melihat
mereka, niscaya engkau lari lantaran terharu. "
Selanjutnya, bagaimana Allah memuliakan anjing mereka, melalui beberapa
ayat al-Qur'an. Kemudian Allah melindunginya di dunia dan kelak, bersama
majikannya (kaum Ashabul Kahfi) yang akan dimasukkan ke surga.
Begitulah karunia Allah kepada anjing, yang disebabkan hanya karena
mengikuti kaum Asbabul Kahfi beberapa langka? Anjing itu mengikuti kaum Asbabul
Kahfi dalam bertauhid kepada Allah. Sungguh besar karunia Allah yang dilimpahkan
kepada hamba-hamba-Nya yang bertauhid.
Sebagaimana kita lihat, bagaimana Allah menyalahkan Nabi Ibrahim, lantaran
berdoa untuk kecelakaan orang yang berbuat dosa. Juga, bagaimana Allah
menyalahkan Nabi Musa as. dalam urusan Qarun.
Allah SWT. berfirman, "Qarun minta tolong kepadamu, ya Musa. Tetapi engkau
tidak memberikan pertolongan kepadanya. Demi kemuliaan dan kekuasaan-Ku,
seandainya ia meminta tolong kepada-Ku, niscaya Aku akan menolong dan
memaafkannya."
Renungkan pula, bagaimana Allah menyalahkan Nabi Yunus as. sehubungan
dengan kaumnya.
Allah berfirman:
Kamu merasa susah lantaran sebuah pohon dari pohon labu yang
Aku jadikan dalam satu waktu, dan Aku jadikan menjadi kering pada
satu waktu (pula). Namun, kamu tidak merasa bersedih atas seratus
ribu orang (pengikut) atau lebih.
Juga, bagaimana Allah akan menerima udzur mereka dan tidak memberikan
siksa yang pedih. Oleh karenanya, Allah menyesatkan mereka.
Selanjutnya, bagaimana Allah menyalahkan Rasulullah SAW. Diriwayatkan,
pada suatu saat Rasulullah SAW. memasuki Masjidil Haram dari pintu Bani Syaibah.
Kemudian, beliau melihat sekelompok orang tertawa bersuka ria. Maka, berkatalah
Rasulullah SAW., "Mengapa kalian tertawa, mudah-mudahan aku tidak melihat lagi
engkau tertawa."
Sesampainya di Hajar Aswad, Rasulullah SAW. kembali kepada mereka seraya
berkata, "Telah datang kepada-Ku Jibril, ia berkata kepadaku, 'Ya Muhammad, Allah
berfirman kepadamu:
Mengapa kamu membuat sikap putus asa hamba-hamba-Ku dari
rahmat-Ku? Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku,
bahwa
sesungguhnya Aku-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Kemudian Rasulullah SAW. bersabda:
Kasih Allah terhadap hamba-Nya yang Mu 'min melebihi kasih
seorang ibu terhadap anaknya.
Dalam satu hadits Rasulullah SAW. mengatakan, "Allah mempunyai seratus
rahmat. Satu persen dari keseluruhan dibagikan kepada jin dan manusia serta
binatang. Dengan rahmat yang satu persen itu mereka saling menyayangi. Sedangkan rahmat yang sembilanpuluh sembilan persen disimpan Allah guna diberikan
kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat kelak."
Pemberian Allah yang satu persen itu merupakan pemberian yang sangat mulia
dan berharga, yaitu ma'rifat kepada Allah SWT. dan menjadi pengikut Muhammad
yang dirahmati, yang ber-i'tikad menjadi Ahli Sunnah wal Jama'ah, dan segala
kenikmatan lahir-batin.
Semoga Allah menyempurnakan semua pemberian itu. Sebab Tuhan-lah yang
memulai kebaikan, maka Tuhan-lah yang menyempurnakannya. Semoga kita
mendapatkan bagian yang besar dari rahmat-Nya yang sembilan puluh persen itu.
Pokok ketiga:
Pokok ketiga membicarakan janji dan ancaman Allah yang akan berlaku pada
hari kiamat.
Sekarang, marilah kita renungkan lima hal berikut ini: yakni, maut, alam kubur,
kiamat, surga, dan neraka. Juga maqam dan tiap-tiap bagiannya, yakni bahaya yang
besar, baik bagi yang taat maupun yang berbuat maksiat, yang lalai maupun yang
bersungguh-sungguh.
Mengenai maut (ajal), akan penyusun ceritakan kisah dua orang laki-laki, yang
diriwayatkan dari Ibnu Syabramah. Ia mengatakan, "Aku dengan Syaikh asy-Sya'bi
menengok orang sakit. Aku melihat ia dalam keadaan payah (parah). Di sampingnya,
ada seorang laki-laki menuntunnya mengucapkan la ilaha illallah wahdahu la syari
kalah. Maka Syaikh Sya'bi berkata kepada orang yang mentalkinkan itu agar tidak
terlalu keras mentalkinkannya.
Kemudian si sakit berkata, "Sama saja, engkau mentalkinkanku atau tidak, aku
selalu mengucapkan la ilaha illallah wahdahu la syari kalah."
Selanjutnya ia membaca ayat ini:
"dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat takwa dan adalah
mereka berhak dengan kalimat takwa itu dan patut memilikinya ....
(al-Fath : 26).
Maka berkatalah Syaikh Sya'bi, "Kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT.
yang telah menyelamatkan sahabat kita ini. "
Kisah lain menceritakan; salah seorang murid Imam Fudhail bin Iyadh, dalam
keadaan sakratul maut. Kemudian al-Fudhail mendatanginya, kemudian duduk di
dekat kepalanya seraya membaca surat Yasin.
Maka, sang murid yang sedang dalam keadaan sakratul maut itu berkata,
"Wahai guru, janganlah tuan membaca surat itu! "
Mendengar ucapan itu, diamlah al-Fudhail membaca surat Yasin. Kemudian
berkata kepada muridnya itu, "Jika demikian bacalah la ilaha illallah. " '
Jawab sang murid, "Aku tidak akan mengucapkannya. Karena aku Sudah
melepaskan diri dari ucapan itu."
Setelah berkata demikian, matilah ia. la mati dalam keadaan suul khatimah,
meskipun ia murid Fudhail.
Sesampai di rumah, al-Fudhail menangis selama empatpuluh hari. Ia tidak
pernah keluar dari rumah. Kemudian pada satu tidurnya, al-Fudhail bermimpi
muridnya sedang ditarik ke Neraka Jahanam.
Imam Fudhail bertanya kepadanya, "mengapa Allah menghilangkan imanmu.
Padahal, selama di dunia engkau adalah muridku yang paling alim."
Jawab sang murid, "Aku kehilangan iman karena tiga sebab:
1. Aku suka mengadu domba/memfitnah. Aku mengatakan kepada temantemanku berlainan' dengan yang aku katakan kepada tuan.
2. Aku mendengki dan iri hati terhadap teman-temanku.
3. Ketika sakit, aku pergi ke dokter guna menanyakan penyakitku. Kemudian,
dokter memberikan resep, agar aku meminum arak setiap tahun sebagai obat.
Kata dokter, jika aku tidak meminumnya, penyakitku tidak akan sembuh.
Karena itu aku meminum arak."
Imam Ghazali berkata, "Kita berlindung kepada Allah dari Murka-Nya, yang kita
tidak akan mampu menanggungnya."
Kini, akan penyusun ceritakan kisah dua orang laki-laki lain. Yang satu
dikisahkan oleh Abdullah bin Mubarak, bahwa tatkala ajal sudah dekat, beliau
menengadahkan mukanya ke langit. Maka tertawalah beliau sembari berkata,
"Untuk ini, seharusnya orang beramal itu."
Selanjutnya, Imam Haramian ra. menceritakan tentang Ustadz Abu Bakar.
Bahwa Ustadz Abu Bakar berkata, "Sewaktu mencari ilmu, aku mempunyai seorang
kawan. Dia bersungguh dalam menuntut ilmu, bertakwa, dan beribadah. Namun
begitu, hanya sedikit ilmu yang didapatnya. Hal itu membuat aku heran.
Pada suatu hari ia jatuh sakit. Tetapi, ia tetap berada di tengah-tengah wali, di
pesantren, tidak di rumah sakit. Meskipun dalam keadaan sakit, ia tetap
bersungguh-sungguh dalam belajar. Tatkala aku duduk di dekatnya, tiba-tiba ia
melihat langit seraya berkata kepadaku, "Wahai Ibnu Faruq, untuk inikah orangorang harus beramal, dan meninggal dalam keadaan seperti itu (maksudnya husnul
khatimah)."
Kisah lainnya, diriwayatkan dari Malik bin Dinar ra. Suatu hari, ia menengok
tetangganya yang sedang sakit, dan sudah dekat dengan ajalnya. Kemudian, si sakit
itu berkata kepada Malik bin Dinar, "Ya Malik, di hadapanku kini terdapat gunung
yang terbuat dari api, dan aku diperintahkan mendaki kedua gunung itu."
Berkatalah Malik bin Dinar, "Maka aku tanyakan kepada ahlinya, yakni istri dan
anak-anaknya. Mereka menjawab, "Ia mempunyai dua sukatan (takaran). Jadi,
dalam perniagaan ia menggunakan dua takaran, satu takaran untuk menjual, dan
satunya lagi untuk membeli. "
Kemudian, aku minta kedua takaran itu, dan aku benturkan satu dengan yang
lain, hingga kedua takaran itu pecah. Selanjutnya aku tanyakan kepada si sakit itu. Ia
menjawab, "Kepayahanku kini bertambah hebat."
Mengenai alam kubur, akan penyusun ceritakan kisah tentang dua orang lakilaki. Satu di antaranya diceritakan oleh orang yang dapat dipercaya kebenarannya.
Ia mengatakan, "Aku melihat Sufyan ats-Tsauri sehari sesudah ia meninggal
(mungkin melihat dalam mimpi, pen). Maka, aku bertanya, 'Bagaimana keadaan
tuan, wahai Abu Abdullah?' Beliau memalingkan muka sembari berkata, 'Ini bukan
saatnya memanggil dengan menyebut Abu.' Selanjutnya aku bertanya, 'Bagaimana
keadaanmu, wahai Sufyan?' Maka Imam Sufyan menjawab dengan memakai sebuah
syair:
Dengan jelas, aku melihat Tuhanku, kemudian Dia berfirman
kepadaku, 'Beruntunglah engkau, wahai Sufyan bin Sa'id, karena
engkau senang mendapatkan ridha-Ku.
Selama di dunia, engkau sering bangun malam guna mengerjakan
shalat, dengan airmata kerinduan dan kecintaan hati.
Kini engkau boleh memilih, gedung-gedung megah atau berziarah
kepada-Ku, karena Aku tidak jauh darimu."
Laki-laki kedua diceritakan, bahwa sebagian orang melihatnya dalam mimpi. Ia
dalam keadaan pucat, kedua tangannya dibelenggu dengan lehernya. Sehingga ada
seseorang bertanya kepadanya, "Apa yang Allah lakukan terhadapmu?"
Ia menjawab dengan menggunakan syair:
Zaman yang kami permainkan telah berlalu. Kini, zaman yang
mempermainkan kami.
Ada lagi kisah dua orang laki-laki. Seorang diriwayatkan dari seseorang shahih.
Ia berkata, "Aku mempunyai seorang anak yang mati syahid, dan selama ini aku
tidak melihatnya dalam mimpi. Hingga pada suatu malam, malam meninggalnya
Umar bin Abdul Aziz ra, tiba-tiba aku melihat anakku. Kemudian, aku bertanya
kepadanya, "Wahai anakku, bukankah engkau sudah mati?' Ia menjawab, "Tidak,
aku tidak mati. Tetapi aku syahid, aku hidup pada sisi Allah, dan diberi rezeki."
Selanjutnya aku bertanya, "Mengapa kini engkau datang?' Jawabnya, 'Aku
menyeru kepada segenap penghuni langit:
Jangan seorang pun dari para Nabi dan wali atau syahid tidak hadir dalam
menshalatkan Umar bin Abdul Aziz (beliau adalah seorang khalifah yang adil pada
masa Bani Umayah). Maka, aku datang untuk men-shalat-kan beliau, selanjutnya
aku mendatangi ayah dan keluarganya untuk bersalaman."
Kisah kedua diriwayatkan oleh Hisyam bin Hasan. Beliau berkata, "Telah mati
anakku yang masih belia. Akan tetapi dalam mimpi aku melihatnya telah beruban.
Kemudian, aku tanyakan, 'Anakku, mengapa engkau beruban?' Jawabnya, 'Ketika
anu datang kepadaku, jahanam itu mendengus dengan keras. Begitu keras
napasnya, sehingga setiap orang yang mendengar menjadi beruban."
Kita berlindung kepada Allah dari siksa dan adzab-Nya yang pedih.
Mengenai kiamat, renungkanlah firman Allah Ta'ala:
(Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang
takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang
terhormat, dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke
neraka jahannam dalam keadaan dahaga. (Maryam: 85-86),
Terdapat seseorang keluar dari dalam kuburnya. Dengan tiba-tiba, Buraq telah
berada di kepala kuburan itu, telah ada mahkota dan pakaian-pakaian indah. Maka
ia mengenakan pakaian itu dan menunggang Buraq ke surga. Karena mulianya, ia
tidak dibiarkan berjalan kaki menuju surga.
Ada juga seseorang bangkit dari kuburnya, tiba-tiba Malaikat Zabaniyah
(petugas neraka) telah berada di tempat itu sambil membawa belenggu dan rantai.
Para malaikat Zabaniyah tidak membiarkan orang celaka itu berjalan kaki menuju
neraka. Ia diseret dan dicampakkan di tengah-tengah neraka Jahim.
Seorang ulama meriwayatkan hadits Rasulullah, bahwasanya Rasulullah SAW,
berkata, "Jika hari kiamat telah tiba, keluarlah satu kaum dari kuburnya. Masingmasing memiliki kendaraan yang tidak ditunggangi orang lain.' Kendaraan itu
bersayap, warnanya hijau. Kemudian, terbanglah kendaraan itu membawa mereka
ke padang Mahsyar. Ketika sampai di pagar surga, malaikat akan saling bertanya,
siapakah mereka? Maka malaikat yang lain akan menjawab, bahwa ia juga tidak
mengetahui siapa mereka. Kemungkinan mereka adalah umat Muhammad. Lantas,
seorang malaikat mendekati mereka dan bertanya, "Siapakah kalian, umat siapakah
kalian?"
Mereka menjawab, "Kami adalah umat Muhammad SAW." Malaikat bertanya,
"Apakah kalian sudah dihisab?"
Jawab mereka, "Tidak, kami tidak dihisab."
Tanya Malaikat, "Apakah -kalian sudah ditimbang dalam mizan?"
Jawab mereka, "Tidak!"
Bertanya malaikat, "Apakah kalian telah membaca buku catatan amal kalian?"
Mereka menjawab, "Tidak."
Tanya malaikat pula, "Kembalilah kalian, Kalian harus dihisab dan ditimbang
pula serta harus membaca catatan amal kalian! "
Mereka pun menjawab, "Apakah tuan-tuan akan memberikan sesuatu kepada
kami untuk dihisab?" (maksudnya, kami tidak mempunyai apa-apa untuk dihisab,
pen).
Dalam hadits lain, diriwayatkan, "Kami tidak mempunyai apa-apa. Kami adalah
orang-orang fakir. Jika mempunyai sesuatu, tentunya kami dapat berbuat adil atau
zhalim. Tetapi, kami, semata-mata hanya beribadah kepada Allah, hingga Allah
memanggil kami, dan kami menerima ajakan Tuhan kami."
Pada saat itu, ada seruan dari Allah, "Benar apa yang dikatakan hamba-Ku ini.
Orang-orang yang berbuat' baik tidak berhak ditahan, sedangkan Aku Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang. "
Juga firman Allah Ta'ala, "Manakah lebih baik, dilempar ke neraka, atau datang
dengan aman pada hari kiamat?"
Kita memohon kepada Allah Yang Mahaagung, semoga kita diJadikan orangorang yang berbahagia. Tidak sukar bagi Allah menjadIkan hal yang demikian.
Sekarang, mengenai surga dan neraka. Terdapat dua ayat mengenai surga dan
neraka yang akan penyusun kemukakan Satu di antaranya adalah firman Allah
Ta'ala'.
..... dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang
bersih sesungguhnya ini adalah balasan untukmu dan usahamu adalah
disyukuri (diberi balasan). (al-Insan: 21-22)
Dan firman Allah dalam menceritakan keadaan sebagian manusia:
Ya. Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan
kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada
kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim, (alMu'minun : 107).
Firman-Nya pula:
Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu er.
Cara dengan Aku. (al-Mu'minun : 108).
Dalam hadits diriwayatkan, setelah mendengar firman Allah tersebut, mereka
menjadi anjing dan saling menggonggong di dalam neraka.
Kita berlindung kepada Allah Yang Maha Pengasih dari adzabNya yang teramat pedih.
Yahya bin Mu'adz ar-Razi mengatakan, "Kita tidak mengetahui, mana lebih
dekat antara dua musibah; luput dari surga atau masuk neraka."
Manusia tidak akan bersabar untuk masuk surga. Sedangkan di neraka, tiada
seorang pun yang mampu (kuat) menanggung panasnya bara api. Tetapi
bagaimanapun, tidak mendapatkan kenikmatan itu lebih ringan dibandingkan
mendekam di dalam neraka Jahim.
Adapun musibah yang paling berat dan hebat di dalam neraka adalah, bahwa
keadaan di neraka langgeng atau kekal. Sebab, jika penderitaan neraka ada
penghabisannya, tentu manusia masih mempunyai harapan. Tetapi pada kenyataannya, keadaan neraka adalah kekal, tak berpenghabisan, tak berakhir. Siapa pun tidak
akan kuat menanggungnya.
Sehubungan dengan itu, berkatalah Nabi Isa as., "Mengingat kekalnya
seseorang bisa membuat seseorang penakut menjadi berputus asa."
Ada seseorang berbicara di dekat Hasan Bashri, bahwa yang paling akhir keluar
dari neraka adalah orang yang bernama Hannaad. Ia disiksa dalam neraka selama
seribu tahun. Kemudian, ia memanggil-manggil Tuhan, "Wahai Tuhan Yang Maha
Pengasih, wahai Tuhan Yang Memberi Karunia."
Menangislah Imam Hasan Bashri mendengarkan ucapan itu, seraya berkata,
"Ingin sekali aku menjadi si Hannaad! " Kebanyakan orang terbengong-bengong
keheranan. Mengapa ia menginginkan menjadi si Hannaad yang disiksa selama
seribu tahun.
Beliau menjawab, "Sungguh kasihan kamu, bukankah si Hannaad pada suatu
saat akan keluar dari neraka?"
Aku (Imam Ghazali) katakan, "Semua urusan ini kembali pada satu pokok, yakni
mematahkan tulang-tulang punggung, membuat muka menjadi pucat, membuat
hati hancur, menjadikan berputus asa, dan membuat menangis darah (yaitu dari
para ahli ibadah).
Pokok yang hebat ini yakni takut kehilangan iman. Inilah ujung pangkal
takutnya orang-orang yang takut, dan itulah tangisnya orang-orang yang menangis."
Salah seorang di antara mereka (ahli ibadah) mengatakan, "Kesusahan
(kesedihan) itu ada tiga macam:
1. Takut, jika taatnya tidak dikabulkan oleh Allah.
2. Sedih dan takut kalau-kalau dosa-dosanya tidak diampuni.
3. Sedih dan takut kalau-kalau ma'rifai atau imannya dihilangkan dari dirinya.
Dan berkata orang-orang yang ikhlas, "Kesedihan yang besar itu sebenarnya
hanya satu, yakni takut kehilangan iman.
Adapun takut selain kehilangan iman, tidak begitu berat. Sebab, semuanya
akan berakhir, tidak kekal di dalam neraka. Sedangkan yang kekal adalah jika
seseorang tidak beriman.
Sebuah berita sarnpai kepada penyusun, bahwa Yusuf bin Asbat berkata,
"Pernah aku menemui Imam Sufyan atsTsauri. Beliau menangis semalam suntuk.
Kemudian aku bertanya, 'Apakah Tuan menangis karena sedih, ingat akan dosadosa?" Selanjutnya Yusuf bin Asbat mengatakan, "Maka Imam ats-Tsauri mengambil
jerami, seraya berkata, 'Dosa itu bagi Allah lebih ringan daripada jerami ini. Yang aku
takutkan adalah jika Islam dihilangkan oleh Allah dari hatiku."
Semoga Allah Yang Maha Pengasih tidak menguji kita dengan suatu musibah,
dan dengan kemurahan nya semoga Allah menyempurnakan kita. Dan semoga Allah
mencabut nyawa ketika kita tetap memeluk Islam dan iman. Sesungguhnya Allah
Maha Pengasih.
Jika ada yang bertanya, mana lebih baik menempuh khauf (takut) atau raja'
(harapan)? Yang paling baik adalah menempuh keduanya. Sebab, ada orang
mengatakan, "Barangsiapa terlalu besar pengharapannya (raja ') dikhawatirkan ia
menjadi golongan Murji'an (menganggap bahwa dosa tidak mengandung bahaya),
atau menjadi golongan harami (semua yang diharamkan boleh dilakukan) karena
beranggapan semua dosanya bakal diampuni.
Dan barangsiapa dikusai oleh rasa takut (khauf), tidak mempunyai harapan lagi.
Yang ia punyai hanyalah rasa takut. Orang yang demikian dikhawatirkan menjadi
golongan haruri (anggapan bahwa dosa merupakan bahaya yang menjadikan kekal
di dalam neraka).
Yang dimaksud di sini, hendaknya tidak hanya takut atau hanya
berpengharapan, melainkan harus keduanya. Sebab pada hakikatnya harapan yang
sejati tidak dapat dipisahkan dengan harapan yang tulus. Oleh karenanya, ada yang
mengatakan bahwa harapan itu hanyalah bagi orang yang takut. Adapun yang tidak
merasa takut, akan merasa aman. Sedangkan rasa takut itu hanyalah bagi orang
yang berpengharapan sejati, bukan bagi orang yang putus asa.
Jadi, janganlah kita merasa aman (tidak takut) dan berputus asa. Harus ada
khauf dan raja’
Jika seseorang dalam keadaan sehat atau kuat, maka yang lebih baik adalah
memperbanyak khauf, sedangkan raja’ cukup sekedarnya. Tetapi, apabila dalam
keadaan sakit dan lemah, apalagi jika sudah mendekati ajal, maka lebih baik
memperbanyak raja’
Begitulah yang penyusun dengar dari Imam Ghazali. Adapun adapun yang
menjadi sebab adalah adanya riwayat dari hadits Qudsi, bahwa Allah Ta’ala
berfirman:
Aku beserta orang-orang yang berputus asa, dikarenakan takut kepada-Ku.
Sehingga dalam keadaan demikian, harus memperbanyak raja’. Dan dengan
sebab khauf pada waktu lalu, yakni ketika fisik masih sehat dan kuat, maka Allah
berfirman kepada mereka:
Janganlah kamu takut dan bersedih hati.
Memang benar, banyak hadits yang menganjurkan agar kita berbaik sangka
terhadap Allah. Tetapi yang dimaksud disini adalah; kita harus berhati-hati dari
berbuat maksiat kepada-Nya, takut akan siksa-Nya, dan harus berbakti kepada-Nya.
Perbedaan berharap dan menghayal: Berharap itumempunyai dasar,
sedangkan menghayal tanpa dasar sama sekali.
Renungkan sya'ir berikut ini:
Kamu menginginkan selamat, tetapi enggan menelusuri jalan
keselamatan.
Sesungguhnya kapal tidak akan berlayar, bila berada di
daratan.
Sehubungan dengan hal itu, Rasulullah SAW. bersabda:
Seseorang yang mempunyai pendirian adalah orang yang mau
menghitung dirinya, kemudian beramal untuk bekal setelah mati.
Sedangkan orang yang tidak mempunyai pendirian adalah orang yang
lemah, suka menuruti hawa nafsu, kemudian berbayal kepada Allah
SWT.
Dalam hal ini, Imam Hasan Bashri mengatakan, "Ada orang yang lengah karena
lamunannya, yakni berhayal akan mendapatkan ampunan, sehingga ia keluar dari
dunia tanpa bekal apa pun, tanpa kebaikan barang sedikit pun."
Orang-orang yang bersikap demikian berkata, "Aku berbaik sangka kepada
Allah."
Sebenarnya, perkataan itu bohong! Sebab, jika ia memang berbaik sangka
kepada Allah, tentu amalan-amalannya baik.
Selanjutnya Imam Hasan Bashri membaca ayat berikut:
Barangsiapa berkeinginan menghadap Allah, haruslah beramal
saleh.
Kemudian membaca ayat berikut:
Yang demikian itu dikarenakan kesalahanmu berprasangka
kepada Allah, yang bakal mencelakakan dirimu. Maka kamu (orangorang yang suka berbayal) termasuk orang yang merugi.
Imam Ja'far Adhlabi' mengatakan. "Aku melihat Abu Maisarah, seorang ahli
ibadah, tulang iganya tampak jelas lantaran kesungguhannya dalam beribadah.
Sehingga aku. katakan, 'mudah-mudahan Allah merahmatimu, rahmat Tuhan Itu
sangat luas.'
Abu Maisarah geram seraya berkata, 'Apakah engkau melihat tanda-tanda pada
diriku bahwa aku berputus asa dari rahmat Allah? Rahmat Allah itu dekat kepada
orang baik.
Jawab Imam Ja'far, 'Tetapi yang membuat aku menangis adalah perkataan
beliau:
'Apabila para Rasul, wali abdal, para auliya , dan lainnya ber-ijtihad dalam
beribadah dan taat, serta berhati-hati. terhadap perbuatan maksiat, namun mereka
masih Juga terikat, yakni takut dan khawatir terhadap diri sendiri."
Padahal para Nabi, wali dan lainnya sangat berbaik sangka kepada Allah. Hal itu
terbukti dengan kesunguhan mereka dalam, beribadah. Di samping itu, mereka lebih
mengetahui luasnya rahmat Allah, lebih mengetahui Kemurahan Alah. Dan mereka
lebih mengetahui, bahwa berharap tanpa ijtihad hanyalah lamunan dan tipuan
belaka.
Kesimpulan: Kita harus senantiasa mengmgat luasnya rahmat Allah yang dapat
mengalahkan murka-Nya. Selanjutnya menyadari bahwa kita termasuk umat
Muhammad yang mendapatkan rahmat dart kemuliaan dari Allah. Kemudian, ia
sadar betapa besarnya karunia Allah, begitu sempurna kemurahan Allah, dan Allah
telah membuat Kitab Suci untuk kita.
Setelah itu. mengingat segala kebaikan dan kemurahan Allah kepada kita,
tanpa kita minta. Juga betapa sempurna-Nya Allah, Keagungan dan kekuasaan-Nya.
Kemudian ingat betapa dahsyat murka-Nya, yang langit dan bumi tidak kuasa
menahannya.
Selanjutnya, menyadari segala dosa dan kesalahan kita. Sedangkan perintah
Allah sangat banyak. Sehingga wajib bagi kita memperbanyak ibadah kepada-Nya.
Sebab, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang nyata maupun yang gaib.
Selain itu, ingatlah akan janji dan pahala-Nya yang tidak terhingga. Di samping
itu ancaman dan siksa-Nya yang teramat pedih.
Dengan begitu, kadang-kadang kita mengingat dan melihat Karunia-Nya, dan
kadang-kadang memikirkan siksa-Nya. Suatu saat, kita menyadari betapa Allah itu
Maha Penyayang dan Maha Pengasih, dan menyadari bahwa kita terlalu banyak berbuat dosa dan tidak tahu diri.
Jika pikiran seseorang sudah demikian, maka ia akan bersungguh-sungguh
dalam mencapai kbauf dan raja'. Yang berarti telah menempuh jalan lurus, dan
menjauhi dua jalan yang menyesatkan, yakni merasa aman (tidak takut) dan
berputus asa. Sehingga ia tidak tersesat.
Syaikh Nauf al-Bakaly mengatakan, "Di kala aku ingat surga, aku merasa begitu
rindu. Dan apabila ingat neraka, sama sekali aku tidak bisa memejamkan mata."
Dengan demikian, berarti beliau termasuk ahli ibadah, manusia pilihan.
Allah Ta'ala berfirman:
Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat, akan Kami
tambah keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki
keuntungan di dunia, Kami berikan padanya sebagian dari keuntungan
dunia, dan tidak ada baginya suatu bagian pun di akhirat. (asySyura : 20).
Alhamdulillah, berarti kita telah menempuh tahapan berbahaya ini dengan
baik, dengan izin dan berkat karunia Allah.
Berbagai kenikmatan dunia ini bagi kita, beragam simpanan yang mulia dan
pahala yang agung akan kita peroleh kelak di akhirat.
Semoga Allah melimpahkan taufik dan hidayah-Ny kepada kita. Dan semoga
Allah menunjukkan jalan lurus bagi kita. Sesungguhnya Dia-lah Yang Paling Rahman
dan Rahim.!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar